Home / EPS-Topik Korea / Cara Reset dan Merubah Password Akun EPS-Topik

Cara Reset dan Merubah Password Akun EPS-Topik

Cara Reset dan Merubah Password Akun EPS-Topik – Jika CTKI sudah daftar dan menjadi member di EPS-Topik, maka rajin-rajinlah untuk selalu mengeceknya. Karena dari data itulah Anda bisa mengetahui perkembangan data sending Anda. Namun seandainya bagaimana kalau akun EPS-Topik Anda tiba-tiba tidak bisa diakses? Disebabkan Anda lupa password untuk login. Atau kemungkinan ada orang yang berhasil login dengan akun Anda. Sehingga kesimpulannya Anda sama sekali tidak bisa login di EPS-Topik.

Baca Juga : Cara Daftar Dan Menjadi Member EPS-Topik

Kalau kasus Anda demikian seperti yang sudah saya terangkan diatas, Anda tidak perlu panik. Karena lupa password akun EPS-Topik bisa direset kembali kepengaturan awal. Selain itu, password EPS-Topik bisa Anda rubah dengan alasan sebagai keamanan.

Namun sebelum menginjak keinti permasalahan, sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu data-data berikut :

  1. Nomor EPS-Topik atau Nomor Ujian. Nomor ujian ini terdiri dari 16 digit yang diterbitkan ketika hasil kelulusan ujian EPS-Topik diumumkan;
  2. Nomor KTP, dan sebaiknya gunakan Nomor KTP yang sesuai dengan ketika daftar Ujian EPS-Topik. Jika ketika daftar Ujian EPS-Topik menggunakan Nomor Pasport, gunakan Nomor Papsort;
  3. Alternatif lain jika pada point 1 tidak ada, maka Anda bisa menggunakan Tanggal Lahir;
  4. Untuk reset password, Anda harus mempunyai alamat email yang masih aktif. Karena nanti hasil reset password, tim EPS akan mengirimkannya ke alamat email Anda yang diinput ketika reset password.

Baiklah, jika semua data-data diatas sudah siap sekarang mari kita praktekkan cara reset akun EPS-Topik. Anda masuk ke web www.eps.go.kr/in/index.jsp dan klik FindID/PW.

Reset dan Merubah Password Akun EPS-Topik 1

Dalam pencarian ID/PW (reset password) disediakan 2 opsi. Pencarian ID/PW (tanggal lahir + nomer paspor atau nomer kartu identitas).

Reset dan Merubah Password Akun EPS-Topik 2

Dan Pencarian ID/PW (EPS-TOPIK ID + nomer paspor atau nomer kartu identitas Negara). Disini saya akan memberi contoh dalam reset password akun EPS dengan menggunakan Nomor EPS dan Nomor KTP. Tapi pada dasarnya masih sama saja dengan cara reset password menggunakan Tanggal Lahir dan Nomor KTP.

Sebelum melakukan reset password, sebaiknya lakukan dulu pencarian Identitas Diri, untuk cek data anda yang diinput apakah benar atau tidak. Silahkan isi form yang disediakan, pada form EPS-TOPIK* dan nomer paspor atau nomer kartu identitas Negara*. Lalu klik pencarian Identitas Diri, maka jika benar Anda sudah terdaftar di EPS, pada form Login ID akan muncul ID Login Anda.

Reset dan Merubah Password Akun EPS-Topik 3

Selanjunya isi form pada opsi pencarian kata kunci (password). Login ID* (isi dengan ID Login/Username Anda), EPS-TOPIK* dan nomer paspor atau nomer kartu identitas Negara*. Lalu klik pencarian kata kunci.

Reset dan Merubah Password Akun EPS-Topik 4

Sekarang Anda akan dihadapkan pada halaman Reset Sandi, disitu Anda akan diminta untuk input alamat email. Karena tim EPS akan mengirimkan password sementara ke alamat email yang Anda masukkan. Silahkan input nama email Anda yang masih aktif/yang bisa diakses, dan pilih domain email yang Anda gunakan pada list yang tersedia (hanya yang direkomendasikan saja).

Reset dan Merubah Password Akun EPS-Topik 5

Contoh saya pilih domain gmail dan nama emailnya hanya ([email protected]). Lalu klik OK, tunggu beberapa saat dan tim EPS akan mengirimkan password sementara ke alamat email Anda.

Reset dan Merubah Password Akun EPS-Topik 6

Silahkan buka email Anda, dan perlu Anda ketahui diantara domain email yang direkomendasikan oleh tim EPS seperti domain gmail, pesan yang isinya password sementara sering dianggap sebagai Spam oleh domain gmail. Maka untuk itu, jika Anda tidak menemukan balasan email dari tim EPS yang isinya password sementara pada Inbox/kotak masuk, maka hendaknya periksa juga folder Spam.

Reset dan Merubah Password Akun EPS-Topik 7

Berikut contoh kiriman pesan dari tim EPS yang isinya password sementara untuk login di akun eps.go.kr :

Reset dan Merubah Password Akun EPS-Topik 8

Sudah tidak sabar ? Silahkan sekarang Anda bisa mencobanya login pada halaman eps.go.kr dengan User ID Anda dan Password baru Anda.

Selanjutnya jika Anda ingin merubahnya password yang dikirim dari tim EPS dengan password kesukaan Anda, setelah berhasil login di eps.go.kr silahkan pergi ke menu keanggotaan halaman saya.

Reset dan Merubah Password Akun EPS-Topik 9

Pada form Ubah Sandi silahkan isi formnya dengan lengkap. Sandi Sekarang* (password yang dikirim dari tim EPS ke email Anda tadi), Sandi Baru* (password yang Anda inginkan), dan Konfirmasi Sandi Baru* (ketik lagi password Anda yang diinginkan/samakan dengan form ke-2). Terkahir klik OK dan selesai.

Reset dan Merubah Password Akun EPS-Topik 10

Demikian Cara Reset dan Merubah Password Akun EPS-Topik dan semoga dapat membantu khususnya CTKI yang ingin bekerja di negara Korea Selatan. Salam berbagi.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

10 comments

  1. kak mau nanya kalau dataku bener” tdak bsa d akses karna id dan pasword srta no ktp d gnti semua dgn orang lain trus gmna kak?

    • ID dan Nomor KTP tidak mungkin bisa dirubah. Keduanya itu paten akan tersimpan di database EPS-Topik. Yang bisa dirubah hanya password akun saja. Lalu selain itu kita bisa melakukan pindah data dari data lama ke data yang isinya perubahan Nomor Registrasi EPS-Topik seperti yang sudah saya tulis disini.

  2. Minta pencerahan mash, saya exs tki korea udah lulus eps topik cbt dah kirim data sending dan sudah buat id di eps.go.kr data lulus nilai ada semua tapi di bagian kepulangan sukarela kok no data dan bagian issue certificat of career no data trus di setatus tki purna no data ,temen saya sama sama exs tki datanya ada semua saya sediri tidak pernah ilegal di korea dan setatus kemajua imigrasi udah dikirim sudah tiga bulan belum disetujui mohon solusinya apasebabnya mas

    • Ma’af mas untuk masalah ini saya tidak bisa membantu. Coba mas konsultasikan langsung dengan petugas BNP2TKI bagian Penempatan.

  3. Pada akun eps ID saya tdk muncul ketika klik tombol “pencarian identitas diri”pdhal nmr ujian eps& nik KTP sdh sy isi dg bnr..solusinya dong?

    • Kalau data sudah benar semua seharusnya sudah tidak ada masalah lagi mas. Mas coba menggunakan web browser Internet Explorer.

  4. Mas akun sya tdk bisa di buka pas cari id itu ketemu tpi pas cari pw tdk bisa dia lakihkan ke reset pw tpi tulisan yng muncul hanya id sudah terdaftar dan tdiak bisa reset pw….itu gmana solusinya

    • Coba menggunakan browser lain, misal Firefox, Google Chrome, atau Opera Mini. Mungkin saja masalahnya ada di browser yang digunakan.

  5. mas saya ingin menanyakan masalah saya ,,saya sudah ujian sampe sekarang sudah lewat masa belaku sertifikatnya tidak b;erangkat dan taun kemare;n saya ikut ujian lg dan lulus apakah kalo saya memindah akun eps akan ada dampak restrek pak mohon dibantu

    • Sebaiknya dan seharusnya mas memang harus pindah data EPS-Topik di akun EPS. Sertifikat yang pertama kan sudah tidak berlaku lagi dan sekarang datanya ganti dengan data yang baru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *