Home / Software / Cara Print Ukuran Besar Ke Kertas Biasa Menjadi Beberapa Lembar Di CorelDRAW

Cara Print Ukuran Besar Ke Kertas Biasa Menjadi Beberapa Lembar Di CorelDRAW

Cara Print Ukuran Besar Di CorelDRAW – Ketika kita ingin mencetak gambar dalam ukuran besar awalnya tentu akan kebingungan bagaimana caranya. Masalahnya printer yang kita miliki tidak mendukung untuk mencetak gambar dalam ukuran besar sekaligus. Umumnya printer yang kita miliki hanya mampu mencetak menggunakan ukuran maksimal kertas Legal atau F4.

Baca Juga : Ini Dia 5 Faktor Penting Penyebab Printer Cepat Rusak Yang Wajib Anda Ketahui

Masalah tidak bisa mencetak gambar dalam ukuran besar sekaligus artinya bukan berarti tidak tersedia dipasaran printer yang mendukung untuk memenuhi kebutuhan ini. Mengingat harga printer yang cukup mahal dibanding printer standar maka kebanyakan pengguna printer lebih memilih printer biasa saja. Namun itu dia masalahnya printer standar hanya bisa mencetak gambar maksimal sampai ukuran kertas Legal atau F4 saja.

Lalu bagaimana solusinya jika kita ingin mencetak gambar besar sekaligus menggunakan printer standar, apakah bisa?

Jawabannya singkat, tentu saja bisa ….

Caranya yaitu membagi gambar besar yang akan kita cetak menjadi beberapa bagian. Kemudian jika gambar sudah berhasil dicetak semua, maka kita sambungkan gambar terpisah tersebut menggunakan perekat.

Tak ada rotan akarpun jadi ….

Cara Print Ukuran Besar Menjadi Beberapa Lembar

Jika kita mencetak gambar ukuran besar menggunakan cara manual tentu saja prosesnya akan memerlukan waktu lebih lama lagi. Kemungkinan juga ketika kita sambungkan antara gambar satu dengan gambar yang lain tersebut hasilnya tidak rapih.

Untuk mengatasi hal tersebut maka kita membutuhkan software ketika mencetaknya. Program yang akan saya gunakan disini adalah menggunakan CorelDRAW. Selain CorelDRAW kita juga bisa mencetak gambar besar menggunakan program Office Excel dan Windows Paint.

Pastikan sebelumnya CorelDRAW sudah terpasang di komputer atau laptop Anda. Anda bebas bisa menggunakan CorelDRAW versi bererapun, dan saya disini akan menggunakan CorelDRAW X4.

Silakan buka/aktifkan CorelDRAW dan Anda buka objek gambar besar yang akan dicetak. Jika gambar dalam format .cdr maka Anda cukup klik File > Open (Ctrl+O). Namun jika gambar memiliki format .jpg atau .png maka pada CorelDRAW Anda klik pilih File > Import (Ctrl+I).

Dalam contoh kali ini saya akan mencetak gambar yang mempunyai ukuran 50 cm x 60 cm. Jika gambar tersebut kita cetak dalam ukuran aslinya menggunakan kertas A4 maka setelah dibagi akan menghabiskan kertas A4 sebanyak 9 lembar.

Kemudian kita klik File > Print untuk membuat perintah mencetak (Print). Atau dengan cara cepatnya dengan menekan Ctrl+P pada keyboard. Pada tab General silakan Anda setting dulu printer yang akan digunakan untuk mencetak. Hal ini jika printer yang terhubung ke komputer Anda lebih dari satu driver. Contoh disini saya memilih printer EPSON L800 Series.

Tentukan juga halaman yang akan Anda cetak pada Print range (Pages). Setting ini kita tentukan jika dalam file .cdr terdapat beberapa halaman.

Selanjutnya Anda klik pilih tab Layout dan disini terdapat 6 langkah yang harus ditentukan. Anda harus memilih Reposition images to pada opsi Image position and size. Kemudian silakan setting yang lainnya sesuai gambar dibawah ini :

Kecuali pada langkah ke-5 (# of tiles) disini Anda harus menyesuaikan gambar dengan jumlah kertas yang akan dibagi. Disini saya memberi angka 3, artinya gambar akan dibagi menjadi 3 kertas secara horizontal dan 3 kertas juga secara vertikal. Dengan begitu jika memberikan angka 3 maka jumlah kertas seluruhnya yang kita butuhkan adalah sebanyak 9 lembar.

Jika Anda tidak ingin membuat skala secara proporsional, silakan disini Anda nonaktifkan gemboknya (icon kunci).

Terakhir jika semua pengaturan sudah Anda sesuaikan dengan kebutuhan, sebelum mencetak sebaiknya klik dulu tombol Print Preview. Hal ini untuk mengecek semua settingan pada kotak dialog Print yang barangkali ada kesalahan pengaturan.

Berikut adalah contoh tampilan halaman Print Preview dimana gambar besar saya cetak kedalam 9 lembar kertas A4 :

Jika sudah sesuai dengan keinginan maka langkah selanjutnya adalah Anda tinggal mencetaknya saja.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Ukuran Kertas F4 Di Komputer Windows

Bagaimana mudah bukan? Tentu saja hasilnya akan rapih karena cara yang kita gunakan adalah secara otomatis menggunakan software. Disini tugas Anda selanjutnya adalah menyambungkan semua bagian kertas tersebut secara manual menggunakan perekat.

Ok mungkin artikel Cara Print Ukuran Besar Di CorelDRAW dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Mantab bro, thank you udah berbagi, sangat berguna buat saya pemula dlm corel, sangat membantu saya dlm menghemat pengeluaran, mau cetak spanduk tambahan g jadi deh, mending cara kek gini, lebih kreatif, seperti pak tukang menata keramik :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *