Home / Photoshop / Cara Mudah Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop

Cara Mudah Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop

Cara Mudah Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop – Huruf 3D atau 3 dimensi hasil program Photoshop menurut saya tidak kalah menarik dengan program khusus untuk membuat huruf 3 dimensi. Tutorial ini sangat cocok bagi Anda yang baru mengenal Photoshop. Dan dalam totorial membuat huruf 3D dengan Photoshop ini saya menggunakan Photoshop CS3.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Efek Api Dengan Photoshop

Berikut hasilnya huruf yang diberi efek 3 dimensi menggunakan Adobe Photoshop :

Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop 00

Jika Anda tertarik ingin mempraktekkannya, silahkan ikuti langkah-langkahnya yang akan dibahas kali ini.

Cara Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop

Buat canvas baru dengan ukuran 600 x 200 pixels dan resolusi 300 pixels. Lalu buat huruf menggunakan Horizontal Type Tool. Contoh disini saya membuat huruf dengan font tipe Aachen BT dan sizenya disesuaikan saja.

Jika Anda kebingungan cara membuat canvas baru dan cara mengaktifkan text untuk membuat huruf di Photoshop, silahkan Anda lihat pada tulisan saya sebelumnya tentang Cara Mudah Membuat Efek Api Dengan Photoshop.

Sebagai contoh saya membuat huruf MENARIK seperti yang Anda lihat pada gambar dibawah ini :

Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop 1

Lalu convert huruf yang sudah Anda tulis, contoh huruf MENARIK. Cara convertnya klik menu Layer > Type > Convert to Shape. Maka jika Anda sudah melakukan Convert to Shape, layer text akan berubah seperti yang terlihat pada gambar dibawah.

Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop 3

Sekarang beri efek Perspective dari menu Edit > Transform Path > Perspective. Lalu geser huruf yang telah dibuat menggunakan Move Tool. Lihat contoh gambar dibawah.

Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop 4

Setelah Anda melakukan efek Perspective seperti yang saya jelaskan diatas, selanjutnya beri warna huruf dengan mengaktifkan Blending Options. Klik kanan pada layer text MENARIK pilih Blending Options…

Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop 5

Silahkan tentukan warna sesuai dengan selera Anda. Disini saya memberi warna dengan efek Gradient Overlay. Lalu saya memilih jenis warna gradient Violet dan Orange.

Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop 6

Jika sudah menentukan warna yang tepat sesuai dengan keinginan, sekarang duplikat layer text MENARIK. Caranya klik kanan pada layer MENARIK lalu pilih Duplicate Layer…

Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop 7

Sekarang layer text menjadi dua buah. Langkah selanjutnya beri warna juga pada layer text yang baru saja Anda duplikat. Cara pemberian warna lakukan seperti langkah pemberian warna diatas, yaitu dengan Blending Options. Disini saya memberi warna pada layer text duplikat dengan pilihan warna yang ada di Color Overlay.

Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop 8

Nah sekarang Anda memiliki dua buah layer text dengan warna yang berbeda. Silahkan geser layer text yang diberi warna Color Overlay menggunakan Move Tool. Geser ke atas dan geser juga kesamping kiri seperti yang terlihat pada gambar dibawah.

Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop 9

Untuk menyempurnakan pekerjaan huruf 3 dimensi agar terlihat lebih nyata, gunakan Pen Tool dan tentukan warna Set foreground colornya sama dengan layer text hasil duplikat. Lakukan dengan teliti sampai semua sudut benar-benar menyatu.

Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop 10

Selesai sudah pembuatan tutorial Cara Mudah Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop. Jika menemui kesulitan bisa dibicarakan pada kotak komentar dibawah.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. nasrulwathoni.com

    Bedanya double click di panel layernya apa ya?
    sama aja kah

    • Pallet Layer jika masih default/background diklik satu kali tidak ada respon apa-apa, tapi jika double klik/klik ganda maka akan merubah nama layer. Selanjutnya kalau Pallet Layer sudah berubah menjadi (misal : Layer 1), diklik satu kali pada objek inipun sama tidak ada respon apa-apa, dan kalau klik ganda maka akan tampil kotak dialog Layer Style.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *