Home / Teknologi / Inilah Cara Mudah Dan Cepat Reset Printer EPSON L800 (Download Resetter)

Inilah Cara Mudah Dan Cepat Reset Printer EPSON L800 (Download Resetter)

Cara Reset Printer EPSON L800 – Ketika printer mogok kerja ditandai dengan LED power dan reset menyala secara bergantian memang sangat menyebalkan. Penyakit ini umumnya atau lebih dikenal lagi dengan sebutan blinking dan memang jika printer ngadat (blinking) sama sekali printer tersebut tidak bisa digunakan. Mungkin kita beranggapan kalau printer tersebut harus dibawa ke tukang servis. Tunggu dulu! Sebelum Anda membawa printer blinking ke tukang servis seperti printer EPSON L800 maka sebaiknya Anda selesaikan dulu membaca artikel ini. Karena disini saya akan membagikan trik praktis dan sudah terbukti ampuh kalau cara ini bisa menyelesaikan permasalahan blinking tersebut. Printer blinking solusi satu-satunya kita perlu reset printer agar bisa kembali dijalankan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking & Reset)

Sebelum kita bahas ke cara reset printer atau kasus blinking ini mari kita ketahui dulu kenapa printer harus direset atau bisa terjadi blinking? Memang setiap printer pasti akhir-akhirnya akan minta direset. Hal ini disebabkan jumlah batas kuota pencetakan printer sudah melampui batas (overload). Batas-batas pencetakan printer ini sebelumnya sudah ditentukan oleh pembuat printer (vendor).

Kasus blinking printer memang sudah menjadi rahasia umum bahwa printer sewaktu-waktu akan minta direset ulang. Batas pencetakan pada printer ini biasanya dihitung berdasarkan jumlah hasil print out dimana perhitungan akan terekam dalam sebuah chip EEPROM mainboard printer.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Printer Error 0x00000709 Dan Tidak Bisa Set Default

Kenapa pihak pembuat printer harus merekam batas perhitungan pencetakan tersebut hingga pada akhirnya printer harus direset? Kita pikir hanya akan membuat ribet saja. Alasannya pihak pembuat printer mempunyai maksud untuk menjaga printer dari kelebihan tinta yang di luar daya tampung bak pembuangan tinta. Agar nantinya tinta tidak meluber yang bisa menyebabkan kerusakan printer akibat hubungan pendek listrik dan sebagainya.

Apalagi jika printer tersebut menggunakan sistem infus yang setiap printer dinyalakan akan melakukan cleaning tinta. Namun tahukan Anda, hal ini akan tetap terjadi walaupun printer infus kita modifikasi lagi dengan membuat tabung buangan tinta. Dengan maksud agar buangan tinta (bantalan) bawaan printer tidak akan kepenuhan tinta. Printer infus dengan modif tabung pembuangan tintapun akan tetap minta direset. Karena pada intinya sistem blinking printer bukan disebabkan karena bak buangan tinta penuh. Hal ini akan terjadi berdasarkan perhitungan jumlah pencetakan (print out) printer.

Baca Juga : Inilah Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer HP LaserJet P1102 Yang Tipis Sebelah

Apapun penyebabnya hingga printer minta direset maka kita perlu meresetnya agar printer bisa dijalankan kembali dengan normal. Perlu Anda ketahui kalau printer blinking itu bahwa printer tidak rusak. Ini hanya permainan sistem software saja dan dengan software resetter hal ini bisa terselesaikan.

Disini saya akan berbagi cara reset printer EPSON L800 lengkap dengan software resetternya. Printer EPSON L800 ini dirancang khusus untuk keperluan cetak foto ditandai dengan memiliki tabung tinta enam warna (Cyan, Magenta, Yellow, Light Magenta, Light Cyan, dan Black). Mungkin printer EPSON L800 adalah generasi penerus setelah printer EPSON R230.

Cara Reset Printer EPSON L800 0

Printer EPSON L800 adalah printer yang sudah dilengkapi dengan sistem teknologi CISS (Continue Ink Suply System) atau lebih dikenal lagi dengan sebutan Infus. Dengan begitu tinta harus digunakan printer EPSON L800 adalah harus tinta Genuin EPSON/Original.

Berikut Cara Reset Printer EPSON L800 Dengan Mudah dan Cepat

Tidak sulit untuk reset printer EPSON L800. Saya prediksi kurang dari dua menit reset printer EPSON L800 karena blinking akan selesai dan printer dapat kembali digunakan seperti biasanya. Namun sebelum Anda melanjutkan cara ini, sebaiknya Anda download dulu software resetter EPSON L800 terlebih dahulu.

Jika software resetter EPSON L800 sudah Anda download silakan di ekstrak dan lakukan langkah-langkah berikut :

Nyalakan printer EPSON L800 blinking dan pastikan kalau driver EPSON L800 sudah terpasang dengan benar di komputer. Klik ganda (double klik) atau jalankan software resetter EPSON L800 yang sudah Anda download tadi dengan klik pilih AdjProg.exe. Setelah software resetter terbuka dengan benar, silakan klik pilih lagi Accept.

Cara Reset Printer EPSON L800 1

Disini Anda hanya cukup memilih Particular adjustment mode.

Cara Reset Printer EPSON L800 2

Dan disinipun tidak banyak langkah yang harus di klik, Anda cukup memilih Waste ink pad counter kemudian klik pilih OK.

Cara Reset Printer EPSON L800 3

Nah ini adalah langkah penentuan untuk melakukan reset printer EPSON L800. Disini Anda bisa mengecek dulu jumlah countre atau jumlah print out yang selama ini telah Anda lakukan apakah sudah melebih batas kuota yang ditentukan atau tidak. Silakan centang/checklist pada Main pad countre dan Platen pad countre kemudian klik pilih Check, lihat hasilnya. Jika printer EPSON L800 memang blinking maka disitu akan terlihat jumlah pencetakan yang melebihi. Maka Anda saat ini harus mereset printer EPSON L800 tersebut.

Untuk mereset printer EPSON L800 jika sudah kita ketahui jumlah countrenya, silakan Anda centang/checklist lagi pada Main pad countre dan Platen pad countre kemudian klik pilih Initialization. Software akan mereset ulang jumlah perhitungan cetak atau countre akan kembali ke semula (nilai 0).

Cara Reset Printer EPSON L800 4

Sekarang software resetter tersebut akan memerintah Anda untuk melakukan restart printer. Silakan matikan dulu printer EPSON L800 dan keluarkan software resetter dari layar kerja komputer. Nyalakan lagi printer dan lihat hasilnya apakah sekarang LED printer EPSON L800 masih menyala secara bergantian? Jika langkah-langkah diatas Anda benar melakukannya maka sekarang printer EPSON L800 sudah bisa Anda jalankan seperti biasa. Itu artinya blinking printer EPSON L800 sudah dapat disembuhkan.

Mungkin hanya itu saja tulisan tentang Cara Reset Printer EPSON L800. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan masalah blinking printer EPSON L800 Anda dapat segera diatasi tanpa harus membawa printer ke tukang servis. Hal ini tentunya akan lebih menghemat pengeluaran Anda.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *