Home / Android / 5 Cara Pengisian Baterai HP Android Super Cepat Hingga 75% Bahkan Lebih

5 Cara Pengisian Baterai HP Android Super Cepat Hingga 75% Bahkan Lebih

Cara Pengisian Baterai HP Android Super Cepat – Ketika daya baterai smartphone sedikit lagi atau bahkan habis, maka secepatnya kita charger atau cas. Jangan memaksakan smartphone untuk digunakan jika daya baterainya sudah habis. Hal ini akan beresiko baterai smartphone kedepannya mudah ngedrop. Lalu bagaimana jika kita buru-buru ingin bepergian sedangkan baterai smartphone dayanya sedikit lagi? Seperti yang sudah kita ketahui bahwa mencharger smartphone membutuhkan waktu hingga benar-benar penuh. Jika kondisi daya baterai sudah habis, saya rasa tidak cukup waktu 30 menit untuk mencharger smartphone hingga penuh.

Baca Juga : 6 Cara Charge HP Yang Benar Agar Baterai HP Awet Serta Tidak Mudah NgeDrop

Jika kindisi seperti yang sudah dijelaskan diatas, silakan lakukan trik yang akan saya bahas disini. Sya mempunyai trik khusus untuk pengisian baterai smartphone atau HP Android super cepat. Trik ini tidak memerlukan root atau aplikasi lainnya. Meskipun smartphone sudah dilengkapi dengan fitur fast charging, namun dengan trik ini bisa lebih mempercepat lagi proses pengisian baterai HP Android hingga 75 % bahkan lebih.

Berikut 5 Cara Pengisian Baterai HP Android Super Cepat Hingga 75% Bahkan Lebih

1. Aktifkan Mode Air Plane

Mode Air Plane biasanya kita gunakan ketika smartphone berada didalam pesawat. Mode ini biasanya akan membiarkan HP Android tetap menyala/aktif namun sebagian fitur akan dinonaktifkan terutama yang hubungannya dengan jaringan. Sekilas mode Air Plane seperti smartphone aktif namun tanpa menggunakan kartu/sim card.

Dengan mengaktifkan mode Air Plane HP Android tidak akan bekerja terutama aplikasi yang membutuhkan jaringan internet seperti Facebook, WhatsApp, dan sebagainya. Bahkan mode Air Plane tidak hanya akan menonaktifkan paket data internet saja, jaringan GSM juga akan nonaktif. Maka daripada itu selama mode Air Plane aktif, kita tidak menerima SMS masuk, Telepon, dan sebagainya.

Kenapa dengan mengaktifkan mode Air Plane bisa mempercepat pengisian baterai HP Android? Tentu saja! Karena ketika mode Air Plane aktif, HP Android tidak akan berkerja lebih keras lagi. Banyak aplikasi-aplikasi refresh otomatis tidak akan berjalan semestinya. Ketika HP Android sedikit bekerja, maka tentu saja pengisian baterai HP akan cepat penuh 100%.

Maka daripada itu, agar pengisian baterai HP Android cepat penuh, silakan setiap kali Anda akan mencharger aktifkan mode Air Plane.

2. Gunakan Adapter Charger Original

Tidak disarankan untuk charger HP Android dengan charger yang bukan bawaanya atau original. Perlu Anda ketahui meskipun semua HP Android dapat kita charge dengan kabel serta adapter charger yang sama, namun kapasitasnya berbeda-beda. Oleh karena itu kapasitas HP Android Samsung tentu saja berbeda dengan Asus, lalu Asus berbeda dengan LG, dan LG berbeda juga dengan Xiaomi, begitu seterusnya.

Memang kalau kita lihat kabel charger untuk generasi smartphone Android baik itu smartphone atau tablet semuanya sama. Kalau asal masuk bisa saja kita charger HP Android Samsung dengan Asus atau sebaliknya. Namun seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa kapasitas dari masing-masing adapter charger itu berbeda-beda.

Oleh karena itu jika Anda ingin proses pengisian baterai HP Android super cepat maka silakan gunakan kabel serta adapter charger Android asli/original. Terkadang fitur bawaan fast charging HP Android tidak akan berfungsi jika Anda menggunakan adapter charger non-original.

3. Usahakan Agar Smartphone Tetap Dingin Ketika Di Charger

Baterai HP Android akan bekerja dengan baik atau bisa menampung daya secara normal jika lingkungannya dalam keadaan dingin. Untuk itu sangat disarankan jika Anda terburu-buru maka ketika mencharger HP usahakan agar smartphone tetap dingin. Jika HP anda menggunakan cover maka sementara silakan Anda lepaskan dulu.

Jangan menempatkan HP ketika di charger diatas benda lembab seperti kasur dan sebagainya. Biasanya tempat-tempat seperti ini akan menghasilkan panas yang dikhawatirkan akan memperlambat pengisian daya baterai HP.

4. Jangan Sering Melihat HP Ketika Di Charger

Yang saya maksud disini adalah melihat dengan menekan salah satu tombol smartphone untuk mengetahui berapa persen daya baterai ketika di charger. Umumnya ketika HP dicharger akan melakukan sleep otomatis dan kita tidak bisa melihat kondisi berapa persen daya baterai. Jangan terlalu sering mengaktifkan HP untuk melihat persen daya baterai. Karena dengan seringnya melihat seperti itu HP akan menyala atau menghidupkan screen layar. Tentu saja jika screen layar hidup maka akan memakan daya baterai. Meski ini tidak akan menghabiskan terlalu banyak daya baterai, namun jika keseringan tentu saja akan memakan banyak.

Untuk itu biarkan saja screen HP terkunci otomatis ketika sedang di charger. Biasanya jika daya baterai sudah penuh maka akan ditandai dengan lampu indikator HP yang berubah warna menjadi warna hijau.

5. Matikan HP Android

Ini adalah cara yang paling praktis yaitu mematikan (turn off) HP ketika sedang di charger. Dengan mematikan smartphone maka akan mengentikan semua kinerja HP. Tentu saja jika HP berhenti bekerja maka pengisian daya pada baterai akan optimal dengan begitu daya baterai akan cepat penuh. Listrik yang masuk ke baterai HP tidak akan dibagi-bagi lagi. Sepenuhnya akan masuk secara konsisten untuk pengisian daya baterai.

Mematikan HP ketika di charger bisa menjadi solusi terbaik ketika Anda terburu-buru. Karena hal ini akan mempercepat proses pengisian daya hingga 20 – 30 % dari biasanya.

Tips tambahan :

Setelah membaca 5 trik diatas agar proses pengisian baterai HP Android super cepat, selanjutnya saya sarankan Anda jangan mencharger HP menggunakan PC atau Laptop. Charger dengan menggunakan PC atau Laptop akan memperlambat proses pengisian daya hingga 30 % bahkan 50 %. Jadi hal ini sangat tidak cocok bagi Anda yang sedang terburu-buru karena akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk ngecas.

USB port PC atau Laptop hanya mempunyai kapasitas listrik sebesar 0,5A dan maksimalnya hanya 0,9A saja. Sedangkan jika Anda mengisi dengan adapter yang dihubungkan ke listrik akan menghasilkan daya 1A.

Selanjutnya jika Anda sering mempunyai aktifitas diluar rumah yang biasanya bekerja ditempat yang jauh dari aliran listrik, maka disarankan untuk memiliki Power Bank. Dengan begitu kita akan tetap bisa mencharger HP dimanapun Anda berada. Anda tidak akan khawatir lagi dengan kehabisan daya baterai HP Android.

Ok mungkin artikel 5 Cara Pengisian Baterai HP Android Super Cepat dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan jika Anda mempunyai trik lain berdasarkan pengalaman, silakan dishare pada kolom komentar. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses selalu.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. thanks infonya sangat bermanfaat. Ditunggu update terbarunya ya. artikelnya juga bagus. thank you. jangan lupa kunjungi website kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *