Home / WordPress / Cara Pasang Iklan AdSense Di Dalam Postingan

Cara Pasang Iklan AdSense Di Dalam Postingan

Cara Pasang Iklan AdSense Di Dalam Postingan – Bagaimana sih cara pasang kode iklan AdSense agar berada di dalam postingan? Mungkin pertanyaan itu yang muncul ketika kita sudah diapprove Google untuk menjadi publisher AdSense. Memang kesempatan baik ini saya akan mencoba berbagi cara pasang iklan AdSense yang ditempatkan didalam posting blog. Kabarnya iklan AdSense yang dipasang didalam postingan cenderung akan lebih banyak klik daripada ditempatkan di tempat lainnya. Kode iklan AdSense yang dipasang didalam postingan merupakan lokasi yang strategis selain di header, dan sidebar. Walaupun selama ini saya sendiri belum merasakan perubahan yang signifikan. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti jejak senior-senior yang sudah lama berkecimpung didunia AdSense.

Baca Juga : Sudah Tiga Kali Daftar Google AdSense Ditolak

Cara Pasang Iklan AdSense Di Dalam Postingan 1

Berikut Cara Pasang Iklan AdSense Agar Berada Di Dalam Postingan

Untuk memasang kode iklan AdSense yang akan kita tempatkan didalam postingan, terbagi menjadi tiga bagian. Yaitu, diatas postingan (dibawah title/judul), ditengah postingan/artikel, dan diakhir postingan/artikel. Disini saya akan bahas semuanya dan tidak perlu dibagi-bagi menjadi beberapa halaman.

Baca Juga : Apakah Mungkin Ini Alasan Ditolak Google AdSense

Yang jelas sebelum dimulai atau dipraktekkan cara ini, kita harus sudah mendapatkan kode iklan AdSense baik format Asynchronous atau Synchronous. Baca keterangan lengkapnya tentang kode iklan AdSense di Suport Google. Kemudian masalah ukuran kode iklan AdSense bebas, namun kata senior iklan yang baik untuk dipasang didalam postingan adalah yang berukuran 336 x 280. Namun karena sekarang Google sudah memberlakukan algoritma mobilegeddon, baiknya sertakan juga di dalam postingan iklan AdSense yang responsive. Jadi nantinya iklan AdSense akan menyesuaikan dirinya dari segi ukuran dengan tampilan layar yang digunakan, terutama tampilan layar smartphone.

Cara Pasang Iklan AdSense Di Atas Postingan / Di Bawah Judul Artikel

Baiklah yang pertama akan dibahas dalam memasang kode iklan AdSense di dalam postingan ini adalah iklan AdSense yang di pasang di atas postingan atau di bawah judul artikel. Point inipun terbagi menjadi tiga bagian, di awal postingan yang menyatu dengan artikel (sebelah kiri), ditengah artikel, dan disebelah kanan postingan yang menyatu juga dengan artikel. Lebih jelasnya bisa dilihat contoh penempatan iklan di atas postingan di bawah ini :

Cara Pasang Iklan AdSense Di Dalam Postingan 2

Tentunya masing-masing penempatan mempunyai perintah kode yang berbeda. Namun pada dasarnya kode untuk memasang iklan AdSense di atas postingan adalah sebagai berikut :

<div style="posisi iklan; batas margin;">
tempatkan kode iklan AdSense disini !
</div>

Mungkin yang menjadi pertanyaan Anda sekarang adalah dimana kode tersebut ditempatkannya agar iklan AdSense bisa tampil di dalam postingan tepatnya di atas artikel? Setelah Anda memperoleh kode iklan AdSensenya sekarang login di WP-Admin WordPress Anda, lalu silakan buka single.php tema yang digunakan. Cari kode <?php the_content(); ?> yang terdapat di dalam file single.php. Lalu tempatkan kode di atas tepat di atas kode <?php the_content(); ?>.

Selanjutnya jika posisi iklan AdSense ingin tampil disebelah kiri menyatu dengan artikel seperti yang dicontohkan dalam gambar di atas, maka tulisan posisi iklan Anda rubah menjadi float: left. Namun jika iklan ingin tampil ditengah, maka digantinya dengan text-align: center. Kalau posisinya ingin di sebelah kanan artikel, kodenya menjadi float: right.

Untuk batas margin Anda sesuaikan saja sendiri sesuai dengan keinginan atau layout tema Anda. Penulisan margin contohnya seperti ini : margin: 5px 15px 5px 0. Artinya, batas margin atas 5px, kanan 15px, bawah, 5px, dan kiri 0px.

Contoh lengkapnya, misal kita ingin menempatkan iklan AdSense yang di atas postingan posisinya di sebelah kiri menyatu dengan artikel, maka kira-kira kodenya seperti ini :

<div style="float: left; margin: 5px 15px 5px 0;">
tempatkan kode iklan AdSense disini !
</div>

Cara Pasang Iklan AdSense Di Tengah Postingan / Artikel

Lanjut sekarang ke cara pasang iklan AdSense yang ditempatkan di tengah postingan atau artikel. Contoh tampilannya adalah seperti gambar berikut :

Cara Pasang Iklan AdSense Di Dalam Postingan 3

Inipun sama, bahwa iklan yang ditampilkan di tengah postingan dibagi menjadi tiga point juga. Iklan di sebelah kiri, tengah, dan kanan. Dan kode untuk menempatkan iklan AdSense di tengah postingan adalah sebagai berikut :

<?php
$where = 0;
$content = apply_filters('the_content', get_the_content());
$content = explode("</p>", $content);
for ($i = 0; $i <count($content); $i++) {
if ($i == $where) { ?>
<div style="posisi iklan; batas margin;">
tempatkan kode iklan AdSense disini !
</div>
<?php
}
echo $content[$i] . "</p>";
}
?>

Cara penempatannya agak sedikit berbeda dengan cara pertama. Setelah Anda login di WP-Admin Dashboard WordPress, buka single.php lalu cari juga <?php the_content(); ?>. Setelah itu hapus kode <?php the_content(); ?> dan ganti dengan kode di atas (untuk penempatan iklan di tengah posting).

Perlu diperhatikan juga, kode diatas terdapat kode seperti ini : $where = 0;. Kode tersebut adalah pengaturan untuk posisi paragraf berapa yang ingin ditampilkan iklan AdSense. Jadi silakan Anda sesuaikan lagi angka nolnya dengan angka yang Anda inginkan. Dan untuk posisi iklan serta batas margin pengaturannya masih sama dengan pengaturan cara pertama di atas.

Cara Pasang Iklan AdSense Di Akhir Postingan / Artikel

Ini adalah cara terakhir, yaitu cara memasang iklan AdSense yang ditempatkan di dalam postingan tepatnya di akhir postingan atau artikel. Seperti cara pertama dan kedua, cara inipun terdapat tiga posisi. Yaitu sebelah kiri, tengah, dan sebelah kanan. Berikut contoh gambarnya :

Cara Pasang Iklan AdSense Di Dalam Postingan 4

Untuk cara ketiga ini, proses penempatan serta kode iklannya masih sama dengan cara pertama di atas. Bedanya terdapat pada kode <?php the_content(); ?>. Jika cara pertama kode ditempatkan di atas <?php the_content(); ?>, namun untuk cara ketiga ini karena memang kita ingin menempatkan iklan AdSense di akhir postingan, maka kode ditempatkan setelah atau dibawah kode <?php the_content(); ?> yang terdapat di dalam file single.php.

Mungkin hanya itu saja tulisan tentang cara pasang iklan AdSense di dalam postingan yang mencakup di atas postingan atau bawah judul, di tengah postingan, dan di akhir postingan. Semoga dapat membantu bagi yang membutuhkan.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

33 comments

  1. jadi tiap posting bisa pasang adsense yah?semoga artikelnya bermanfaat buat yang ikutan adsense..

    • Pengaturan ini hanya sekali saja. Selanjutnya kita tinggal fokus ke nulis artikel. Kecuali kedepannya kita ingin melakukan perubahan posisi iklan.

  2. kalo sayah tulisannya ga sehati dengan adsense katanya. ampunnnn

  3. sederhana trick memasang iklan di dalam postingan, tapi sangat berguna dan mudah diterapkan. terima kasih ilmunya gan.

    • Iya memang sangat sederhana sekali penerapan kode iklan didalam postingan wordpress ini …

  4. wah bisa sampai daleman wp gitu ya, keren. semenjak ke wp, saya baru bisa mengandlakan plugins, maklum masih belajar pakai yg wp nih.

    • Tapi sekarang sudah banyak template yang sudah tersedia fasilitas langsung memasang iklan di dalam postingan.

  5. duhh sayang skali saya belum juga bisa mendaftar di google adsense…
    tapi sangat membantu gan makasih…

  6. artikel yang menarik, saya belum mencoba apakah dengan artikel 25 boleh dipasang iklan adsense? terima kasih

  7. sigit septianto

    saya sudah mencoba menempatkAN IKLAN nya pada posisi tengah, tetapi kok iklanya di atas gak mau ketengah. mohon berikan pengarahan soalnya baru pertama kali memasang dan di approve adsence. tutorialcoreldraws[dot]com

    • Apakah mas sudah merubah angka nol yang terdapat pada kode $where = 0; ? Jika belum coba rubah angka nolnya dan sesuaikan dengan yang mas inginkan. Angka nol ini untuk menentukan iklan tampil di posisi paragraf berapa pada artikel. Misal jika mas merubah nol menjadi angka tiga, maka iklan nantinya akan tampil di paragraf ketiga setiap postingan.

      • kang kalo pasang kode iklan adsense itu kodenya harus di parse dulu ga ? Atau langsung tempel di theme ?

        • Tidak usah diparse mas, langsung tempel saja kode iklan AdSensenya. Nanti iklan akan otomatis muncul di halaman blog.

  8. Wah dengan cara ini malah berhasil gan, tadinya saya pakai plugin tapi gak work dengan theme yang saya pakai. Dengan cara ini berhasil, saya bookmark gan, siapa tahu lupa lain kali mau ganti iklan. :)

  9. Sudah coba tak pasang di website aane gan, thanks infonya. Tapi sayang sekali untuk saat ini masih belom tau itu web di Approve tidak adsense nya. :)

  10. trims mas atas triknya, langsung saya praktekkan dulu, mampir tempat saya ya mas.. trims bicaraperpustakaan.com

  11. Kalau pasang iklan adsense di sidebar dengan menggunakan widget aja tanpa plug in bisa nggk.
    Trims

    • Bisa! Langsung paste saja code iklan AdSensenya di Widget Text. Itu contohnya iklan yang saya pasang di Sidebar tidak menggunakan plugin …

  12. Terima kaih infonya.. Udah aku pasang dan work caranya.. Untuk kalian yang ingin pasang adsense di dalam postingan maka gunakan caranya agan ini, dijamin work..

  13. Pingin mencoba peruntungan melalui adsense dan setelah keliing jauh jauh kebetulan dapat pencerahan disini.
    Terima kasih infonya

  14. terimakasih mas, tutorialnya sangat membantu, alhamdulillah adsen yang di tengah postingan blog wp saya sekarang sudah terpasang dengan baik.

  15. sudah saya coba mas,, tp masih gagall…

    saya masukkan di html/template nya,,

    apa beda2 setiap template2 itu mas…

    Mohon pencerahannya…!!!

    • jika review kedua sudah selesai, maka begitu code dipasang di blog baik didalam postingan atau diwidget maka iklan akan tampil otomatis mas.

  16. Cara penempatannya agak sedikit berbeda dengan cara pertama. Setelah Anda login di WP-Admin Dashboard WordPress, buka single.php lalu cari juga . Setelah itu hapus kode dan ganti dengan kode di atas (untuk penempatan iklan di tengah posting).

    yang mau saya tanyakan single php ada dimana

    • Artikel ini untuk CMS WordPress Hosting Sendiri (Self Hosted) mas. Untuk WordPress gratisan atau Wp.com sayangnya kita tidak bisa pasang iklan dan juga kita tidak diberi wewenang untuk edti script/kode.

  17. Muter-muter dan coba cara yang sederhana seperti ini hasil maknyos kang. Maaf baru bisa main lagi dan nginggalin jejjak di sini. he,, he, he,

  18. Mas admin, sekedar tambahan cara lain memasang iklan di tengah postingan wordpress. Mungkin bisa dilihat di blog saya di muhrid[DOT]com/cara-memasang-iklan-tengah-artikel-wordpress/

    Kalau mas admin berkenan, bisa memasukkan link artikel saya di bagian bawah postingnya sebagai tambahan jika cara sebelumnya tidak berfungsi. Nanti juga saya masukkan link artikel mas ini di blog saya. Terimakasih sebelumnya.

  19. malem gan.. saya punya blog, sudah saya daftarin dua kali, eh di tolak dua kali juga sama om adsense.. saya sudah pakai TLD, ada sekitar 45 an artikel berbahasa indonesia,,

    apa mungkin karena ada adfly sama iklan pop up nya ya gan ? apa di ilangin semua dulu baru coba daftar ? mohon saran dan masukanya gan,, terima kasih banyak,, salam

    • Ya gan sebaiknya selama blog dalam masa review pihak AdSense maka setiap iklan dan layanan pop-up lainnya dihilangkan dulu. Ketika itu tetap fokus update artikel dan jangan dulu mengubah struktur template yang digunakan.

  20. dapet email warning dari adsense, sekarang adsense di bawah judul melanggar TOS, terutama untuk mobile view,

    coba praktek

  21. Maih kesusahan gan.
    Apa pengaruh template juga ya?
    Saya juga baru pemula untuk adsense, mohon bantuannya. Untuk pelanggaran juga kurang memahami bagaimana yang kurang aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *