Home / EPS-Topik Korea / Cara Sending Data Online CTKI Korea Di WEB G2G~BNP2TKI

Cara Sending Data Online CTKI Korea Di WEB G2G~BNP2TKI

Cara Sending Data Online CTKI Korea – Ketika CTKI Korea sudah dinyatakan lulus test EPS-Topik, maka proses selanjutnya adalah melakukan lamaran kerja (Sending Data). Prosedur sending data sekarang, bagi lulusan PBT 13 Tahun 2015 berbeda dengan proses sending data tahun sebelumnya. Dokumen sending data semakin simple dan juga cara kirim datanya tidak lagi menggunakan jasa Kantor Pos. Cara sending data sejak tahun 2015 bagi lulusan PBT 13 menggunakan sistem online. Semua berkas lamaran sending data oleh CTKI Korea cukup diuploadkan di web yang sudah ditentukan oleh BNP2TKI.

Baca Juga : Prosedur Sending Data Online PBT CTKI Korea Terbaru Tahun 2015

Sejak tanggal 14 Agustus 2015 BNP2TKI resmi membuka sending data secara online di web g2g.bnp2tki.go.id. Walaupun cara melakukan sending data sudah dionlinekan, namun CTKI Korea harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh BNP2TKI. CTKI Korea tidak bisa melakukan sending data pada sembarang waktu. Karena sending data online hanya bisa dilakukan CTKI pada hari-hari kerja saja, yaitu dari hari Senin s.d. hari Jum’at pukul 00.00 sampai dengan pukul 23.59. Pada hari Sabtu dan Minggu serta hari-hari Libur Nasional, CTKI tidak diperkenankan untuk melakukan sending data online.

Kemudian melakukan sending data secara online ini setiap hari jumlahnya dibatasi. Agar tidak terjadi pengikisan bandwith maka setiap harinya diberi kuota hanya sampai maksimal 200 data sending saja. Artinya jika Anda tidak ingin kehabisan kuota setiap harinya, maka sebaiknya melakukan sending data online ini di waktu tengah malam antara pukul 00.00 sampai dengan pukul 03.00 dini hari. Namun tidak menutup kemungkinan kalau saat-saat ini pada jam tersebut akan antri juga.

Cara Sending Data Online Bagi CTKI Korea Lulusan EPS-Topik PBT 13 Tahun 2015

Ok sekarang mari kita bahas bagaimana cara sending data online di WEB g2g.bnp2tki.go.id. Walaupun cara ini sudah dijelaskan dengan lengkap di web BNP2TKI, namun tidak ada salahnya kembali saya terangkan. Mungkin saja ada CTKI Korea PBT 13 yang terjebak masuk ke web ini.

Sebelum dilanjut, sebaiknya Anda persiapkan dulu berkas-berkasnya. Untuk melakukan sending data secara online, kita cukup mengadakan 5 berkas lamaran saja, yaitu :

  1. Sertifikat Kelulusan EPS-Topik PBT 13;
  2. Passpor;
  3. Surat Izin Orangtua/Suami/Istri;
  4. Hasil Medical Check Up (MCU);
  5. Rekening Tabungan atas nama Pribadi.

Kelima data tersebut Anda scan warna dengan ukuran masing-masing maksimal 1MB. Jika kelima persyaratan sending data online sudah terkumpul lengkap, sekarang Anda buka laman g2g.bnp2tki.go.id. Kemudian Anda klik Login | Register yang terletak di sebelah kanan atas halaman g2g.bnp2tki.go.id.

Cara Sending Data Online

Sekarang Anda masukkan Username dan Password yang telah didapat ketika pengambilan Sertifikat EPS-Topik. Biasanya username ini terdiri dari Nomor EPS-Topik, contoh seperti 0122015P12345678. Klik Login untuk melakukan proses selanjutnya.

Cara Sending Data Online CTKI Korea Di WEB G2G~BNP2TKI 2

Jika Username dan Password yang Anda masukkan benar, ketika berhasil login maka Anda akan otomatis dihadapkan pada keterangan Data Diri Anda (biodata).

Cara Sending Data Online CTKI Korea Di WEB G2G~BNP2TKI 3

Ketika Anda berhasil login, secara otomatis akan muncul menu-menu baru yang terdiri dari Biodata, Test Bahasa, Pengajuan Lamaran, Sending Korea, Preliminary, CCVI & Keberangkatan, dan KTKLN. Hal ini mirip dengan isi yang terdapat di akun EPS-Topik. Itu semua adalah progress kemajuan lamaran serta data imigrasi Anda kedepannya.

Cara sending data online jika sudah berhasil login, Anda klik menu Pengajuan Lamaran.

Cara Sending Data Online CTKI Korea Di WEB G2G~BNP2TKI 4

Setiap Form yang bertanda (*) warna merah itu artinya Anda wajib harus mengisinya. Form lamaran sending data online ini terdiri dari kolom isian dan kolom pilihan.

Pertama Anda harus menentukan pilihan pada bagian Ciri Fisik. Biasanya untuk melengkapi bagian ini, datanya sudah lengkap terdapat pada hasil Medical Check Up (MCU). Yang wajib Anda isi disini adalah pada kolom Tinggi Badan dan Berat Badan. Namun untuk melengkapi data, sebaiknya Anda isi saja semuanya jika memang Anda tahu walaupun di kolom tidak ada tanda (*).

Kedua Anda harus mengisi pada kolom bagian dari Peminatan. Bagian ini adalah tentang jenis dan tempat kerja yang ingin Anda lamar. Disini juga terdapat pilihan tentang upah yang Anda inginkan (gaji). Upah kerja minimal 700.000 Won dan maksimal 1.250.000 Won. Semuanya Anda isi dan tentukan sesuai dengan minat Anda seperti jenis pekerjaan, lokasi kerja, dan sebagainya.

Cara Sending Data Online CTKI Korea Di WEB G2G~BNP2TKI 5

Ketiga Anda akan bertemu dengan bagian Kompetensi. Disini terdapat pilihan Pendidikan Terakhir. Dan ingat semua data harus sama ketika pertama kali Anda mendaftar EPS-Topik. Pada bagian Pengalaman Kerja Di Korea, jika Anda statusnya pemula maka kolom ini abaikan saja. Karena disini khusus untuk yang sudah pernah bekerja di Korea saja.

Keempat adalah data untuk melengkapi hasil Medical Check Up (MCU). Disini terdapat empat pilihan dan semua kolom wajib Anda isi. Sarana Kesehatan dan Hasil Pemeriksaan adalah kolom pilihan. Artinya Anda tinggal memilih berdasarkan list yang tersedia otomatis disitu.

Cara Sending Data Online CTKI Korea Di WEB G2G~BNP2TKI 6

Kelima biodata paspor yang terdiri dari kolom Nomor Paspor dan kolom pengisian Masa Berlaku Paspor. Anda isi saja yang sesuai dengan data-data yang tertera di paspor.

Keenam adalah pengisian kolom terakhir. Disini Anda diperintah untuk mengisi kolom yang hubungannya dengan Data Bank. Jangan sampai lupa kalau rekening tabungan ini harus atas nama pribadi. Jangan menggunakan rekening tabungan atas nama keluarga, perusahaan, organisasi, dan sebagainya. Untuk jenis Bank dan Kantor Cabang bebas atau tidak ditentukan harus rekening bank tertentu.

Ketujuh adalah sesi upload dokumen sending data seperti yang sudah saya terangkan diatas. Disini Anda wajib upload data dokumen sending seperti Sertifikat Medical (berkas hasil MCU), Buku Paspor yang menampilkan identitas dan foto, Surat Izin Orangtua/Suami/Istri yang bermaterai Rp. 6000 serta diketahui Kepala Desa/Lurah dan cap basah, Buku Tabungan atas nama pribadi yang menampilkan nomor rekening dan nama pemilik rekening, Sertifikat EPS-Topik PBT 13 Tahun 2015.

Cara Sending Data Online CTKI Korea Di WEB G2G~BNP2TKI 7

Jika semua data-data untuk melakukan sending atau lamaran kerja ke Korea Selatan ini sudah Anda isi dengan lengkap dan benar, terakhir Anda klik Simpan. Ketika Anda melakukan sending data online diatas batas maksimal kuota yang telah ditentukan (200 pelamar), atau ketika hari libur maka Status Lamaran sementaranya Belum Mengajukan Lamaran.

Cara Sending Data Online CTKI Korea Di WEB G2G~BNP2TKI 8

Maka jika demikian, nanti Anda tinggal melakukan pengiriman sending data ke database BNP2TKI saja pada saat telah dibuka lagi kuota baru. Anda tidak perlu mengisi form sending data dan upload dokumen lagi. Karena semuanya sudah tersimpan otomatis. Lakukan pengiriman sending data online bukan pada hari libur dan sebaiknya tengah malam sampai dini hari.

Jika Anda sukses mengirimkan seluruh dokumen sending data, maka status lamarannya akan berubah menjadi Lamaran Sudah Dikirimkan. Kemudian disitu tercantum juga Tanggal Lamaran. Sebagai bukti bahwa Anda telah melakukan sending data, maka Anda cetak tanda buktinya dengan klik Cetak. Kemungkinan tanda bukti ini akan dibutuhkan ketika Anda Prelim/PAP nanti.

Cara Sending Data Online CTKI Korea Di WEB G2G~BNP2TKI 9

Bagaimana mudah bukan Cara Sending Data Online ini? Semoga Anda sukses melakukannya dan segera mendapat panggilan Prelim serta memperoleh SLC/Kontrak Kerja sesuai dengan yang diharapkan. Salam sukses dan semoga tulisan ini bermanfa’at.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

111 comments

  1. ELING PRASETY0

    Kok saat semua data sudah attached selalu ada tulisan system maintenan SPAS dan sangat susah mengajukan lamaran nya

    • Itu karena pengaruh sistem pendaftaran sending online dibatasi dengan kuota. Dan kuota perhari adalah 200 pendaftar. Mas coba daftarnya jam 12 malam kesana dan terus mencoba dengan reload terus halaman.

  2. smua udah terisi gan,, tp statusnya qo tetap blum mengajukan ya….
    sampe jam 8 pagi tadi sy buka qo belum ada opsi (ajukan lamaran) ap data pelamar udah penuh kuotanya yang msuk ( 200 )???
    mhon info slusinya GAN…

    • Iya kuota penuh gan. Apalagi mas melakukan sending onlinennya pagi hari. Mas coba terus reload halaman sampai muncul tombol “Ajukan Lamaran” pada jam 12 malam.

  3. *langkah yg terakhir klik “cetak’ kok susah ya mas, seteleh diklik keluar tulisan “belum bisa kirim lamaran”, itu knp ya?

    • Klik cetak jika mas sudah sukses mengajukan lamaran via online. Jika belum sukses maka tidak akan bisa klik cetak mas.

  4. ketika saya berhasil menekan ajukan lamaran tp kok loading nya lama bener gak selesai2 . apa mmg kyk gitu ato gmn gan?

    • Usahakan akses internet yang digunakan loadingnya sangat cepat. Karena yang melakukan sending online antri pada jam-jam tersebut.

  5. Kalo sending ulang gmn caranya gan?
    Maaf kalo melenceng dari topik..
    Mohon pencerahannya gan…
    Katanya sending ulang bisa otomatis?

    • Terkait sending ulang saya belum mengetahui caranya mas. Karena saat ini sending menggunakan sistem online, sedangkan dulu kan pakai Kantor Pos. Coba mas tanyakan langsung ke BNP2TKI via telepon free pulsa 08001000

  6. maaf mas,,klo anda tahu,,mengapa saat mendaftar dg ribuan orang bisa masuk sehari sedangkan ini hanya 200 orang,,dan itu pun sulitnya minta ampun…
    apa alasannya dg batas kuoa,,mkasih.

    • Iya betul karena sending online ini dibatasi dengan kuota. Artinya agar yang berhasil sending online bisa langsung diproses secepatnya atau dikirim ke HRD-Korea.

  7. CBT bisa sending online gk mas? Soalnya saya coba login/register masukkan nomer Reg. 0122013xxxxxxxxx dan paswort, kok balasannya no Id tidak di kenal. Terima kasih

    • Sending online ini hanya untuk sektor PBT 13 Tahun 2015 saja mas. Saya tidak tahu untuk sektor CBT. Coba mas tanyakan langsung ke BNP2TKI via telepon free pulsa 08001000

  8. DEDI PERMADI

    Maaf mas…status lamaran saya utk PBT 13 Thn 2015 hasilnya”LAMARAN SUDAH DIKIRIMKAN”,apakah itu sudah berhasil ?.terus kok belum bisa diklik “CETAK” nya Mas.Mhn info solusinya Mas.

    • Untuk sementara cukup saja dulu mas sampai status LAMARAN SUDAH DIKIRIMKAN. Untuk proses CETAK bisa dicoba lagi nanti kalau server lagi ga down.

  9. mas klo perharinya kuota dibatasi hanya 200orang, sedangkan batas akhir sending berkas tgl 7 sept 2015. trus bagaimana yg lum sending nantinya. sedangkan yg lulus jumlah 6rban, mksh.

    • Tenang saja mas karena batas maksimal sending online PBT 13 akan ditambah sampai akhir bulan September.

  10. mas saya sudah isi form untuk sending berkas, setelah saya edit trus simpan trus mlmnya saya edit lg kemudian simpan tp form biodata saya yg biasanya bisa di edit lg tdk bisa smuanya kosong/belum terisi. itu bagaimana mas? tolong infonya, mksh

    • Itu karena pengaruh server di g2g sedang down mba. Memang ini adalah kelemahannya sending online. Dicoba lagi nanti ketika server sudah bagus/normal.

  11. yuyun triastuti

    Maaf mas kalau memang sending data dimulai pukul 00.00 dengan kuota 200 setiap harinya kenapa pd pukul 23.45 sampai 00.00 data baru bisa dibuka dan baru aja pukul 00.05 aja pelamar sudah mencapai 200 pelamar. Begitu setiap harinya

    • Ya karena pendaftar sending online banyak sekali. Sehingga ngedip satu detik saja kuota sudah penuh. Bisa dicoba lagi nanti dan terus mencoba saja.

  12. yuyun triastuti

    Maaf mas maksud saya pada pkl 23.45-00.00 lebih data susah dibuka selalu loading dan baru pada pukul 00.04 lebih data baru bisa dibuka itupun pelamar sudah 200 pelamar yang masuk ada apa sebenarnya trs cara efektifnya harusnya gimana? Mksh sebelumnya

  13. elsa agustina

    Mas saya sudah mengirim lamaran ke bnp2tki kemarin tgl 28. Tetapi kenapa kok ke hrd korea belum ke sending juga ya mas sampai sekarang, itu kenapa ya mas??? Mhon infonya ya mas

    • Tunggu saja dulu dan jangan tergesa-gesa. Tidak apa-apa lambat juga asal lancar kedepannya. Semua yang sending pasti akan diproses.

  14. m try Sulistyo

    Lumayan berjuang ya
    bisa buat pelajaran di tahun depan.
    saya Ingin kerja ke korea.
    saya masih kelas 3 sekarang .
    bulan maret 2016 sudah boleh daftar eps topik apa ngak ya gan bulan april umur baru 18.? ..

  15. Numpang nanya, berkas2 saya semua JPG nggk lebih dari 1MB, tapi tetap tidak bisa di upload, kenapa ya???

    • Coba dikomputer lain atau gunakan browser lain. Jika masih gagal terus bisa saja web sedang error atau coba rubah format JPG menjadi JPEG.

  16. DEDI PERMADI

    Mas / Mbak mau nanya nih…berkas lamaran PBT 2015 saya sudah tersending pertanggal 3-09-2015.yang saya tanyakan kapan SLC turun? dan kira-kira sampai berapa bulan lagi? Terima kasih.

    • Tunggu antrian saja mas dan Insya Allah semua data yang sudah melakukan sending akhir-akhir juga akan mendapatkan SLC. Maksimal tunggu sampai 3 bulan.

  17. sdh sending.tp salah ktik no paspor.dan sama bnp2tki jg blm sending hrd..trs cranya biar ada tombol edit gimana ya

    • Biasanya tombol edit itu muncul jika belum dikirimkan. Kalau sudah dikirimkan sebaiknya mas langsung menghubungi BNP2TKI saja.

  18. DEDI PERMADI

    Selamat Pagi…mau tanya. apakah SLC yang turun dari HRD Korea itu yang diutamakan adalah lulusan dari skill test tahun 2015 dari pada CTKI yang lulus EPS TOPIK 2015 yang gak ikut skill test ….? Terima kasih.

    • Sangat sulit diprediksi masalah SLC mas walaupun CTKI pernah ikut skill test. Banyak berdo’a saja semoga semuanya dilancarkan.

  19. maaf admid saya mau tanya…seandainya saya masih posissi cuti dari negara lain apakah bisa mengajukan lamaran.. dan ada masalah atau tidak nanti di prosesnya…

    • Kalau posisi cutinya dari negara selain Korea, Insya Allah tidak akan ada masalah mas. Silakan mas daftar saja jika nanti sudah dibuka lagi test EPS-Topik atau ujian Bahasa Korea.

  20. trimakasih infonya mas…sangat bermanfaat.karna saya berencana nanti mau cuti dari brunei trus masuk lembaga jika gak lulus es topik akan kembali ke brunei lagi, mohon infonya hasil ujian bisa di ketahui berapa hari dri ujianya

    • Untuk mengetahui perkembangan EPS-Topik mas bisa selalu pantau halaman web BNP2TKI. Semoga sukses mas rencananya … !

  21. utk pendaftaran ke korea tahun 2016 di buka bulan apa gan dan utk tes kira kira bulan apa gan..?
    kalau di korea tahun 2015 gajinya berapa seh gan
    1 lagi gan dari semua CTKI yang rata rata ikut tes eps topik ada berapa gan
    dan yang lulus kira kira berapa gan
    mohon infonya mas bro…
    makasih,,,,

    • Pelaksanaan ujian Bahasa Korea / EPS-Topik dilaksanakan setiap tahuannya pada bulan Juni (khusus untuk PBT/pemula). Gaji Korea rata-rata 16 juta keatas perbulannya belum gaji lembur. Kelulusan ditentukan dengan kuota yang sudah dibatasi berdasarkan keputusan kuota HRD-Korea.

  22. mas saya cbt 2013 waktu prelim unfit dan ccvi dibatalkan. Setelah 1thn lebih aku konsultasi ke bnp berhubung sertifikat cbt masih lama sampai bln12.2015. Dan saya disuruh kirim berkas lgi. Bln 9 kemarin akun epsku berubah datanya tgl4bln9 data dikirim tpi blm disetujui sampai sekarang. Apa masih ada kemungkinan saya berangkat lgi ke korea mas ?. Sekian dan terimakasih.

    • Untuk hal ini saya tidak bisa memberikan jawaban pastinya mas. Jangankan saya, pihak BNP2TKI juga tidak mempunyai wewenang, cuma pihak BNP2TKI bisa membantu percepatan proses. Kalau hal diterima atau tidaknya itu keputusan ada di HRD-Korea. Mas banyak berdo’a saja.

  23. mas bro..kalo data diri ada kesalahan daerah gmana / waktu pengisisan bisa di edit ga??
    __makasih

    • Mas melakukan kesalahan pengisian yang kapan waktunya? Emangnya sekarang pendaftaran EPS-Topik Online sudah dibuka lagi?

      • Iya saya juga ada kesalahan wktu isi buat sending online baru tdi pagi tpi baru di simpan belum dikirim apakah masih bisa di edit lgi pak?

  24. Mas saya cbt.saya sudah sending online tapi lamaran di kembalikan dg alasan data kurang lengkap.tapi kekurangan data tidak tahu..apa karna tidak isi nama orang tua dan upload pas foto ya..

    • Untuk mengetahui jenis kekurangannya, mas bisa langsung tanyakan ke BNP2TKI bagian penempatan. Tapi coba mas pikirkan dulu, mungkin data sending mas ada yang kurang dari yang diintrusikan.

  25. Muhammad zamroni

    Mas saya CBT 4 thn ini.sekarang kan sudah di buka sending data secara online bagi yg CBT.Naahh klau kita mau sending data secara online apakah kita harus menunggu pengumuman pembukaan sending data dr bnp2tki atau kita lansung saja sending data setelah kita menerima sertifikat dan unsername.mohon infonya mas..thankz

    • Kalau mas sudah mendapatkan Sertifikat dan Username silakan langsung Sending Online. Kalau belum, ya tunggu aja dulu mas!

      • Mas sy jg cbt 4, sy coba login tapi login gagal dan no I’d tidak dikenal, padahal semuanya sdh benar, apakah memang belum pmbukaan untuk pengajuan lamaran ya mas

        • Kalau User dan Kata Sandi benar berarti pendaftaran belum dibuka. Atau mungkin bisa saja User dan Kata Sandi yang mas punya ada kesalahan dari Panitianya ketika memberikan user akun. Coba hubungi saja pihak BNP2TKI kalau gagal terus!

  26. Mas..saya sudah sending data 1bulan lebih lewat kantor pos.tp kenapa belum ada kemajuan ya.sudah telepon ke kantor juga kemarin.

    • Ko melalui Kantor Pos mas? Bukankah sekarang sending datanya sudah menggunakan sistem online baik PBT ataupun CBT?

  27. Pak saya tdi ada kesalahan wktu isi buat sending online baru tdi pagi tpi baru di simpan belum dikirim apakah masih bisa di edit lgi pak?

    • Kalau belum dikirimkan masih bisa dilakukan perubahan mas. Coba saja cari atau klik pilih tombol Edit. Semoga sukses!

  28. kok pas di klik cetak muncul terus kalimat belum bisa kirim lamaran…itu tandanya gimana…dan pengaruh apa…

    • Itu tandanya server sedang down atau tidak bisa melayani perintah yang mas lakukan. Tunggu atau coba lagi disaat server tidak penuh!

  29. pak…pengajuan lamaran sudah tersimpan dan muncul “LAMARAN SUDAH DI KIRIMKAN”.pas klik “CETAK”kok muncul “BELUM BISA KIRIM LAMARAN”itu masalhnya apa ya pak admin…

  30. Pak saya tdi ada kesalahan wktu isi data scan buat sending online baru tdi pagi tpi baru di simpan belum dikirim apakah masih bisa di edit lgi pak untuk yg bagian scan medical?

  31. bos mau tanya saya ikutan tes CBT dan akan mlakukan sending .masalnya adalah pd kolom no. id apa itu artinya no. ktp saya swaktu masih di korea.apakah kolom itu wajib di isi atau tidak saya lupa no.ktp sewaktu di korea trimakasih mohon jawabanya

    • Gunakan nomor KTP atai ID yang dipakai ketika Anda daftar EPS-Topik CBT kemarin saja. Untuk membuktikannya bahwa nomor KTP Anda sudah benar atau tidak, silakan Anda daftar atau cek di situs eps.go.kr

      • dalam halaman pengajuan lamaran online photo tidak muncul tapi semua biodata sudah benar. gmn bos, ngaruh gk nnti untuk proses kedepanny…. thnks

        • Mungkin itu pengaruh server saja mas yang bermasalah. Yang penting datanya sudah benar semua, sepertinya itu sudah cukup!

  32. Pa saya sudah dftar online dan sudah dpt data yang hrus di cetak.tapi data yg sudah di cetak itu di bawah nya ada lporan klo saya hrus dtang lgi k bp3tki trdekat untuk di validasi dgn membawa ktp paspor ijazah dsb.
    Apakah saya hrus dtang k bp3tki untuk di validasi lgi?
    Padahal kan saya sudah daftar online..
    Mohon penjelasan nya pa

    • Kalau perintah yang tertera disitu harus datang ke BP3TKI, ya datang saja mas sesuai perintah! Mungkin untuk Verifikasi dan Validasi data.

  33. assalamualaikuum mas admin,
    saya kemaren sending berkas lamaran (saya ikut cbt ke 4.2015) tapi ada beberapa form yg tidak saya isi di antaranya sertifikat kompetensi sama no.id card.saya lupa nggak ke isi.dan di situ statusnya sudah terkirim lamaran,walaupun belum bisa di cetak.
    apakah berpengaruh dengan proses ke depan nya mas

    • Waalaikumsalam … Nanti saat Verifikasi dan Validasi di kantor BP3TKI coba mas tanyakan saja langsung ke Panitia dan semoga tidak ada masalah!

  34. Assalamualaikum mas admin..saya mau tanya nih..nama saya kan sudah muncul dalam daftar sending yang di keluarkan oleh bnp2tki..yang jadi pertanyaan..kok lamaran saya belum bisa di cetak ya…sekian dan terimakasih..

    • Mungkin website g to g sedang error mas. Tidak apa-apa untuk sementara yang penting nama mas di BNP2TKI dalam daftar sending sudah muncul.

  35. iqbal rasyid

    Asalamualaikun bang….pas selesai sending online terus ada kolom kolonab itu apa ya maksudnya,kolom 1 kolom 2 dst…?
    Terimakasih.

  36. pak saya mau nanya sya kan udah mngajukan lamaran dah terkirim dan udah bisa di cetak tapi kok belum keluar dalam daftar sendingan apa sebabnya pak

    • Mungkin lagi proses saja mas. Sebaiknya mas membuat akun EPS-Topik untuk memantau Kemajuan Data Imigrasinya. Karena di akun EPS-Topik lebih akurat datanya!

  37. Bpk admin..saya mau tanya..nama saya juga udah muncul di daftar sending..tapi kalo saya buka di eps..saya lihat di kemajuan imigrasi..kok no data ya..

    • Yang muncul data sending di G to G itu artinya data sending sudah masuk ke database BNP2TKI. Kalau data yang di EPS itu artinya data sending sudah dikirimkan dari BNP2TKI ke HRD-Korea. Jadi kalau di EPS masih No Data itu artinya data masih diproses mas.

  38. Mas Admin yang menarik.
    saya sudah lama tertarik menjadi TKI korea,mohon sedikit gambaran langkah-langkahnya dari paling awal untuk dartar online soalnya kebanyakan baca disana sini saya jadi agak bingung.terimakasih sebelumnya

    • Sementara yang harus mas lakukan saat ini adalah hanya tetap fokus sama pembelajaran Bahasa Korea untuk tempur nanti. Karena saat ini pendaftaran EPS-Topik belum dibuka, oleh karena itu saya belum bisa menjelaskannya. Nanti kalau sudah dibuka, akan saya share disini.

  39. Di www.bn2tki.go.id di pengumuman sending berkas CTKI di situ tertulis bahwa telah diverifikasi dokumenya&memenuhi syarat,selanjutnya telah di entry & di sending ke HRD korea.tapi kalau di lihat status di g2g.bnp2ki.go.id dgn username &pasword trnyata ada tulisan warna merah belum di sending ke HRD korea itu .bagaimana mhon penjlsanya trimaksih sblumnya

    • Menurut saya sih kalau situs g2g hanyalah situs untuk menampung data sending CTKI secara online yang kemudian disimpan dalam databasenya. Info akurat data keimigrasian yang kita jadikan patokan hanya web BNP2TKI dan akun EPS-Topik masing-masing.

  40. Dedi Permadi

    gan mau nanya nih… nama saya Dedi Permadi dari Nganjuk-Jatim.berhubung saya adalah PBT 2015 sudah kolom 3,tapi isinya dikembalikan per tgl 25-01-2016.mengingat pas waktu sending dulu data data saya spp:1.surat ijin suami istri,nomer rekening bank,medical checkup,sertifikat kelulusan, dan passport, (semua pakai gelar pendidikan SH kecuali passport).mengingat passport sudah saya mintakan endorsement di kantor imigrasi utk penambahan gelar tidak disetujui.ini saya rencana mau ke kantor BNP2TKI pusat utk minta tolong sending ulang lagi. yang saya tanyakan apakah pihak BNP2TKI maupun pihak korea bisa memaklumi masalah saya.tolong gan kasih saya solusinya. terima kasih.

    • Insya Allah mas biasanya bisa diselesaikan dan silakan mas coba konsultasikan dengan pihak BNP2TKI bagian Penempatan. Semoga sukses mas!

  41. mas admin mau tanya nih, saya lulus cbt ke 4 2015 saya baru mengirimkan lamaran tgl 2 bulan 2 2016.di karenakan br dapat surat MCU nya kemaren nah yang saya tanyakan
    1. saya sudah mengirimkan lamaran dan di situ tertulis ‘LAMARAN SUDAH DIKIRIMKAN”
    di bawah nya ada kolom CETAK pas di KLIK ko ga bisa ..apakah lamaran saya belum terkiri atau gimana mohon mas admin minta pencerahanya di tunggu makasih

  42. Dedi Permadi

    Gan maaf ada yang mau saya tanyakan terkait persiapan Preliminary.Saya adalah peserta PBT 2015 sudah kolom 3 dan status “Disetujui” per tgl 2016-02-19~2017-02-17.yang saya tanyakan adalah 1.dari pengumuman tampilan BNP2TKI untuk point “Pemeriksaan Kesehatan dilakukan di Daerah asal CTKI ( yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan di daerah harus membawa Sertifikat Kesehatan dengan status “Fit to Work” (termasuk pemeriksaan TBC) yang masih berlaku yang dikeluarkan Sarana Kesehatan di daerah asal TKI. Komponen Item Pemeriksaan Kesehatan terlampir”.ini saya sudah mempunyai hasil medical check up dari sarana kesehatan yang ditunjuk.Apakah saya harus medical check up lagi…? Pertanyaan yang ke 2. Kemaren saya sudah kolom 3 tapi status “Dikembalikan”,tetapi sudah saya perbaiki dan alhamdullilah status saya sudah berubah “Disetujui”.Pertanyaan saya adalah apakah itu mempengaruhi proses saya selanjutnya meski saya pernah mengalami kekeliruan/dikembalikan…? Terima Kasih.

    • 1. Tidak perlu melakukan MCU lagi ketika nanti akan melaksanakan Prelim (PAP). Kegiatan MCU yang dimaksud di Pengumuman BNP2TKI hanya untuk perlengkapan data sending saja. Nanti juga ketika Prelim Anda akan MCU disana.
      2. Kalau datanya sudah DISETUJUI walaupun awalnya DIKEMBALIKAN itu tidak ada masalah mas! Tetap lanjut dan semoga sukses!

      • cbt 2016 tapi mau sending tp tulisan edit g ada ..terus g bisa mengisi.apakah id dan paswod salah.terimakasih.

  43. mas,,,sy kan udh sending lamaran..ada tlsan lamran sdh trkrim tp td sy lupa g nyetak. trus sy mau log in lagi ke akun sy kok g bs knapa y mas,,,trus gmn itu nnti klo blm terctak. mksh

    • Tidak perlu dicetak tapi terus dipantau saja akun EPS-nya. Kalau gagal login mungkin lupa passwordnya, silakan lihat artikel ini untuk meresetnya.

  44. mas..alhmdllh sy udh msuk dftar sending. td wktu q liat ada tlisan SUDAH SENDING DAN STATUS SLC SUDAH TURUN MENUNGGU RESPON DARI ANDA. gt mas….tp waktu sy rehat n liat lg kok tlisannya jd BELUM SENDING gt y mas….mhon pncerahannya y mas,,,mksh byk,,

    • Sebaiknya untuk memantau kemajuan imigrasi jika sudah sending dilakukan di akun EPS-Topik saja. Karena di situs tersebut biasanya data akan akurat.

  45. siang mas…mau tnya nih. di KEMAJUAN SENDING KE KOREA punyaq kan ada ktrangan SUDAH SENDING trs dbwahnya ada kterangan lg SLC SDH TURUN MENUNGGU RESPON DRI ANDA. itu mksdnya gmn mas,,pdhl SLCq blm trun. almat email EPS yg mana y mas utk mmntau yg lbh akurat.trmksh

  46. akh supriyadi

    Asalamualaikum.mau tanya mas bagaimana cara sending data yg prnah di kembalikan oleh HRD KOREA apakah harus seperti pada awal sending pada waktu dahulu..mohon penjelasanya.mksh

  47. Dedi Permadi

    selamat siang… agan mau tanya nich gan. saya adalah PBT 2015 dan sudah bekerja di Korea per tgl 17/07/16 sd 25/07/16…karena anak saya sakit dan keadaan kritis saya terpaksa ijin pulang ke perusahaan tmpt saya bekerja dan tidak kembali ke Korea lagi.saya pulang per tgl 27/07/16.yang saya tanyakan adalah kalau ada peluang dan ingin bekerja ke korea lagi apakah nama saya sudah di blacklist?kalau toh di blacklist…itu aturan blacklist berlaku berapa tahun?dan saya diperbolehkan ikut ujian EPS Topik di tahun berapa?terima kasih atas petuahnya gan…

    • Agan pulang tanggal 27/07/16 dan sekarang bulan Juli 2016 baru tanggal 8, itu gimana maksudnya gan? Kalau agan pulang resmi bukan kabur tentu saja bisa ke Korea lagi dengan ikut ujian EPS-Topik ulang atau dimulai dari nol lagi. Karena Sertifikat EPS-Topik hanya berlaku untuk satu kali proses saja. Kalaupun agan kabur dari perusahaan asal agan tidak overstay itu masih ada peluang ke Korea lagi.

  48. Dedi Permadi

    oh iya maaf tadi itu bulan juni 2016 bukan bulan Juli 2016…sehari sebelum pulang saya sudah minta ijin ke isanim (wakil Bos) perusahaan saya,karena sajangnim/Bos saya tdk berada di tempat waktu itu.di ijinkan atau tidak yang penting saya sudah ngomong karena saya harus pulang secepatnya,senin tgl 27/6/16 jam 17.00 saya sudah checkin di bandara incheon. lah hal ini termasuk termasuk kabur dari perusahaan apa tidak ya gan…?masa berlaku paspor saya dari 12 agustus 2015 sd 12 agustus 2020.dan masa berlaku visa kerja saya 03 tahun.yang saya tanyakan apakah saya masih ada peluang lagi kerja di Korea apa tidak ya gan…

    • Insya Allah bisa gan. Cuma agan harus ikut ujian EPS-Topik ulang lagi karena Sertifikat EPS-Topik hanya berlaku untuk satu kali proses saja.

  49. Hervina Yunita Sari

    Ka mau tanya
    Lamaran saya sudah sampai d korea tp udh hampir setahun SLC ga turun”, sedangkan masa berlaku pencari kerja sampai bulan 12.
    Apakah semua CTKI pasti turun SLC atau tidak ka? Lalu kalo masa berlaku sudah expired itu gmna? Tolong jawaban’y ka makasi :)

  50. Dedi Permadi

    agan…saya mau nanya nih.terkait liburan musim panas korsel antara tgl 1-5 agustus 2016.apakah kantor kedutaan korsel di Jakarta juga tutup.karena di tgl trsbt saya mau ke situ utk mengurus menanyakan status (blacklist/deportasi). kira kira melayani apa tidak yah?… kan hal trsbt tidak bisa diwakilkan karena bersifat privasi.terima kasih atas saran & solusinya.

    • Untuk lebih jelasnya silakan agan telepon saja di nomor +622129672555 atau +622129672580. Semoga bisa membantu dan masalahnya terselesaikan.

  51. mas,,sy sending bln april. smpek skrg kok blm ada pggilan prelim y,,,emng jarak sending dan prelim tu brp bln sih,,

  52. mas sy lulus cbt tahun 2014 dan serifikat kelulusan berlaku sampai desember 2016.apakah saya masih bisa mengajukan lamaran dan kalo bisa apakah saya bisa mengirim berkas secara online secepatnya…..makasih

    • Perkembangan data EPS-Topik pada akunnya sudah sampai kolom berapa mas? TKI yang sudah sending tapi belum mendapat SLC itu namanya TKI Roster dan bisa sending ulang.

  53. reni suryani

    Mas saya sudah sending tanggal 18 oktober 2015 lau,terus hari ini masa aktif pencarian kerjana udah habis ..
    Bagaimana melakukan sending ulangnya lagi mas?tolong bantu ms..

  54. pribadi andi

    Mas saya mau tanya ..senin kemarin saya sending tapi lupa no id korea blm saya isi..
    Kalau lamarannya diperbaiki apa mash bisa mas…dan klaau bisa bgmana caranya…terimkasihh

  55. Mau tanya min. Untuk sertifikat EPS TOPIK bisanya kapan dikeluarkan ? Sebelum apa sesudah skill test ? Klo sesudah skill test, brpa lama jeda waktu antara pengumuman dan pngeluaran sertifikat ? Thnks.

    • Karena dulu Skill Test tidak diwajibkan, Sertifikat akan dibagikan kira-kira setelah pengumuman kelulusan 1 bulan. Entahlah kalau sekarang mas karena sistem wajib Skill Test baru kali ini aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *