Home / WordPress / Cara Praktis Publish Artikel Ke Social Media

Cara Praktis Publish Artikel Ke Social Media

Cara Praktis Publish Artikel Ke Social Media – Salah satu trik ampuh supaya blog cepat terkenal, maka setiap selesai publish artikel selanjutnya dishare juga ke berbagai social media. Dengan begitu, artikel yang kita buat akan banyak orang yang membacanya. Karena mereka akan membacanya melalui status yang kita bagikan di social media, lalu mereka akan melakukan klik pada link artikel tersebut. Apalagi jika kita mempunyai follower atau pertemanan yang banyak di social media. Ini adalah peluang baik untuk mempromosikan artikel-artikel yang telah dibuat.

Baca Juga : Cara Membuat Tampilan Posting Unik Di WordPress

Untuk melakukan publish artikel ke berbagai social media bisa kita lakukan secara manual dan otomatis. Jika target social media hanya satu mungkin kita bisa melakukan dengan cara manual. Namun untuk saat ini social media ternama itu tidak hanya satu. Contohnya seperti Facebook, Twitter, Linkedin, dan lain-lain. Jika dilakukan secara manual, tentunya ini akan menguras banyak waktu. Belum lagi untuk optimasi artikel tidak hanya membagikan link artikel ke social media. Kita bisa melakukan ping otomatis, share ke social bookmarking, fetch as google, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu untuk menghemat waktu, kita pilih cara otomatis atau cara praktis publish artikel ke beberapa social media ternama. Ini fungsinya sama saja, artinya ketika kita selesai menerbitkan artikel maka otomatis link artikel yang kita buat akan terpublish juga di social media yang telah kita tentukan sebelumnya.

Cara Praktis Publish Artikel Ke Social Media Menggunakan TwitterFeed

Untuk memudahkan dalam melakukan publish artikel ke social media secara otomatis, maka kita bisa memanfa’atkan fasilitas yang disediakan oleh TwitterFeed. Dengan TwitterFeed, maka artikel yang kita terbitkan dengan otomatis akan terbit juga di social media. Mungkin sekarang pertanyaannya bagaimana cara menggunakan TwitterFeed ini? Ok jika Anda tertarik ingin mencoba fasilitas yang dimiliki TwitterFeed, ikuti langkah-langkahnya berikut.

Cara Daftar Di TwitterFeed

Mudah saja, pertama Anda kunjungi URL TwitterFeed. Nanti akan tampil sebuah halaman untuk melakukan Registrasi di TwitterFeed. Klik Register Now.

Cara-Praktis-Publish-Artikel-Ke-Social-Media-1

Silakan diisi saja semua data-data penting yang sudah disediakan pada form-form seperti pada gambar dibawah ini. Yang terdiri dari alamat email, password dan confirm password, kolom captcha. Jika datanya sudah lengkap, langkah selanjutnya klik Create Account.

Cara-Praktis-Publish-Artikel-Ke-Social-Media-2

Sukses. Untuk menyelesaikan tahap pendaftaran di TwitterFeed, Anda diperintah untuk membuka email. Silahkan login email yang sesuai dengan yang diisi pada kolom pendaftaran. Jika pesan konfirmasi dari TwitterFeed tidak ditemukan di email, klik resend it by clicking here.

Cara-Praktis-Publish-Artikel-Ke-Social-Media-3

Periksa kotak masuk email, jika tidak ada periksa juga kotak spam. Nanti Anda akan menemui sebuah email konfirmasi dari TwitterFeed. Langsung klik saja link konfirmasi accountnya.

Cara-Praktis-Publish-Artikel-Ke-Social-Media-4

Cara Menggunakan TwitterFeed Agar Bisa Dijalankan Untuk Publish Artikel Ke Social Media

Setelah Anda klik link konfirmasi yang Anda temui di alamat email, nanti secara otomatis Anda akan dibawa ke halaman seperti yang terlihat pada gambar di bawah. Itu artinya registrasi di TwitterFeed sukses.

Langkah selanjutnya agar TwitterFeed bisa dijalankan untuk membantu Anda dalam publish artikel ke social media, pertama Anda isi kolom Feed Name. Selanjutnya diisi juga kolom Blog URL or RSS Feed URL. Jika blog Anda menggunakan CMS WordPress, maka pada kolom RSS Feed Anda isi dengan format http://namadomain/feed/ contoh http://info-menarik.net/feed/.

Klik test rss feed untuk mencobanya, barangkali URL feed yang dimasukkan salah. Jika sudah ada laporan Feed Parsed OK klik Continue to Step 2 untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Cara-Praktis-Publish-Artikel-Ke-Social-Media-5

Disini atau pada Step 2 terdapat beberapa pilihan link social media, diantaranya Twitter, Facebook, Linkedin, Linkedin Company Page, dan App Net. Sayangnya tidak semua social media bisa dikaitkan menggunakan TwitterFeed. Tapi tidak apa-apa, ini juga sudah membantu kita dalam melakukan publish artikel ke beberapa social media.

Cara-Praktis-Publish-Artikel-Ke-Social-Media-6

Anda pilih salahsatunya untuk mengatur social media mana yang akan dikaitkan dengan blog Anda. Saya sarankan, gunakan semua link social media saja atau yang sesuai dengan fasilitas yang disediakan oleh TwitterFeed. Contoh disini saya akan mengaitkan blog dengan social media Facebook. Klik Connect with Facebook untuk menyambungkan dengan akun Facebook Anda. Nanti Anda akan diminta untuk input email dan password akun Facebook, silakan diisi saja.

Cara-Praktis-Publish-Artikel-Ke-Social-Media-7

Setelah akun TwitterFeed tersambung dengan akun Facebook, maka Anda akan dihadapkan kedalam dua pilihan. Pertama akun pribadi Facebook dam kedua Facebook Pages/Halaman. Namun jika Anda tidak mempunyai halaman Facebook, tentunya pilihan halaman Facebook ini tidak akan tampil. Sekarang Anda tinggal menentukan saja, apakah akun pribadi atau halaman Facebook yang akan dikaitkan dengan akun TwitterFeed. Anda pilih semuanya juga bisa.

Jika masih ada yang bingung, begini ya jika Anda mengatur Facebook Pages, maka nanti ketika Anda selesai menerbitkan artikel diblog maka link artikel tersebut akan terpublish juga di Facebook Pages yang sudah Anda tentukan di TwitterFeed. Terakhir klik Create Service untuk menyimpan semua pengaturan Anda.

Cara-Praktis-Publish-Artikel-Ke-Social-Media-8

Mengaktifkan atau mengaitkan TwitterFeed dengan Facebook sukses. Sekarang Anda tinggal menghubungkan akun-akun social media lainnya. Jika semua pengaturan Anda rasa sudah selesai, maka klik All Done.

Cara-Praktis-Publish-Artikel-Ke-Social-Media-9

Selamat, sekarang TwitterFeed sudah bisa dijalankan secara normal. Bagaimana mudah bukan?

Cara-Praktis-Publish-Artikel-Ke-Social-Media-10

Saya harap tulisan cara praktis publish artikel ke social media ini ada manfa’atnya. Selamat mencoba dan semoga sukses melakukannya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

20 comments

  1. tips yang bagus mas jadi bisa menghemat waktu karena bisa lebih cepat publishnya

  2. perlu dicoba nih mas,jadi kita nggak perlu susah2 share ko sosmed secara manualk bila sudah menerapkan trik ini ya

  3. Saya masih pakai layanan deliv.rt kalau gak salah. Itu layanan itu bagus juga.

  4. Boleh juga nih mas, buat nambah traffic unik ya

  5. wah info yang menarik,kataknya perlu dicoba nih,terimakasih info dan tipsnya :)

  6. sementara masih pakai rss graffiti facebook tapi kapan kapan perlu juga untuk dicoba

  7. nah ini yg aku cari2.. jadi lebih praktis dan hemat waktu ya mas..

  8. Menarik juga ni..saya pun dah cuba buat

  9. Dulu sy juga pakai tapi sekarang lebih suka pakai IFTTT karena bisa share ke lebih banyak situs

  10. Terimaksih mas, Infonya memang menarik cocok seperti nama domainya :) Selama ini masih seneng pakai feedburner utk publish otomatis ke sosmed, mau coba ah pakai TwitterFeed. sekali lagi terimakasih infonya ;)

  11. makasih infonya sangat membantu…setidak nya sy bisa mengembangkan dunia web saya agar lebih disenangi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *