Home / Photoshop / Trik Mudah Cara Seleksi Rambut Di Photoshop

Trik Mudah Cara Seleksi Rambut Di Photoshop

Trik Mudah Cara Seleksi Rambut Di Photoshop – Cara seleksi rambut di Photoshop menurut saya sangat sulit dilakukan. Apalagi rambut yang akan kita seleksi adalah rambut kriting. Dan lagi, jika warna rambut memiliki kesamaan dengan background, itu yang paling-paling sulit. Dan memang seleksi rambut di Photoshop dibutuhkan ketelitian dan tentunya kesabaran extra.

Baca Juga : Cara Membuat Efek Fokus Pada Photo Dengan Photoshop

Setelah muncul program Adobe Photoshop CS5, cara seleksi rambut di Photoshop sedikit meringankan pekerjaan design grafis. Kenapa? Karena di Photoshop CS5 sudah tersedia Tool Refine Edge. Dengan Tool Refine Edge seleksi rambut di Photoshop jadi mudah. Apalagi jika rambut dengan background memiliki warna yang berbeda. Contoh photo yang proses pengerjaan seleksi rambutnya menggunakan Refine Edge Photoshop CS5 :

Trik Mudah Cara Seleksi Rambut Di Photoshop 1

Selain Photoshop CS5, Photoshop CS6 dan PhotoshopCC juga sudah tersedia Tool Refine Edge.

Jika Anda berminat ingin mencoba praktek seleksi rambut di Photoshop CS5, unduh dulu photo yang sesuai dengan photo diatas.

Cara Seleksi Rambut Di Photoshop CS5

Setelah semua bahannya sudah siap, Photoshop Cs5 dan photo rambut kriting. Kita mulai saja tutorialnya.

Silakan aktifkan Adobe Photoshop CS5 yang sudah diinstall di komputer Anda, klik File > Open untuk membuka photo rambut kriting.

Lakukan seleksi pada photo. Banyak cara dalam menyeleksi photo, disini saya menggunakan Polygonal Lasso Tool lalu pada Property Bar saya pilih New Selection dan Feather 0 px.

Trik Mudah Cara Seleksi Rambut Di Photoshop 2

Setelah selesai melakukan seleksi pada photo dengan Polygonal Lasso Tool selanjutnya aktifkan Refine Edge pada Property Bar.

Trik Mudah Cara Seleksi Rambut Di Photoshop 3

Setelah kotak dialog Refine Edge aktif checklist Smart Radius pada Edge Detection. Beri nilai 90 px pada Radiusnya. Nilai radius disini, sebaiknya Anda sesuaikan saja dengan kondisi photo yang sedang diedit.

Jika Anda lihat pada photo, maka akan tampak sebagian background yang belum terhapus. Maka sekarang Anda rapikan dengan cara menggosok-gosokkan pada area yang ingin dihapus.

Trik Mudah Cara Seleksi Rambut Di Photoshop 4

Selanjutnya checklist juga pada Decontaminate Colors di opsi Output. Untuk Amount disini saya memberi nilai 90% saja dan tipe output saya pilih New Layer with Layer Mask.

Trik Mudah Cara Seleksi Rambut Di Photoshop 5

Jika semua settingan diatas sudah selesai dilakukan sesuai dengan kebutuhan, klik OK. Maka hasilnya akan seperti yang terlihat pada gambar dibawah. Pada Pallet Layers akan terbentuk sebuah Layer Mask baru.

Trik Mudah Cara Seleksi Rambut Di Photoshop 6

Sampai langkah ini proses seleksi rambut di Photoshop sudah selesai. Maka langkah selanjutnya adalah Anda menentukan background photo untuk mengganti background yang sudah dihapus.

Cara menentukan background baru bisa Anda lihat pada tulisan sebelumnya tentang Cara Mengganti Background Photo Dengan Extract.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

16 comments

  1. Dulu paling stres kalo dah selection rambut. Huahahaha. Ternyata sederhana gini ya? :D
    Thx infonya mas. :D

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb… teknologi memudahkan segala perubahan seperti yang dikehendaki. Tapi hanya yang pakar sahaja tentu mendapat manfaatnya. Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

  3. mampir kemari, kunjungan perdana nih, salam perkenalan ya

  4. thanks mas artikel ps nya keren ni yg saya cari soalnya bru blajar photoshop mksh banyak

  5. Wah ini yang perlu dicoba…. kebetulan saya sering juga iseng-iseng edit foto. Tapi biasanya kesulitan saat edit diarea rambut kalo pas mau ganti background foto.

    • Dicoba saja mas. Seleksi rambut memang butuh ketelitian yang super ekstra. Kecuali jika objek dan subjek mempunyai warna yang bertolakbelakang …

  6. thx infonya :)
    msih belajar photoshop, jdi banyak yg blum tau tools2nya

  7. Membantu sekali :D

  8. Terimakasi atas ilmunya Pak :)

  9. Kayaknya sih rumit ya caranya gan….???? Tapi perlu di coba nih. kalo kita belajar pasti bisa…makasih banyak informasinya gan…maju terus semoga sukses :)

  10. beeneran deh. simpel banget yah. dulu ane lihat2 tutor di youtube berasa sulit n ribet banget. ternyata sesimpel ini. ane senang. terima kasih banyak tutorialnya xD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *