Home / Teknologi / Cara Mudah Mengetahui IP Address Komputer

Cara Mudah Mengetahui IP Address Komputer

Cara Mudah Mengetahui IP Address Komputer – Apakah dalam pikiran Anda pernah terlintas sebuah pertanyaan bahwa bagaimana cara mengetahui IP Address komputer yang kita miliki? Entahlah untuk apa kepentingan tersebut. Atau mungkin Anda bekerja sebagai tukang service komputer. Kemudian Anda mendapat tugas untuk setting seluruh perangkat komputer warnet (warung internet). Kenapa saya memberi contoh tersebut? Karena jika kita bekerja di warnet untuk menghubungkan komputer server dengan client, maka kita meski tahu cara mengetahui IP Address seluruh komputer warnet. Fungsinya agar seluruh komputer client bisa terhubung dengan komputer yang akan dijadikan server.

Baca Juga : Cara Merubah IP Address Dynamic Menjadi Static

Sebenarnya apa sih IP Address itu? IP Address adalah sekumpulan angka yang fungsinya untuk mengidentifikasi pengalamatan sebuah komputer. Identifikasi alamat ini digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet. Karena IP Address ini bersifat unik, maka setiap komputer tentunya tidak akan mengalami sampai memiliki IP Address yang sama. Kegunaan IP Address ini tidak hanya untuk menghubungkan ke jaringan internet saja. Seperti yang sudah terangkan diatas, bahwa untuk menghubungkan antara komputer satu dengan komputer lainnya seperti jaringan warnet. Maka kita bisa memanfa’atkan keberadaan IP Address ini. Selengkapnya tentang pengertian IP Address bisa disimak di WikiPedia.

Lalu Bagaimana Cara Untuk Mengetahui IP Address Komputer?

Untuk mengetahui nomor unik IP Address komputer yang kita miliki caranya sangat mudah. Pertama kita klik Start kemudian klik Run. Langkah cepatnya tekan Windows+R pada keyboard.

Cara Mudah Mengetahui IP Address Komputer 1

Kemudian pada kolom Run kita ketik cmd lalu klik OK. Lihat gambar dibawah :

Cara Mudah Mengetahui IP Address Komputer 2

Tunggu beberapa saat … Kemudian kita ketik ipconfig dan tekan Enter pada keyboard. Nah dengan begitu, sekarang kita mengetahui berapa IP Addrress komputer yang kita miliki. Contoh IP Address pada screenshot dibawah adalah 172.21.116.84

Cara Mudah Mengetahui IP Address Komputer 3

Perlu diperhatikan juga, biasanya jika komputer setelah direstart maka IP Address selalu berubah-berubah. Nama lainnya jika IP Address selalu berubah ketika komputer dimatikan adalah IP Address Dynamic. Namun Anda bisa merubahnya menjadi IP Address Static, artinya walaupun komputer dimatikan lalu dinyalakan kembali (restart) maka IP Address tidak akan berubah. Langkah ini sangat penting sekali untuk menghubungkan komputer Server dan Client di sebuah warnet.

Selamat mempraktekkan cara mudah mengetahui IP Address komputer. Cara ini bisa juga digunakan juga pada sebuah laptop. Semoga bermanfa’at.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

6 comments

  1. terima kasih infonya mas, kunjungan balik ya

  2. dulu sering make ini waktu masih kuliah Mas. Huehehehe

  3. artikel anda mengenai cara mudah mengetahui ip address komputer sangat bermanfaat dan informatif.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di publication[dot]gunadarma[dot]ac[dot]id

  4. sukses..
    berusaha untuk jadi yang lebih baik dari yang pernah dialami ..jadikan sebagai pembelajaran..

  5. Terimakasih atas ilmu yang telah dibagikan. Saya akan mencoba cara ini dan jika berhasil saya akan bersharing dengan teman saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *