Home / WordPress / Cara Pasang Halaman Facebook Terbaru Di WordPress

Cara Pasang Halaman Facebook Terbaru Di WordPress

Cara Pasang Halaman Facebook Terbaru Di WordPress – Dengan dipasangnya halaman Facebook atau Fans Page di WordPress maka blog akan terlihat lebih menarik. Halaman Facebook bisa kita buat dengan gratis yang selanjutnya kita gunakan untuk tempat berbagi apapun. Setiap yang ingin berlangganan informasi dari halaman Facebook yang kita buat, maka orang lain harus klik suka (like). Kemudian untuk pengembang website atau blog (webmaster), halaman Facebook ini bisa kita tampilkan di website seluruh platform. Untuk memasang halaman Facebook di blog seperti CMS WordPress, kita harus sedikit bermain dengan kode. Dengan begitu hal ini hanya berlaku untuk WordPress self hosted atau hosting sendiri bukan WordPress.com.

Baca Juga : Cegah Spam Dengan Membatasi Komentar WordPress

Kini tampilan halaman Facebook sudah mengalami perubahan dari tampilan lawasnya. Menurut saya tampilan terbaru halaman Facebook yang di pasang di WordPress sedikit lebih menarik dari tampilan halaman Facebook versi sebelumnya. Bukan hanya tombol suka (like) saja yang tampil dihalaman Facebook yang dipasang di WordPress, namun terdapat juga tombol untuk membagikan halaman Facebook ke orang lain (share). Ha ini akan meningkatkan trafik pengunjung ke blog kita. Karena semakin banyak artikel blog yang kita share melalui halaman Facebook, maka akan banyak peluang pengunjung datang yang tahu dari link artikel yang kita bagikan (share).

Bagaimana Cara Pasang Halaman Facebook Di WordPress?

Syarat utama sebelum kita memasang halaman Facebook di blog atau WordPress, maka kita harus mempunyai halaman Facebook terlebih dahulu. Silakan untuk membuat halaman Facebook (fans page) bisa Anda lakukan di akun Facebook masing-masing. Belum mempunyai akun Facebook? Bisa Anda baca pada tulisan saya sebelumnya Cara Membuat Facebook Terbaru Tahun 2015.

Setelah kita membuat halaman Facebook, langkah selanjutnya adalah memasang halaman Facebook tersebut di blog atau WordPress yang kita kelola. Anda kunjungi link berikut https://developers.facebook.com/docs/plugins/page-plugin. Nanti yang kita butuhkan adalah, mencantumkan URL halaman Facebook yang kita miliki di kotak Facebook Page URL. Selain itu kita bisa menentukan ukuran Width (minimal 180 dan maximal 500) dan Height (minimal 130). Hal ini sesuaikan saja dengan ruang/tempat yang akan kita pasang Fans Page Facebook di WordPress.

Halaman Facebook ini tersedia pengaturan  Hide Cover Photo (untuk menyembunyikan foto tampilan halaman Facebook). Kemudian ada juga pengaturan Show Friend’s Faces (untuk menampilkan atau menyembunyikan tampilan foto likers/orang yang menyukai halaman Facebook kita). Terakhir Show Page Post (untuk menampilkan atau menyembunyikan tulisan/post artikel yang kita terbitkan di halaman Facebook).

Cara Pasang Halaman Facebook Terbaru Di WordPress 1

Jika semua pengaturan awal selesai kita rubah sesuai dengan yang kita butuhkan, selanjutnya kita klik Get Code. Tombol Get Code ini untuk mengambil kode Javascript halaman Facebook yang akan kita pasang di WordPress.

Cara Pasang Halaman Facebook Terbaru Di WordPress 2

Nanti akan tampil dua buah kode otomatis yang bisa kita pasangkan di website atau blog. Anda copy atau salin kode pertama (kode Javascript).

Cara Pasang Halaman Facebook Terbaru Di WordPress 3

Kemudian paste atau tempel (tempatkan) di header.php yang terdapat di tema WordPress kita. Untuk membuka header.php ini bisa melalu cPanel Hosting atau dashboard wp-admin WordPress. Kode tersebut kita pasang didalam header.php tepatnya dibawah penutup kode </head>. Klik simpan untuk menyimpan seluruh perubahan yang terjadi.

Cara Pasang Halaman Facebook Terbaru Di WordPress 4

Kemudian kita copy/salin lagi kode halaman Facebook kedua dari Get Code yang kita lakukan di halaman Facebook. Untuk menempatkan kode kedua ini, saya serahkan sama Anda. Dimana lokasi yang Anda inginkan untuk menampilkan Fans Page Facebook ini? Jika kita menginginkan halaman Facebook tampil di sidebar (widget) WordPress, maka paste atau tempatkan kode kedua halaman Facebook di Setting>Widget Text melalui dashboard wp-admin WordPress. Namun jika halaman Facebook ingin tampil di dalam artikel, maka kita tempatkan kode tersebut didalam single.php.

Khusus untuk halaman Facebook yang ingin kita pasang di dalam postingan, biasanya terdapat dua pilihan. Pertama halaman Facebook kita tampilkan di bawah judul artikel/postingan, kedua bisa kita tampilkan di bawah/di akhir artikel/postingan. Jika kita menginginkan halaman Facebook tampil di dalam postingan di bawah judul artikel, maka tempatkan kode di bawah <header> Namun jika halaman Facebook ingin kita tampilkan di bawah postingan, kode kita tempatkan di bawah <?php the_content(); ?>.

Mungkin hanya itu saja tulisan Cara Pasang Halaman Facebook Terbaru Di WordPress semoga bermanfa’at.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. saya sudah ikuti persis seperti diatas tapi setelah selesai sy pastei ke dua code nya .. kok g muncul ya gambarnya. hanya link saja. Bisa bantu ?

  2. wah thanks gan . ane sukses masangnya di sini banksmovie.com diwordpress mungkin untuk agan darel salah pasang nya coba cek lagi sudah dipasang di bawah belum ? coba cek lagi.

    sekali lagi thanks ya info menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *