Home / Teknologi / Cara Terbaru Setting Internet Indosat, Telkomsel, XL, Axis, Three, Smartfren

Cara Terbaru Setting Internet Indosat, Telkomsel, XL, Axis, Three, Smartfren

Cara Setting Internet Semua Operator – Terkadang agar handphone atau smartphone bisa terhubung ke internet kita harus melakukan setting internet lagi. Namun sebagian ada juga handphone atau smartphone tanpa harus melakukan setting internet lagi. Artinya begitu handphone atau smartphone kita masukkan SIM Card maka secara otomatis internetnya akan terkoneksi. Tapi bagaimana jika jaringan internet GPRS dan MMS ini tidak terhubung otomatis? Sedangkan kita sangat membutuhkan jaringan internet tersebut. Maka solusi satu-satunya adalah kita harus setting internet secara manual atau melakukannya melalui SMS. Nah yang menjadi pertanyaan sekarang jika kita setting internet secara manual maka kita akan diminta untuk memasukkan parameter-parameter tertentu seperti Access Point Name (APN), Username, dan Password. Maka dari itu saya disini akan mencoba berbagi cara untuk keperluan tersebut.

Baca Juga : Solusi Mudah Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB

Kasus harus setting internet secara manual bukan hanya terjadi pada handphone atau smartphone saja. Masalah ini sering terjadi juga pada modem Global System for Mobile Communication (GSM). Sehingga kita harus melakukkan setting internet sendiri.

Cara Setting Internet Semua Operator

Untuk setting internet dengan sendiri sebenarnya mudah saja. Kegiatan ini tidak akan membutuhkan waktu berjam-jam. Umumnya hanya 3 parameter yang harus kita tentukan, yaitu : APN, Username, dan Password. Bahkan sebagian provider atau operator tertentu hanya cukup mengisi satu parameter saja, yaitu Access Point Name (APN).

Mungkin yang membuat kepala pusing tujuh keliling dasarnya kita tidak tahu apa yang harus diisi pada kolom APN, Username, dan Password.

Berikut Cara Terbaru Setting Internet Lengkap Semua Provider atau Operator

Di Indonesia banyak sekali provider atau operator GSM yang dapat kita manfaatkan fitur-fiturnya. Umumnya fitur provider atau operator saat ini selalu mengedepankan kelebihan dalam berinternet. Kita sebagai konsumen yang baik harus cerdas dan pandai memilih provider mana yang memberikan fitur lengkap dan tentunya harganyapun sangat murah.

Disini saya akan memberikan cara setting internet semua provider atau operator seperti Indosat, Telkomsel, XL, Axis, Three, dan Smartfren. Dan dalam melakukan setting internet ini dibagi menjadi dua cara, yaitu cara otomatis (SMS) dan cara manual. Tapi tidak semua provider yang bisa kita lakukan dengan cara otomatis (SMS), hanya provider tertentu saja. Selengkapnya silakan Anda simak keterangan berikut :

1. Cara Setting Internet Otomatis (SMS) Indosat

Setting GPRS = Ketik SMS GPRS(spasi)MerkHP(spasi)TipeHP Kirim ke 3000

Setting MMS = Ketik SMS MMS(spasi)MerkHP(spasi)TipeHP Kirim ke 3000

2. Cara Setting Internet Otomatis (SMS) Telkomsel

Ketik SMS Internet(spasi)All Kirim ke 5432

3. Cara Setting Internet Otomatis (SMS) XL

Setting GPRS = Ketik SMS GPRS(spasi)MerkHP(spasi)TipeHP Kirim ke 9667

Setting MMS = Ketik SMS MMS(spasi)MerkHP(spasi)TipeHP Kirim ke 9667

* Untuk handphone Sony Ericson disingkat menjadi SE

Hanya tiga provider diatas saja (Indosat, Telkomsel, dan XL) yang tersedia untuk setting internet secara otomatis (SMS). Selain operator itu kabarnya tidak ada pengaturan untuk melakukan setting otomatis.

Setelah Anda mengirim SMS setting internet seperti yang saya contohkan diatas, silakan Anda tunggu SMS konfirmasi dari provider. Nanti Anda ikuti lagi petunjuk yang diberikan dan jika semua prosedur telah benar kita lakukan maka handphone atau smartphone seharusnya sudah terhubung ke internet.

Jika Anda menggunakan SIM Card provider yang tidak termasuk kedalam setting internet otomatis, maka solusi satu-satunya adalah setting internet secara manual. Jangan khawatir karena tidak sulit dan mungkin kurang dari 5 menit setting internet secara manual akan selesai.

Berikut parameter terbaru pengaturan internet secara manual seluruh provider atau operator :

Provider APN Username Password
Indosat (Im3 & Mentari) indosatgprs indosat indosat
Indosat Broadband 3.5 G indosat3g indosat indosat
Indosat IM2 (Broom) indosatm2 username aktivasi password aktivasi
Indosat (Khusus) indosat3g indosat indosat
Telkomsel Simpati telkomsel wap wap123
XL GPRS www.xlgprs.net xlgprs proxl
XL Unlimited xlunlimited kosongkan kosongkan
Three (3) 3gprs 3gprs 3gprs
Three (3) Unlimited 3data 3data 3data
Axis axis axis 123456
Smartfren #999 M8 M8

Ok mungkin hanya itu saja artikel singkat tentang Cara Setting Internet Indosat, Telkomsel, XL, Axis, Three, dan Smartfren. Semoga artikel ada manfaatnya dan memang sudah tidak jaman lagi jika handphone atau smartphone saat ini tidak terhubung ke internet. Maka dari itu segera lakukan setting internet secara otomatis atau manual seperti yang sudah diterangkan diatas. Salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *