Home / Microsoft Office / Cara Proteksi Memberi Password Pada Microsoft Visual Basic Application (VBA) Excel

Cara Proteksi Memberi Password Pada Microsoft Visual Basic Application (VBA) Excel

Cara Proteksi Visual Basic Application Excel – VBA atau Visual Basic for Application adalah bahasa pemrograman  yang dibuat khusus oleh Microsoft untuk dapat digunakan demi meningkatkan kemampuan aplikasi yang dibuat oleh Office. VBA ini sebetulnya bukan hanya terdapat pada Office Excel saja. VBA dapat kita temukan juga di Office Word, Office Access, dan Office Power Point. Bahasa sederhananya VBA pada Office adalah sebuah program yang berisi serangkaian perintah untuk mengatur beberapa jenis aspek pada Office itu sendiri. Hal ini demi membuat pekerjaan di Office menjadi lebih efektif dan efesien.

Baca Juga : Cara Proteksi Cell Tertentu Di Office Excel Agar Tidak Bisa Di Edit Orang Lain

Terkadang demi keamanan, kita perlu mengunci halaman Visual Basic Office agar tidak bisa dibuka oleh orang lain. Apapun pekerjaan yang kita buat melalui halaman Visual Basic Office maka sebaiknya Anda proteksi.

cara-proteksi-visual-basic-application-excel-1

Tentunya jika halaman Visual Basic Office kita beri password maka orang lain tidak akan bisa membuka bahkan melihat serangkaian kode yang telah kita atur sedemikian rupa. Sangat disayangkan jika aplikasi atau pekerjaan yang susah-susah kita buat namun oleh orang lain seenaknya diubah kode-kodenya. Oleh karena itu silakan anda kunci saja halaman Visual Basic dengan kata sandi yang sulit ditebak orang lain.

Berikut Cara Memberi Proteksi Visual Basic For Application (VBA)

Dalam contoh kali ini saya akan memberikan contoh pada Office Excel. Karena Office Excel paling banyak digunakan orang-orang untuk membuat aplikasi seperti aplikasi raport, aplikasi buku induk, aplikasi perkantoran, dan sebagainya.

Sebetulnya tidak sulit juga untuk memberi proteksi pada Visual Basic Office Excel. Kita tidak perlu menggunakan kode khusus, karena fitur proteksi ini sudah disediakan secara default oleh Microsoft. Sedangkan kita tinggal mengaktifkannya saja.

Baca Juga : Cara Memberi Proteksi File Dokumen Word Agar Tidak Bisa Diedit Orang Lain

Ketika kita telah membuat aplikasi tertentu di Office Excel biasanya agar data di Excel tidak bisa di edit orang lain maka kita proteksi. Namun tetap saja proteksi tersebut masih bisa dibobol orang lain dengan membuka proteksinya meskipun orang lain tidak tahu kata sandinya. Tapi biasanya orang lain ketika ingin membobol proteksi Office Excel akan masuk ke halaman Visual Basic untuk membenamkan koding pada Module VBA. Nah jika halaman VBA kita proteksi maka orang lain yang ingin membobol data Office Excel jadi tidak bisa melakukannya.

Silakan untuk memberikan proteksi pada VBA Office Excel Anda buka halaman VBA dengan cara cepat saja yaitu menekan Alt+F11 pada keyboard. Setelah jendela VBA aktif, Anda klik kanan pada Workbook yang ingin di proteksi lalu klik pilih VBAProject Properties.

cara-proteksi-visual-basic-application-excel-2

Pada jendela VBAProject Properties silakan Anda klik tab Protection. Centang/checklist pada Lock project for viewing lalu buat kata sandi yang sulit ditebak orang lain pada kolom Password to view project properties.

cara-proteksi-visual-basic-application-excel-3

Anda Save Project Excel dan Close lalu buka lagi halaman VBA Office Excel. Ketika Anda akan melakukan perubahan apapun maka akan diminta untuk memasukkan Password. Dengan begitu hanya Anda sajalah sekarang yang dapat mengendalikan VBA tersebut.

cara-proteksi-visual-basic-application-excel-4

Bagaimana mudah bukan? Mungkin hanya itu saja artikel singkat tentang Cara Proteksi Visual Basic Application Excel. Meskipun artikel ini singkat, namun semoga saja ada manfaatnya bagi yang membutuhkan. Salam sukses selalu!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. sorry gan oot, ane bingung download visual basic dimana sih?kok download ga berhasil mulu, padahal ane pingin banget make visual basic ini, tolong bantu gan

    • Aneh gan, padahal dengan kata kunci “download visual basic” saja di Google banyak yang share. Saya juga sering download VBA dengan kata kunci itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *