Home / Photoshop / Cara Resize Foto 100+ Dalam Hitungan Detik Di Photoshop

Cara Resize Foto 100+ Dalam Hitungan Detik Di Photoshop

Cara Resize Foto 100+ Dalam Hitungan Detik Di Photoshop – Memperkecil ukuran foto biasa disebut dengan resize. Kenapa foto perlu diperkecil lagi ukuran atau sizenya? Itu bisa terjadi karena memori untuk menyimpan foto tidak cukup menampung foto yang akan kita simpan. Contoh lainnya, ketika kita ingin menulis artikel tutorial di blog yang harus menyisipkan foto sebagai penjelas tutorial. Hal ini resize perlu dilakukan terutama blog domain self hosting dimana space hosting yang kita sewa sangat terbatas. Sebelum foto kita upload ke website atau blog sebaiknya kita lakukan resize foto untuk menghemat space hosting bahkan efeknya bisa menambah kecepatan loading blog.

Baca Juga : Cara Cepat Membuat Foto Hitam Putih Di Photoshop

Cara resize foto jika kita cari di internet saya yakin sudah banyak yang membahasnya. Baik cara resize foto secara online atau cara resize foto secara offline. Sayapun pada artikel sebelumnya pernah menulis cara resize foto atau gambar di Photoshop. Jika memang saya sudah pernah menulis artikel tersebut, kenapa sekarang ditulis lagi? Tentunya berbeda dengan cara yang sudah saya bahas pada artikel terdahulu. Bedanya terletak pada jumlah foto yang akan kita resize atau rubah ukurannya. Dulu saya memberi contoh resize gambar prosesnya hanya satu-persatu saja. Untuk yang akan saya bahas pada artikel saat ini adalah, cara resize 100 foto lebih dan proses pengerjaannya hanya dalam hitungan detik saja.

Berikut Cara Resize Foto 100+ Hanya Dalam Hitungan Detik Saja

Resize foto sekaligus dalam jumlah yang banyak bisa kita lakukan dengan bantuan Program Adobe Photoshop. Kemudian resize foto tidak terikat dengan versi Photoshop yang kita gunakan. Kita menggunakan versi Photoshop berapapun, tetap saja resize foto bisa dilakukan. Disini saya menggunakan Photoshop CS3.

Sebelum kita praktek ke cara resize foto yang jumlahnya banyak, kita harus mengumpulkan foto terlebih dahulu kedalam satu folder. Foto yang dikumpulkan kedalam folder tersebut jumlahnya bebas, mau sedikit atau banyakpun tidak masalah.

Sekarang buka program Adobe Photoshop yang sudah terpasang di komputer atau laptop kita. Kemudian kita klik menu File > Scripts > Image Processor… Lebih jelasnya lagi bisa Anda lihat contoh gambar di bawah ini :

Cara Resize Foto 100+ Dalam Hitungan Detik Di Photoshop 1

Berikut adalah kotak dialog dari Image Processor. Tool Photoshop yang satu ini bisa kita manfa’atkan untuk resize foto dalam jumlah banyak tanpa harus resize satu-persatu.

Cara Resize Foto 100+ Dalam Hitungan Detik Di Photoshop 2

Sebelum dilanjut pembahasannya, mari kita pelajari dulu fungsi dari masing-masing tool yang terdapat dalam Image Processor.

  1. Select the images to process : Berfungsi untuk mengambil foto atau gambar yang sudah kita satukan dalam satu folder yang kemudian foto tersebut akan kita resize. Untuk mengambil foto yang sudah kita satukan dalam satu folder tersebut, kita klik Select Folder…
  2. Select location to save processed images : Ini fungsinya untuk menentukan lokasi penyimpanan foto atau gambar hasil resize. Jika kita tidak ingin menentukan foto hasil resize kedalam folder baru, kita pilih Save in Same Location. Artinya jika kita memilih ini, maka ketika nanti foto atau gambar sudah kita resize, maka akan tersimpan dalam folder awal atau tempat gambar belum diresize.
  3. File Type : Ini untuk menentukan tipe file atau gambar yang akan kita resize. Disini tersedia cuma tiga pilihan tipe file saja, yaitu format JPEG, PSD, dan TIFF. Dari masing-masing file type terdapat settingan khusus untuk menentukan kualitas gambar dan ukuran gambar (Weight dan Height). Khusus untuk kualitas gambar (Quality) maksimal kualitas hanya sampai ukuran 12 saja.
  4. Preferences : Ini adalah pengaturan lanjutan saja. Didalam pengaturan ini terdapat Run Action dan Copyright Info. Jika kita mencentang Run Actions dan menentukan settingan khusus pada Actionsnya, maka foto hasil resize nanti akan diberi efek Actions sesuai dengan yang telah kita tentukan.

Jika semua pengaturan di kotak dialog Image Processor sudah kita tentukan dengan sempurna, untuk memulai proses resizenya kita klik Run. Tunggu beberapa detik karena Photoshop sekarang sedang bekerja meresize foto.

Cara Resize Foto 100+ Dalam Hitungan Detik Di Photoshop 3

Ketika resize foto kemudian muncul seperti peringatan diatas, jangan heran kita klik Continue saja. Sekarang foto-foto Anda sudah siap untuk ditampilkan di web atau kita simpan di memori smartphone dengan tidak takut memori kepenuhan karena fotonya sudah kita perkecil ukurannya.

Saya sarankan, resize foto ini jangan Anda lakukan jika foto tersebut untuk keperluan cetak/print. Karena jika foto diresize, kualitas ketajaman warnanya akan menurun. Sehingga sekilas kita lihat foto akan tampak tidak jelas atau agak kabur warnanya.

Akhirnya tutorial Cara Resize Foto 100+ Dalam Hitungan Detik Di Photoshop selesai sudah dengan sempurna. Selamat mencoba dan semoga sukses serta bermanfa’at.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. rahmanbatopie

    Wah ilmu baru nih…
    Saya mau tanya pak:
    – berarti semua foto didalam satu folder ukurannya sama ya Pak?
    – trus kalo semakin banyak foto dalam satu folder apakah semakin banyak RAM yang digunakan oleh Photoshop?

    • Iya mas kelemahannya jika menggunakan trik ini maka semua foto akan menjadi satu ukuran dari segi height dan weightnya. Jika kita ingin satu persatu atau dibedakan resizenya, mungkin kita hanya bisa menggunakan fasilitas Save For Web saja. Betul juga mas pertanyaan keduanya, jika banyak yang kita resize dalam satu folder maka efeknya RAM akan menurun.

  2. Hallo pak guru :)
    saya lihat blognya bagus. saya mau tanya. maaf klo tidak sesuai dgn topik.
    Blog saya di BerhasilBisnisOnline.com supaya thumbnail (feature image) muncul dari URL Luar gimana ya? demi menghemat kapasitas hosting

    • Untuk menampilkan thumbnail dari URL luar itu tergantung template yang digunakan mas. Mas bisa coba-coba tema dari MyThemeShop …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *