Home / Microsoft Office / Cara Proteksi Cell Tertentu Di Office Excel Agar Tidak Bisa Di Edit Orang Lain

Cara Proteksi Cell Tertentu Di Office Excel Agar Tidak Bisa Di Edit Orang Lain

Cara Proteksi Cell Tertentu Di Office Excel – Walaupun dengan memberi proteksi pada hasil kerja Office Excel bukan jaminan bahwa data akan aman, namun setidaknya bisa menguranginya. Karena dengan membuat proteksi pada Office Excel tetap saja ujung-ujungnya proteksi bisa dijebol. Mungkin maksud dengan memberi proteksi di Office Excel selain agar data tidak bisa di edit dan tidak semua orang yang tahu bagaimana cara menjebolkan proteksi di Excel. Dan biasanya data Excel yang diberi proteksi adalah data penting yang didalamnya banyak fungsi-fungsi (rumus). Dikhawatirkan jika tidak diproteksi maka fungsi-fungsi ini akan terhapus sehingga aplikasi tidak berjalan normal.

Baca Juga : Cara Mudah Membuka Proteksi Password Microsoft Office Excel Tanpa Software

Sebagai pengguna Excel yang bijak walaupun kita tahu cara menjebolkan proteksi tersebut, sebaiknya pelajari dulu kenapa data itu diproteksi. Jika demi keamanan agar aplikasi dapat berjalan dengan normal maka biarkan saja diproteksi, jangan main asal hack/jebol.

Cara Proteksi Cell Tertentu Di Office Excel (0)

Umumnya data penting di Excel walaupun diproteksi maka tidak akan semua Cell yang diproteksi. Mungkin kalau semua fungsi dan cell diproteksi data Excel tersebut hanya untuk dilihat saja sampai puas karena kita tidak bisa melakukan apapun. Sebuah data atau aplikasi yang harus kita isi biasanya akan dibiarkan tidak diproteksi. Yang diproteksi adalah hanya cell-cell tertentu saja yang mungkin cell tersebut tidak perlu untuk di edit.

Mungkin yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara proteksi di Excel tapi tidak semua cell yang terproteksi? Apakah yang baru mengenal Excel-pun bisa mempraktikkannya? Ya, jawabannya tentu saja! Karena membuat proteksi cell tertentu di Office Excel ini caranya cukup mudah.

Berikut Cara Membuat Proteksi Cell Tertentu Di Office Excel Agar Tidak Bisa Di Ubah Orang Lain

Silakan Anda buka Office Excel yang sudah terpasang di komputer atau laptop dan berarapun versinya tidak menjadi masalah. Saya disini menggunakan Microsoft Office Excel 2007. Buat sebuah projek baru untuk praktik, contoh disini saya membuat tabel seperti berikut ini :

Cara Proteksi Cell Tertentu Di Office Excel (1)

Misalnya saya akan memberikan proteksi dari Cell A1 sampai dengan Cell A8 saja dan untuk Cell B1 sampai dengan Cell B8 akan tetap saya biarkan. Karena dari Cell B1 sampai dengan Cell B8 ceritanya itu adalah kolom-kolom yang harus diisi nantinya. Silakan Anda blok Cell yang akan tetap kita biarkan atau tidak akan diproteksi. Saya membuat blok di Cell B1 sampai dengan Cell B8. Jika Cell-Cell yang akan Anda tetap biarkan tidak diproteksi tempatnya terpisah, maka sambil blok Cell Anda tekan Ctrl pada keyboard.

Setelah membuat blok pada semua Cell yang tidak akan diproteksi, sekarang Anda klik pilih Format yang ada di menu Home. Kemudian hilangkan status aktif pada Lock Cell dengan cara Anda klik saja satu kali pada Lock Cell. Jika Lock Cell ini aktif maka nantinya ketika kita membuat proteksi secara keseluruhan di Excel maka akan semua Cell jadi terkunci.

Cara Proteksi Cell Tertentu Di Office Excel (2)

Setelah menonaktifkan Lock Cell sekarang Anda klik satu kali lagi Format yang berada di menu Home. Anda lihat sekarang apakah status Lock Cell masih aktif atau tidak untuk Cell yang terpilih? Jika sudah ok sekarang Anda klik pilih Protect Sheet.

Cara Proteksi Cell Tertentu Di Office Excel (3)

Sekarang waktunya untuk membuat proteksi pada lembar Sheet yang sedang kita kerjakan. Hilangkan centang/checklist pada Select locked cells atau yang dicentang hanya pada Select unlocked cells saja. Tentukan kata sandi (password) yang ingin dibuat pada kegiatan praktik ini lalu klik OK dan buat satu kali lagi kata sandinya.

Cara Proteksi Cell Tertentu Di Office Excel (4)

Silakan dicoba apakah semuanya sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan atau belum? Jika masih salah atau gagal, silakan ulangi lagi caranya dari awal. Dan mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuat Proteksi Cell Tertentu Di Office Excel. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *