Home / WordPress / Cara Optimasi Kategori WordPress Agar SEO Friendly

Cara Optimasi Kategori WordPress Agar SEO Friendly

Cara Optimasi Kategori WordPress Agar SEO Friendly – Untuk mengoptimasi halaman kategori WordPress dulu saya sempat bingung. Karena ketika aktif ngeblog menggunakan platform WordPress.com (gratisan) tidak ada istilah optimasi kategori WordPress. Saya coba tanya-tanya seputar cara optimasi kagetori WordPress ini supaya lebih SEO Friendly melalui grup Facebook, Forum, dan lain-lain. Namun ketika itu tidak mendapat jawaban yang memuaskan. Lalu saya mencoba untuk blogwalking, hasilnya nihil juga. Hingga akhirnya saya menemukan solusinya dengan bantuan Plugin SEO by Yoast.

Baca Juga : Tema Responsive Belum Tentu Mobile Friendly

Kenapa sih saya begitu ngotot untuk melakukan optimasi halaman kategori WordPress? Alasannya halaman kategori WordPress ini jika tidak dilakukan pengaturan lagi, efeknya menimbulkan banyak ditemukan duplikat konten. Padahal ketika dulu aktif ngeblog dengan CMS WordPress.com, halaman kategori ini tidak mengakibatkan duplikat konten. Kalau dibiarkan masalah duplikat konten yang bersumber dari kategori ini, maka lama kelamaan artikel tersebut akan tenggelam dari SERP (Search Engine Result Page).

Mungkin teman-teman sudah pernah dengar fungsi dari algoritma Google Panda ini. Google Panda tugasnya adalah melakukan karantina bagi web atau blog yang isi artikelnya dicurigai hasil duplikat konten apapun jenis dan bentuknya. Lebih lengkapnya lagi bisa dilihat pada tulisan Apa Yang Dimaksud Dengan Google Panda?. Maka dari itu, kita penting melakukan konfigurasi lagi halaman kategori WordPress agar bisa lebih SEO Friendly dan tidak terkesan duplikat konten.

Masalah duplikat konten bisa kita ketahui melalui Alat Webmaster Tools Google. Anda coba cek sendiri di Tampilan Penelusuran > Penyempurnaan HTML. Blog ini juga ditemui empat masalah duplikat konten yang bermula dari halaman kategori.

Cara Optimasi Kategori WordPress Agar SEO Friendly 1

Melihat kejadian tersebut, saya pernah mencoba melakukan pengaturan khusus pada Robots.txt dengan menambahkan disallow: /category/. Artinya agar mesin robot dilarang untuk mengindex halaman kategori. Hasilnya memang sukses, karena dengan menambahkan disallow untuk halaman kategori, maka search engine tidak akan mengindexnya.

Namun setelah beberapa minggu, pengaturan tersebut saya copot lagi. Karena sangat disayangkan kalau membuat halaman kategori disetting untuk tidak diindex mesin pencari. Kabarnya halaman kategori akan menambahkan nilai lebih bagi blog yang membiarkan kategorinya menjadi index. Dengan menyembunyikan halaman kategori dari hasil pencarian, maka otomatis akan mengurangi jumlah pengunjung. Tapi masalahnya bagaimana caranya melakukan pengaturan khusus untuk kategori ini walaupun tetap diindex tapi tidak menimbulkan duplikat konten? Saya mencoba bereksperimen dengan bantuan plugin SEO by Yoast, dan hasilnya memang mujarab.

Berikut Cara Optimasi Kategori WordPress Dengan Plugin SEO by Yoast

Sebelum dilanjut, mungkin saja Anda belum menginstall plugin SEO by Yoast. Maka dari itu sebaiknya install dulu plugin ini, caranya bisa dilihat pada tulisan Cara Termudah Install dan Setting Plugin SEO by Yoast.

Setelah menginstall plugin SEO by Yoast, selanjutnya Anda buka menu Titel & Metas – WordPress SEO by Yoast. Pada bagian Taksonomi disitu ada pengaturan khusus buat halaman kategori. Anda hilangkan centang pada Meta Robot dan Kotak Meta WordPress SEO. Pengaturan ini artinya membiarkan meta robot untuk mengindex serta memfolow halaman kategori serta membiarkan kategori tidak disembunyikan dari hasil pencarian.

Lebih bagusnya lagi, Anda setting Judul Template Kategori dan Template deskripsi metanya. Untuk pengaturan pada bagian ini Insya Allah saya akan menulis artikel lagi kedepannya. Sementara ini Anda setting seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

Cara Optimasi Kategori WordPress Agar SEO Friendly 2

Tahap berikutnya Anda klik menu Pos dan submenu Kategori. Lalu pilih halaman kategori mana yang pertama akan disetting. Dalam contoh kali ini, saya akan mengoptimasi kategori Photoshop. Tambahkan kalimat singkat tapi mengandung kata kunci pada kolom Judul SEO. Lalu isi juga kotak Deskripsi SEO yang mengandung kata kunci blog Anda. Terakhir klik Perbarui untuk menyimpan seluruh pengaturan yang baru saja dilakukan.

Ok, lakukan hal yang sama pada halaman kategori lainnya. Dalam hal ini, Anda akan dituntut sedikit kreatif dalam hal mengisi Judul SEO serta Deskripsi SEO. Usahakan jangan sampai ada kalimat yang sama dengan pengisian halaman kategori lainnya.

Cara Optimasi Kategori WordPress Agar SEO Friendly 3

Setelah menunggu beberapa hari, berikut hasilnya. Alhamdulillah Judul SEO serta Deskripsi SEO yang sudah saya setting akhirnya muncul juga di search engine. Dan di Alat Webmaster Tools Google juga sudah tidak ada duplikat konten lagi.

Cara Optimasi Kategori WordPress Agar SEO Friendly 4

Mungkin tulisan singkat tentang cara optimasi kategori WordPress agar bisa lebih SEO Friendly dan tidak menimbulkan duplikat konten dicukupkan sekian.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

13 comments

  1. rupanya dengan cari-cari sendiri mendapat perubahan yang baik ya mas, trus disharing.. satu waktu aku minta panduannya ya terimakasih..

  2. apa membiarkan kategori itu diindex mesin pencari tidak akan menimbulkan duplikat konten yamas?
    soalnya saya masih nggunain noindex pasa pengaturan taksonomi

    • Dengan melakukan setting yaitu dengan menambahkan Judul SEO dan Deskripsi SEO Alhamdulillah aman mas. Sangat disayangkan jika halaman kategori disetting menjadi noindek. Kabarnya kelebihan WordPress itu diantaranya adalah halaman Kategori yang SEO Friendly.

  3. Wahab Saputra

    WP…emang mantep banget dah ah….

  4. kebetulan ane pake YOAST juga…bisa optimasi seperti ini ya

  5. terimakasih caranya, smoga bermanfaat bagi pengguna wordpress. :)

  6. Ummu shafeya

    Wah,penting nih!
    Makasih infonya.nanti dipraktek di wp hostingan.kalo sekarang masih pake yang dot com

  7. Di kategory itu ada deskripsi gan? Baiknya di isi apa di kosongin yah? Mohon pencerahan nya om agar tidak terjadi duplikat content juga

    • Bukankah diatas sudah saya bahas kalau tidak ingin terjadi duplikat konten maka isi deskripsi kategori tersebut. Isinya bebas apa saja yang penting masih berhubungan dengan kategori yang dibahas.

  8. Tutorialnya sangat membantu sekali gan, terimakasih sudah berbagi tips tentang cara seting Category agar lebih SEO dengan Yoast SEO… sekarang website saya agak lebih mantab lagi setelah di seting category nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *