Home / WordPress / Cara Mudah Disable Plugin WordPress Melalui cPanel Hosting

Cara Mudah Disable Plugin WordPress Melalui cPanel Hosting

Cara Disable Plugin WordPress Melalui cPanel – Terkadang kita membutuhkan untuk melakukan disable atau menonaktifkan plugin melalui cPanel Hosting. Biasanya jika kita ingin menonaktifkan atau menghapus plugin melakukannya dari dashboard WordPress setelah berhasil login di wp-admin. Namun jika kita tidak bisa login di wp-admin, maka solusi satu-satunya disable plugin melalui File Manager atau cPanel Hosting.

Baca Juga : Cara Membuat Watermark Gambar Dengan Cepat Dan Otomatis

Banyak alasan kenapa kita tidak bisa masuk ke dashboard WordPress. Contohnya web tidak bisa diakses karena CPU Usage, Virtual Memory Usage, Physical Memory Usage, Entry Processes Shared Hosting penuh 100%. Biasanya jika hal ini terjadi, halaman web mendapatkan peringatan resource limit dari hosting provider.

Sebab lainnya karena lonjakan trafik sehingga resource limit web Anda habis. Jika hal ini terjadi maka sebaiknya Anda lakukan disable plugin WordPress. Atau lebih bagus lagi Anda hapus saja plugin-plugin WordPress yang sedikit fungsinya.

Banyaknya plugin yang terpasang di WordPress hal ini akan menimbulkan web lambat ketika diakses. Kemudian jika sudah melampaui batas (resource limit) maka web atau blog tidak bisa diakses. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, maka akan menggangu perayapan robot mesin mencari. Dan kemungkinan trafik blog juga akan turun drastis serta membuat tidak nyaman pengunjung.

Baiklah mari kita bahas bagaimana caranya untuk melakukan disable plugin WordPress melalui File Manager Hosting?

Berikut Cara Disable Plugin WordPress Melalui cPanel Hosting

Langkah pertama silakan Anda login dulu di cPanel Hosting menggunakan username dan password seperti biasa. Setelah sukses login di cPanel langkah berikutnya Anda klik buka File Manager.

Cara Mudah Disable (Menonaktifkan) Plugin WordPress Melalui cPanel Hosting 0

Sekarang Anda klik buka lagi wp-content dan tunggu beberapa saat.

Cara Mudah Disable (Menonaktifkan) Plugin WordPress Melalui cPanel Hosting 1

Setelah halaman wp-content terbuka dengan normal, silakan sekarang Anda klik buka plugins.

Cara Mudah Disable (Menonaktifkan) Plugin WordPress Melalui cPanel Hosting 2

Anda pilih plugin mana yang akan Anda nonaktifkan atau disable. Anda rubah File Permission plugin menjadi 0000. Dan nanti untuk mengembalikan atau mengaktifkan kembali plugin, Anda bisa memasukkan angka 0755 untuk folder dan 0644 untuk file.

Cara Mudah Disable (Menonaktifkan) Plugin WordPress Melalui cPanel Hosting 3

Selain cara diatas, Anda juga bisa melakukan rename pada plugin yang akan Anda disable. Misal nama plugin tersebut adalah Akismet maka bisa Anda rename menjadi Akismet00 dan sebagainya. Nanti jika Anda ingin mengaktifkan kembali, tinggal menghapus tambahan nama pada plugin yang sebelumnya Anda rename.

Melakukan perubahan pada File Permission atau me-rename plugin adalah agar server tidak bisa membaca plugin yang telah Anda rubah. Sehingga nantinya plugin tersebut menjadi tidak aktif (disable).

Jika ingin menghapus plugin yang Anda rasa tidak penting, caranya gampang Anda tinggal memilih plugin WordPress yang hendak Anda hapus lalu pilih tanda silang atau Delete. Jika muncul halaman baru, Anda klik saja Delete File dan selesai.

Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba melakukan disable plugin WordPress yang dikerjakan melalui File Manager cPanel Hosting. Semoga sukses dan semoga artikel ini bermanfaat.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

6 comments

  1. Kayaknya ada tahapan yang ketinggalan. Sebelum masuk ke “File permission” itu, klik kanan di folder plugin supaya bisa mengubah angka “file permission” nya.
    Saya tahunya cuman menghapus pluginnya saja. Baru tahu kalau rename juga bisa.

    • Oh iya mas ada tahapan yang ketinggalan ya? Terima kasih sudah diingatkan. Betul mas dengan rename plugin maka itu berarti plugin akan disable juga karena server tidak menemukan file plugin tersebut.

  2. RahmanBatopie, M.gs

    Info yang menarik, sesuai dengan nama blognya…

    By the way ada perubahan sistem ini untuk cara pengiriman artikel…

    • Iya mas karena 3 hari yang lalu saya mendapat teguran dari Hosting karena blog ini termasuk ke daftar 10 blog yang menghabiskan kuota Server. Itu penyebab utamanya karena plugin yang terpasang di blog InfoMenarik telalu banyak dan ada kejadian ledakan trafik. InfoMenarik kemarin sempat kena Suspended mas dan galau juga karena trafik turun drastis. Maka dari itu untuk sementara saya rubah sistem guest post menjadi kirim artikel via email saja. Plugin untuk perlengkapan guest post ada 3 plugin, belum plugin lainnya. Kemungkinan jika sudah migrasi ke VPS akan kembali diterapkan sistem guest post plugin.

  3. trimakasih trik nya, masalahya sama dengan web saya canopybandung.com
    setelah saya ikuti, semuanya jadi lancarr
    makasih min….
    salam kenal

  4. Terima kasih atas infonya.

    Kebetulan saya juga gak bisa akses halaman admin, tapi alasannya karena bentrok plugin wp super cache dengan cloudflare jadinya halaman blank.

    Untung masih bisa akses lewat cpanel he he

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *