Home / Teknologi / Panduan Lengkap Gambar Cara Parking Domain (Domain Aliases) Di cPanel Hosting

Panduan Lengkap Gambar Cara Parking Domain (Domain Aliases) Di cPanel Hosting

Cara Parking Domain Di cPanel Hosting – Seperti halnya Add On Domain menggunakan Parking Domain memungkinkan kita untuk menambahkan domain lain didalam satu hosting. Menambahkan domain disini berbeda dengan Subdomain. Untuk Subdomain adalah domain yang dibuat masih satu domain dengan domain utama. Sedangkan Add On Domain dan Parking Domain adalah domain berbeda dengan domain utama. Misal domain utama adalah contoh.com lalu kita mempunyai domain lagi contoh.net maka kita bisa menambahkan domain contoh.net dalam satu hosting untuk dibuat Add On dan Parking. Untuk Subdomain contohnya adalah jika domain utama contoh.com maka bisa jadi blog.contoh.com.

Baca Juga : Cara Pindah Domain Agar Trafik Blog Tidak Turun Atau Tetap Stabil (Redirect 301)

Yang membedakan Add On Domain dan Parking Domain adalah hanya dalam fungsinya saja. Untuk Add On Domain memiliki fungsi untuk menampilkan halaman web yang berbeda dengan domain utama. Sedangkan Parking Domain memiliki fungsi untuk menampilkan halaman web domain utama yang sama dengan domain yang diparkingkan. Parked Domain meskipun tampilan web sama tapi tidak bisa kita gunakan untuk kebutuhan redirect permanent. Karena Parked Domain ini nantinya akan menghasilkan dua halaman web yang masing-masing bisa diakses.

Parked Domain atau Parking Domain (Domain Park) lebih dikenal lagi dengan sebutan Alias Domain atau Aliases Domain. Jumlah domain yang ditambahkan dalam satu hosting umumnya tidak terbatas. Namun tentunya itu semua harus disesuaikan dengan space hosting Anda.

Berikut Panduan Cara Parking Domain Di cPanel Hosting

Efek domain yang menggunakan fitur Parking Domain akan menampilkan halaman website yang sama karena keduanya akan mengakses file sama di direktori public_html.

Baca Juga : Cara Mengetahui EPP Code Untuk Keperluan Transfer Domain

Sebetulnya tidak sulit untuk melakukang Parking Domain. Namun pastikan sebelum melakukan Parked Domain hosting yang Anda gunakan sudah mendukung Parked Domain atau Multiple Domain. Umumnya hosting saat ini sudah mendukung penggunaan Parked Domain.

Selain itu jika domain yang akan diparkingkan Anda beli diluar atau tidak satu server dengan domain utama, maka silakan Anda samakan dulu. Jika Name Server tidak disamakan maka nanti domain yang diparkingkan tidak bisa terhubung dengan domain utama.

Jika kedua syarat diatas sudah Anda penuhi, sekarang silakan Anda login di cPanel kemudian temukan Parked Domain atau Aliases di area Menu Domain.

Anda ketik domain baru atau domain yang akan diparkingkan dengan domain utama pada kolom yang sudah disediakan. Contoh disini saya akan membuat parking domain info-menarik.com kedalam domain utama info-menarik.net. Setelah itu klik tombol Add Domain.

Selesai dan sekarang Anda sudah mempunyai dua web dengan tampilan yang sama. Silakan selamat mencoba dan semoga sukses!

Baca Juga : Cara Install WordPress Di Subdomain cPanel Hosting Secara Manual

Ok mungkin artikel Cara Parking Domain Di cPanel Hosting dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *