Home / WordPress / Cara Redirect Halaman Error 404 WordPress

Cara Redirect Halaman Error 404 WordPress

Cara Redirect Halaman Error 404 WordPress – Menurut saya redirect halaman error 404 itu penting. Apa itu redirect ? Redirect adalah sebuah pengalihan. Artinya jika kita melakukan pengaturan redirect dihalaman tertentu, maka setiap mengunjungi halaman tersebut akan dialihkan ke halaman lain yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam hal ini kita akan melakukan redirect halaman error 404. Kita alihkan tampilan halaman error 404 tersebut ke halaman lain seperti, Beranda, Daftar Isi, dan lain-lain.

Baca Juga : Segera Amankan 5 Direktori Penting WordPress

Pada artikel sebelumnya, saya sudah pernah membahas memodifikasi tampilan halaman error 404. Namun pada artikel tersebut tidak diterangkan cara redirect halaman. Pada artikel tersebut hanya menekankan pada modifikasi tampilan halaman error 404. Dengan maksud, jika ada yang sengaja atau tidak sengaja masuk ke halaman error 404 dia bisa memilih daftar artikel yang disajikan. Karena memang, dalam artikel tersebut diterangkan cara modifikasi tampilan error 404 menjadi halaman daftar isi blog/web.

Apa Yang Dimaksud Dengan Halaman Error 404 ?

Halaman error 404 menurut hemat saya pribadi adalah sebuah halaman untuk menampilkan halaman kesalahan. Banyak faktor dari kesalahan ini, bisa karena salah dalam menulis alamat URL, bisa juga karena URL yang dituju sudah dihapus oleh pemilik blog/web, atau mungkin sudah dipindahkan ke URL baru. Kesimpulannya adalah ketidaksesuaian alamat URL yang diketik sama yang dituju.

Halaman error 404 ini biasa disebut dengan halaman broken link. Artinya sama saja, hanya beda istilah. Dan secara default halaman error 404 ini yang tampil adalah kata-kata seperti “Sorry ! Page Not Found” atau “Error 404 Not Found”.

Tentunya jika pengunjung menemukan masalah seperti ini di blog/web yang ditujunya dia akan kesal. Kemungkinan mereka akan menutup cepat halaman blog/web tersebut. Karena artikel yang dicarinya ternyata tidak ditemukan.

Apa Pengaruh Dari Halaman Error 404 ?

Selanjutnya jika terlalu banyak atau terlalu sering terdapat broken link disuatu blog/web karena beberapa faktor ini akan berakibat jelek pada SEO. Dan ini akan terlihat beberapa link yang bermasalah tersebut di Google Webmaster Tools. Tepatnya di menu Crawl>Crawl Errors.

redirect halaman error 404 1

Dengan demikian kita sebagai pengelola blog/web harus segera mengatasinya. Dalam hal ini banyak cara untuk menanggulangi masalah tersebut. Dengan menggunakan beberapa Plugin untuk memenuhi kebutuhan tersebut atau dengan menggunakan trik khusus tanpa menggunakan Plugin.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan redirect halaman error 404 ke halaman blog/web yang benar. Bisa diarahkan ke Beranda atau halaman lain, asal jangan ada unsur menipu pengunjung.

Bagaimana Cara Redirect Halaman Error 404 ?

Sesudah melakukan perbaikan di Google Webmaster Tools pada menu Crawl>Crawl Errors dengan melakukan Mark as Fixed selanjutnya lakukan perbaikan juga di blog/web Anda. Disini saya memberi contoh pada blog WordPress, karena untuk CMS lain ma’af saya tidak tahu caranya.

Pertama silakan buka file 404.php WordPress pada tema yang digunakan. Bisa melalui wp-admin dashboard atau melalui cPanel public public_html>wp-content>themes>namatheme>404.php. Selanjutnya sisipkan kode refresh berikut didalamnya :

<meta http-equiv="refresh" content="1; url=http://info-menarik.net/daftar-isi/" /></meta>

Didalam kode refresh diatas saya menentukan lama redirect halaman selama 1 detik yaitu pada  content="1; dan URL yang dituju atau dialihkan ke halaman daftar isi blog ini. Silakan Anda sesuaikan lagi parameternya dengan kebutuhan masing-masing.

Lalu tepatnya dimana kode refresh diatas ditempatkannya ? Jika halaman error 404 blog/web Anda tidak dimodifikasi lagi dengan header, footer, sidebar, maka hapuslah semua kode yang ada lalu gantikan dengan kode refresh diatas. Namun jika sebaliknya, artinya ada tampilan-tampilan fitur lainnya maka kode refresh diletakkan diantara <head> serta </head>

Mungkin hanya itu saja tulisan ini yang semoga ada manfa’at positifnya bagi yang benar-benar membutuhkan. Terutama yang bingung cara mengatasi broken link yang muncul di Google Webmaster Tools. Dan jika saya menemukan cara lain yang lebih praktis, Insya Allah akan saya share lagi di blog ini.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

28 comments

  1. kalau blog saya sudah ada desain dari templatenya mas, jadi ndak perlu report-report lagi, tapi perlu juga ni dipelajari, mana tahu ganti thema nya :D

  2. bermamfaat sekali untuk diketahui pengguna wordpress :)
    salam blogwalk

  3. kalau punya saya jika ada halaman 404 eror saya tandai sebagai sudah di perbaiki,,, soalnya gak begitu mudeng,,, heheheh

    • Tidak cukup di halaman Webmaster Tools saja mas. Karena inti masalahnya ada diblog, jadi bloglah yang harus diperbaiki. Kata senior-senior gitu … :)

  4. panduannya untuk wordpres ya mas.. tak bisa diterapkan diblog saya ya mas..

  5. Setelah saya cek pada Webmaster blog saya, ternyata ada dua halaman yang error, dan sudah saya perbaiki dengan langkah Mark as Fixed. Apa setelah me-Mark as Fixed ini perlu tambahan cara lain?

    • Setelah melakukan perbaikan di GWMT, perbaiki juga link di blog mas. Tapi jika memang link tersebut sudah dihapus diblog, maka ajukan Hapus URL di GWMT.

  6. Kunjungan malam ….Mantap artikelnya Sob, selain itu kita juga hrs rajin meriksa broken link ya :D

  7. makasih mas Cara Redirect Halaman Error 404 ini, kadang suka muncul di blog, ada solusi cara mengatasinya, sipp

    • Cara mengatasinya mungkin jangan pernah merubah Judul, Permalink, Tag, Kategori, atau menghapusnya. Karena error 404 ini intinya adalah kesalahan dalam mengakses URL.

  8. bermamfaat skiranya bagi pengguna wordpresss

  9. Kebetulan ada juga themes wp yang sudah mendukung error 404 saya. Tema saya sendiri memiliki halaman error 404 modifikasi.

  10. trimakasih gan, tipsnya berhasil, barusan saya praktekan di blog saya. jangan lupa cek gan . nice infonya

  11. saya cek di webmaster eror 404 saya lumayan banyak. klo pake plugins bisa g ya? atau ada rekomendasi plugins untuk mengatasi eror 404 ?

    • Pada dasarnya adanya Error 404 karena saat search engine crawl link tersebut tidak ditemukan. Mungkin karena broken link, link dihapus, dipindahkan, dsb. Atau mungkin saja server web sedang down. Solusinya cari dulu penyebab adanya error 404 tersebut!

  12. saya coba pasang kode htmlnya dibawah dan 404 saya arahankan ke homepage tapi begitu saya klik link broken nya malah homepage refresh terus alias loading terus berulang2. Ada solusi ngk ? mksh coba di cek http://www.bisnisonline9 dot com

    • Saya sudah cek blognya tapi sama sekali script redirectnya tidak ada mas? Apa sudah dicopot?

      • sudah ku copot tadi mas…refress terus sih..sepertinya scripnya ngk support dgn tema saya, atau mungkin msh lom tepat cara pasangnya ? sekarang saya coba pakai plugin tp hasilnya lom nampak lagi karena saya belum audit lagi.
        Duuhh puyeng aku mas…error warning css dan htmlnya blog saya sampai 28…minta kontack email nya mas..mau konsult dl nih…bloeh ngak ?

  13. wow sangat menarik sekali …dan ini sangatlah membantusaya dalam mengatsi website yang error redirect, saya akan menshare ilmu yang bermanfaat ini demi sebuah artikel yangg berisikan artikel

  14. Mas Kalo saya ingin agar url yang saya rubah manakala di klik yang tadinya error 404 berpindah ke url yang dirubah dari url yang sebelumnya.gimana caranya?
    Misalnya cara-membuat-artikel-menarik/ karna dirubah urlnya jadi cara-menjadikan-artikel-lebih-menarik/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *