Home / Pendidikan / Cara Registrasi Calon Peserta UKG 2015 Kemenag Melalui Simpatika

Cara Registrasi Calon Peserta UKG 2015 Kemenag Melalui Simpatika

Cara Registrasi Calon Peserta UKG 2015 – Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) tidak hanya untuk Sekolah Kemendiknas saja. Namun bagi setiap Madrasah se-Indonesia wajib juga melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG). Hal ini Guru Madrasah harus melakukan registrasi secara online melalui Simpatika.

Baca Juga : Yang Dimaksud Dengan Uji Kompetensi Guru (UKG)

Pelaksanaan UKG bagi Guru Madrasah diawali dengan adanya Surat Edaran dari Dirjen Pendis Kemenag. Surat ini yang bernomor Dj.I/HM.01/3319/2015 menyatakan bahwa pelaksanaan UKG Guru Madrasah akan dimulai pada tanggal 11 Desember 2015.

Hendaknya setiap Guru Madrasah baik PNS maupun Non-PNS (GTY) agar melakukan registrasi melalui aplikasi layanan Simpatika Online Kemenag. Proses pendaftaran ini akan ditutup pada tanggal 04 Desember 2015.

Guru Madrasah bisa melakukan registrasi online melalui layanan Simpatika Online Kemenag menggunakan akun Simpatika masing-masing. Akun Simpatika ini masih sama ketika Guru Madrasah menggunakan aplikasi layanan Padamu Negeri. Yaitu menggunakan NUPTK, PegID, Email dan Kata Sandi (Password).

Adapun alur pelaksanaan Peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) khusus untuk Guru Madrasah Kemenag adalah sebagai berikut :

Registrasi Calon Peserta UKG

Berikut Cara Registrasi Calon Peserta UKG 2015 Guru Madrasah Kemenag

Proses registrasi online melalui aplikasi layanan Simpatika ini sudah dimulai sejak tanggal 26 Nopember 2015 dan akan ditutup pada tanggal 04 Desember 2015. Maka dari itu bagi Guru Madrasah yang hingga saat ini belum melakukan registrasi agar secepatnya melakukan registrasi. Dan juga sebagai syarat untuk mengikuti UKG adalah Guru Madrasah harus mencetak Kartu Digital keaktifan PTK pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016.

Untuk melakukan registrasi Uji Kompetensi Guru di aplikasi layanan Simpatika Online Kemenag adalah sebagai berikut :

Pertama silakan login menggunakan akun PTK masing-masing melalui layanan simpatika.kemenag.go.id. Caranya Anda bisa melihat artikel sebelumnya Cara Daftar Dan Login Simpatika Online Kemenag Terbaru Terlengkap.

Kemudian Anda klik pilih aplikasi LAYANAN SIMPATIKA PTK.

cara-registrasi-calon-peserta-ukg-2015-kemenag-melalui-simpatika-2

Perlu diketahui bahwa proses registrasi online UKG di layanan Simpatika akan otomatis ditampilkan ketika Anda selesai login menggunakan akun individu PTK. Hal ini khusus bagi status Guru Madrasag dibawah naungan Kemenag dan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) naungan Kemendikbud status bintang 4 aktif. Guru Madrasah dan Guru PAI PNS maupun Non-PNS yang mengajar di Madrasah Negeri atau Swasta, telah Sertifikasi atau belum Sertifikasi.

Khusus bagi Guru Madrasah yang sudah bersertifikat Sertifikasi dan telah VerVal NRG maka ketika login di Simpatika akan otomatis terdaftar sebagai calon peserta UKG. Artinya Guru Madrasah yang telah Sertifikasi tidak lagi harus melakukan registrasi UKG. Untuk melihat info lengkapnya, silakan klik pilih Detil UKG.

cara-registrasi-calon-peserta-ukg-2015-kemenag-melalui-simpatika-3

Dan nanti Anda akan diantarkan ke halaman Info UKG yang berisi Info Detil Peserta UKG 2015/2016.

cara-registrasi-calon-peserta-ukg-2015-kemenag-melalui-simpatika-4

Untuk Guru Madrasah yang telah Sertifikasi namun belum melakukan VerVal NRG maka silakan klik pilih Pendidik (guru) pemilik sertifikasi. Kemudian tentukan Tahun Sertifikasi dan pilih juga MaPel Sertifikasi.

cara-registrasi-calon-peserta-ukg-2015-kemenag-melalui-simpatika-5

Bagi Guru Madrasah yang belum Sertifikasi silakan dipilih saja Pendidik (guru) belum sertifikasi. Kemudian pilih juga MaPel UKG sesuai dengan kualifikasi Akademik Anda.

cara-registrasi-calon-peserta-ukg-2015-kemenag-melalui-simpatika-6

Jika Anda sudah selesai mengisi kolom registrasi calon peserta UKG maka akan ditampilkan otomatis INFO DETIL PESERTA UKG 2015/2016. Jika ingin melakukan perubahan data, silakan Anda klik pilih Edit Data.

cara-registrasi-calon-peserta-ukg-2015-kemenag-melalui-simpatika-7

Untuk Pendidik atau Guru Pendidikan Agama naungan Kemendikbud yang belum Sertifikasi, maka akan otomatis didaftarkan sebagai calon Peserta UKG. Kompetensi UKG berdasarkan pilihan MaPel Utama pada Portofolio masing-masing yang sudah ditentukan ketika di Padamu Negeri. Silakan klik pilih Detil UKG untuk melihat info selengkapnya.

cara-registrasi-calon-peserta-ukg-2015-kemenag-melalui-simpatika-8

Kabarnya untuk kepastian jadwal serta lokasi UKG tahun 2015/2016 akan diinformasikan selanjutnya setelah tanggal 04 Desember 2015. Dengan begitu sekarang Anda masih bisa melakukan registrasi dan melakukan Edit Data jika ditemukan kekeliruan registrasi.

Mungkin hanya itu saja Cara Registrasi Calon Peserta UKG 2015 melalui aplikasi layanan SIMPATIKA. Cara registrasi ini khusus bagi Guru Madrasah naungan Kemenag.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *