Home / Teknologi / Cara Restore Windows 7, 8, 10 Ke Tanggal Sebelumnya Dengan System Restore

Cara Restore Windows 7, 8, 10 Ke Tanggal Sebelumnya Dengan System Restore

Cara Restore Windows Dengan System Restore – Tidak lengkap rasanya jika dari kemarin selalu membahas System Restore tanpa menjelaskan bagaimana cara Restore itu sendiri. System Restore akan kita perlukan jika komputer bermasalah. Masalah disini hanya terletak pada kerusakan perangkat lunak saja (software) khususnya Registry Windows. Tentunya jika kerusakan pada perangkat keras (hardware) bukan System Restore yang kita perlukan. Kerusakan pada hardware kita meski memperbaiki hardware tersebut atau jika kerusakannya parah maka kita meski menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga : Cara Gampang Membuat Restore Point Pada System Restore Windows 7 Secara Manual

Setelah kemarin membahas bagaimana cara membuat Restore Point secara manual, sekarang giliran cara menggunakannya. Meskipun cara restore Windows itu tergolong mudah, namun bagi yang belum tahu caranya bisa jadi ini hal yang sulit. Maka daripada itu silakan simak artikel ini sampai selesai jika Anda belum tahu caranya.

System Restore adalah fitur bawaan Windows yang dapat kita gunakan ketika komputer bermasalah. Biasanya masalah ini dapat kita selesaikan karena System Restore akan mengembalikan keadaan Windows ke titik sebelum terjadi error.

Berikut Cara Restore Windows Ke Tanggal Sebelumnya Dengan System Restore

Contohnya tanggal 1 komputer masih baik-baik saja. Namun pada tanggal selanjutnya atau tanggal 5 komputer bermasalah pada sistem dan ini terjadi ketika kita sudah menginstallkan aplikasi tertentu. Cara mudahnya kita tinggal merestore kondisi Windows untuk kembali ke tanggal sebelumnya atau tanggal 1 ketika Windows masih dalam keadaan baik.

Disini saya akan memberikan contoh merestore Windows 7. Meskipun saat ini sudah banyak yang menggunakan Windows versi terbaru seperti Windows 8 dan Windows 10, namun pada intinya kegiatan restore Windows setiap versi Windows masih sama saja. Yang membedakannya adalah hanya letak System Restore itu sendiri.

Untuk Windows 7 ketika kita ingin melakukan System Restore silakan dari Start > All Programs > Accessories > System Tools > System Restore.

Jika jendela System Restore sudah aktif silakan Anda klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Nah disini kita meski memilih Restore Point atau penentuan titik mengembalikan kondisi Windows. Secara otomatis Windows akan membuat Restore Point dalam periode tertentu. Namun jika kita sebelumnya pernah membuat Restore Point secara manual silakan Anda pilih Restore Point tersebut. Klik Next jika kita telah memilih Restore Point.

Disini kita hanya perlu klik Finish.

Jangan kaget ketika tampil kotak dialog peringatan seperti gambar dibawah, silakan Anda klik Yes saja.

Tunggu beberapa saat karena sekarang Windows sedang bekerja untuk mengembalikan kondisi Windows ke posisi sebelum terjadi error atau ke titik pengembalian yang telah kita tentukan (Restore Point). Sementara Anda jangan dulu melakukan aktivitas apapun sampai proses restore selesai dengan sempurna. Dan biasanya komputer akan melakukan Restart secara otomatis.

Baca Juga : Cara Mengecek, Mengaktifkan, Menonaktifkan System Restore Windows XP, 7, 8, Dan 10

Jika Anda bingung dalam memilih Restore Point, maka silakan pertama Anda pilih Restore Point terbaru. Karena biasanya Restore Point yang dibuat secara otomatis ini jumlahnya banyak. Jika Restore Point tersebut gagal untuk memperbaiki masalah, silakan Anda pilih Restore point lainnya dan begitupun seterusnya sampai masalah error komputer selesai.

Ok mungkin artikel Cara Restore Windows Dengan System Restore dicukupkan sekian saja. Semoga dengan menggunakan fitur System Restore masalah Windows Anda bisa diperbaiki dan dikembalikan ke posisi sebelum terjadi error.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *