Home / Teknologi / Cara Pindah Domain Agar Trafik Blog Tidak Turun Atau Tetap Stabil (Redirect 301)

Cara Pindah Domain Agar Trafik Blog Tidak Turun Atau Tetap Stabil (Redirect 301)

Cara Pindah Domain Agar Trafik Blog Tidak Turun – Banyak yang takut melakukan pindah domain blog. Pasalnya pindah domain itu ada resikonya, diantaranya kita akan kehilangan trafik blog. Pengunjung tetap blog bisa menghilang jika domain blog kita diganti. Namun jika domain lama bermasalah maka mau tidak mau kita meski memindahkan domain lama ke domain baru. Lalu bagaimana dengan masalah trafik? Apakah benar kita akan kehilangan trafik? Ya memang betul, namun dengan tehnik redirect 301 masalah tersebut akan teratasi. Banyak website dan blog terkenal melakukan pindah domain tapi trafiknya tetap stabil bahkan bisa naik karena mereka menggunakan cara redirect 301 (redirect permanent). Walaupun kestabilan trafik ini tidak serta merta terjadi begitu saja dengan cepat, tapi setidaknya dalam proses yang tidak lama lambat laun akan stabil kembali.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Email Dengan Domain Sendiri Melalui cPanel Hosting

Apa itu redirect 301? Redirect 301 adalah sistem pengalihan URL permanent otomatis yang kita lakukan demi kepentingan pindah domain. Tehnik redirect 301 juga sering dilakukan jika kita ingin menata ulang struktur link di blog. Misal link lama bermasalah dan terjadi error 404 kemudian jika kita sudah mendapatkan link gantinya, maka sebaiknya dibuat redirect 301 saja.

Cara Pindah Domain Agar Trafik Blog Tidak Turun (0)

Jika struktur link dibuat redirect 301 maka secara otomatis setiap ada pengunjung yang klik link lama akan diarahkan ke link baru. Begitupun dengan URL domain, jika kita menerapkan aturan redirect 301 maka akan otomatis juga link URL domain lama akan dialihkan ke URL domain baru. Bahkan semua index search engine seperti Google, secara otomatis akan crawl URL baru dan mengabaikan URL domain lama. Dengan begitu kita tidak akan kehilangan pengunjung dan tentunya trafik blog akan tetap stabil.

Kesimpulannya jika kita menggunakan tehnik redirect 301 (moved permanently) maka efeknya akan sebagai berikut :

  1. Pengunjung blog yang mengakses dari URL domain lama akan secara otomatis diarahkan ke URL domain baru, dengan begitu kita tidak perlu memberitahu mereka tentunya;
  2. Secara otomatis juga index search engine seperti Google, Bing, Yandex, dan sebagainya akan crawl semua URL link domain baru walaupun hal ini akan membutuhkan proses dan waktu;
  3. Angka Alexa Rank lambat laun seiring berjalannya waktu akan kembali normal dan stabil;

Pastikan sebelum mempraktikkan cara ini kalau Anda sudah mempunyai domain baru sebagai tujuan dari kegiatan redirect 301. Untuk domain bisa menggunakan domain yang dibeli ditempat yang sama dengan hosting atau bukan.

Berikut Cara Pindah Domain Agar Trafik Blog Tetap Stabil Dengan Cara Redirect 301

Setelah kita paham apa itu redirect 301, baiklah kita mulai saja tutorialnya. Dalam redirect 301 ini saya membaginya kedalam dua cara. Silakan Anda pilih mana yang termudah dan tercepat.

1. Cara Redirect Domain Dari Fitur cPanel

Cara yang pertama kita bisa melakukan redirect domain lama ke domain baru dari fitur yang tersedia di cPanel. Ini adalah cara yang paling praktis dan tentunya yang paling mudah. Silakan Anda login di cPanel masing-masing dengan mengakes http://domainlama.com/cpanel. Kemudian Anda klik pilih Redirects yang terdapat pada tab Domains.

Cara Pindah Domain Agar Trafik Blog Tidak Turun (1)

Pilih tipe redirect yang ingin Anda tentukan. Disini tipe redirect itu dibagi menjadi dua, Redirect Permanent (301) dan Redirect Temporary (302). Lalu apa perbedaannya antara tipe redirect 301 dan redirect 302?

  1. Redirect Permanent (301) adalah tipe redirect atau pengalihan URL domain lama ke domain baru dimana URL lama tersebut tidak akan Anda gunakan lagi untuk selamanya. Dengan kata lain tipe redirect ini sifatnya adalah permanen.
  2. Redirect Temporary (302) adalah tipe redirect sebaliknya dari redirect permanen. Artinya tipe redirect ini hanya bersifat sementara saja dan Anda berniat kedepannya akan menghilangkan redirect dan dikembalikan seperti semula.

Cara Pindah Domain Agar Trafik Blog Tidak Turun (2)

Setelah menentukan tipe redirect, langkah selanjutnya adalah memilih domain yang akan diredirect atau domain lama. Dalam contoh disini saya hanya mempunyai satu domain saja yaitu info-menarik.net.

Cara Pindah Domain Agar Trafik Blog Tidak Turun (3)

Jika yang ingin Anda butuhkan dalam redirect ini bukan URL utama maka silakan Anda isi kolom URL dibawahnya. Artinya redirect ini hanya akan mengalihkan link URL halaman atau posting tertentu saja. Contoh dibawah saya akan mengalihkan link posting cara-daftar-cara-pasang-iklan-h12-media-di-blog/. Namun jika kita ingin redirect URL utama blog maka kolom tersebut dikosongkan saja.

Kemudian Anda harus mengisi kolom Redirects to dengan URL domain baru. Contoh dibawah saya mengisi dengan http://info-menarik.com. Artinya nanti kedepannya setiap pengunjung dan juga search engine mengakses domain info-menarik.net akan dialihkan otomatis ke URL domain info-menarik.com.

Pilih juga tipe redirect www itupun jika domain Anda menggunakan www, jika tidak maka pilih yang Do Not Redirect www dan terakhir klik Add.

Cara Pindah Domain Agar Trafik Blog Tidak Turun (4)

Sampai langkah ini selesai sudah melakukan redirect 301 untuk domain lama ke domain baru Anda.

Jangan sampai lupa jika Anda membeli domain baru tidak satu tempat dengan sewa hosting, maka silakan tentukan juga Name Server di domain baru dengan Name Server hosting. Namun jika domain baru masih satu tempat dengan hosting dan domain lama maka Anda tidak perlu mengubah Name Server.

2. Cara Redirect 301 (Redirect Permanen) Menggunakan .htaccess

Cara kedua jika web hosting Anda menggunakan jenis server Apache atau LiteSpeed maka bisa redirect 301 menggunakan file .htaccess. Anda temukan dulu file .htaccess dari halaman cPanel kemudian klik pilih File Manager dari tab Files.

Cara Pindah Domain Agar Trafik Blog Tidak Turun (5)

Kemudian Anda klik pilih public_html. Mungkin tampilan cPanel ini akan berbeda-beda, namun intinya masih sama sehingga cari saja File Manager dan public_html web hosting Anda.

Cara Pindah Domain Agar Trafik Blog Tidak Turun (6)

File .htaccess yang terdapat di web hosting biasanya tidak akan terlihat (hidden) maka dari itu silakan Anda unhide dulu dengan cara klik Settings.

Cara Pindah Domain Agar Trafik Blog Tidak Turun (7)

Klik pilih Show Hidden Files (dotfiles) dan klik Save. Nanti semua file yang statusnya hidden akan terlihat termasuk file .htaccess.

Cara Pindah Domain Agar Trafik Blog Tidak Turun (8)

Klik file .htaccess dan klik pilih juga Edit untuk mengubah atau menambahkan kode redirect didalamnya.

Cara Pindah Domain Agar Trafik Blog Tidak Turun (9)

Silakan Anda tambahkan rules htaccess berikut ini kedalam file .htaccess web hosting Anda.

RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^ domainlama.com [NC,OR]
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^ www.domainlama.com [NC]
RewriteRule ^(.*)$ http://domainbaru.com/$1 [L,R=301,NC]

Jangan sampai lupa ubah dulu tulisan merahnya dengan URL domain lama dan baru Anda. Kemudian klik Save dan selesai sudah membuat redirect 301 menggunakan file .htaccess ini.

Jika pindah domain ini Anda lakukan dengan pindah hosting juga maka tentunya Anda harus backup semua file hosting lama untuk direstore di hosting yang baru.

Ok mungkin hanya itu saja artikel tentang Cara Pindah Domain Agar Trafik Blog Tidak Turun. Semoga artikel cara redirect permanent 301 ini ada manfaatnya dan saya tunggu tanggapannya di kotak komentar untuk melengkapi pembahasan ini. Sampai bertemu diartikel keren lainnya dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

3 comments

  1. cocok mas yang ini , tapi seperti biasa saya kalau tidak langsung praktek rasanya gimana gitu , jadi nunggu beli domain dulu , lalu mampir sini lagi lalu kalau masih bingung tanya lagi , terima kasih sebelumnya , lowongan guest post masih ada nggak :v

    • Sampai kapanpun lowongan GuestPost untuk mas Arman pintu terbuka lebar, silakan mas dengan senang hati. :) Oh iya nanti jika sudah beli domainnya saya siap bantu semampunya.

  2. Mas, jadi kalau domain lama dan baru satu hosting, gak perlu ada data dari domain lama yang dicopy ke domain baru?

    Lagi mau ganti domain juga soalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *