Home / Microsoft Office / Cara Print Gambar Besar Pada Banyak Kertas Berukuran Kecil Di Office Excel

Cara Print Gambar Besar Pada Banyak Kertas Berukuran Kecil Di Office Excel

Cara Print Gambar Besar Di Excel – Office Excel bukan hanya bisa kita gunakan untuk pengolahan data saja. Ternyata program ini bisa kita gunakan juga untuk mencetak gambar ukuran besar. Jika kita mempunyai maksud ingin mencetak gambar besar ke banyak kertas ukuran kecil, maka silakan gunakan Office Excel.

Baca Juga : Cara Print Ukuran Besar Ke Kertas Biasa Menjadi Beberapa Lembar Di CorelDRAW

Mungkin sudah tidak asing lagi kalau urusan hitung menghitung di komputer dapat kita selesaikan dengan Office Excel. Memang program yang satu ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Maka tidak heran jika Office Excel banyak tersimpan trik menghitung dengan menggunakan rumus siap pakai.

Tapi jika Office Excel kita andalkan untuk mencetak gambar ukuran besar mungkin sebagian orang belum pernah mendengarnya …

Ya memang benar, jika kita ingin print gambar besar maka bisa kita gunakan Office Excel sebagai solusi terbaiknya. Gambar besar disini artinya adalah ukuran gambar melebihi ukuran kertas standar seperti A4, Legal, F4, dan sebagainya. Karena seperti yang sudah kita tahu bahwa printer yang beredar dipasaran umumnya hanya bisa menggunakan kertas maksimal ukuran F4/Legal saja.

Lalu bagaimana jika kita mempunyai gambar besar yang bisa menghabiskan lebih dari 1 kertas A4?

Berikut Cara Print Gambar Besar Yang Dicetak Ke Banyak Kertas Kecil Di Excel

Jika kita mencetak gambar besar yang dibagi menjadi beberapa lembar maka ketika gambar berhasil dicetak, kita meski menghubungkan bagian-bagian kertas tersebut agar menjadi satu gambar.

Kita langsung praktekkan saja agar lebih mudah dimengerti. Disini saya akan memberikan contoh mencetak gambar besar di Office Excel 2007.

Silakan Anda aktifkan Office Excel kemudian klik tab View > Page Layout. Perintah ini adalah untuk menampilkan layar kerja Excel menjadi terlihat halaman kertasnya.

Langkah selanjutnya silakan Anda klik tab Page Layout > Page Setup. Langkah ini kita butuhkan untuk menentukan jenis kertas atau menyesuaikan dengan kertas yang kita miliki.

Pertama Anda aktifkan tab Page kemudian atur Orientation apakah ingin mencetak pada posisi kertas Portrait atau Landscape. Kemudian tentukan jenis kertas yang akan digunakan Paper Size. Disini saya akan menggunakan jenis kertas A4 saja.

Langkah selanjutnya silakan klik tab Margins. Tentukan batas margin atas (Top), kiri (Left), kanan (Right), dan bawah (Bottom). Disini saya menentukan batasan margin 1 cm saja. Kemudian agar hasil cetak center baik dari posisi Horizontal dan Vertical, silakan Anda centang pengaturan ini pada Center on page.

Selesai! Sekarang kini saatnya untuk memasukkan gambar yang akan kita cetak di Excel. Caranya silakan klik tab Insert > Picture.

Silakan Anda pilih gambar mana yang akan dicetak di Office Excel. Usahakan format gambar adalah ekstensi .jpg.

Anda bisa lihat hasilnya gambar besar yang sudah berhasil dimasukkan ke Office Excel. Contoh gambar dibawah, saya membutuhkan kertas A4 sebanyak 6 lembar.

Jika hasilnya sudah sama seperti yang saya contohkan, sekarang Anda tinggal mencetak gambar tersebut. Saya anggap Anda sudah bisa cara mencetak di Office Excel. Atau jika Anda tidak mau ribet maka Anda bisa menggunakan keyboard shortcut dengan menekan Ctrl+P.

Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba Cara Print Gambar Besar Di Excel. Semoga eksperimennya sukses dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *