Home / Microsoft Office / Cara Setting Print Canon MX300 Untuk Mencetak Dokumen Ukuran Kertas F4

Cara Setting Print Canon MX300 Untuk Mencetak Dokumen Ukuran Kertas F4

Cara Setting Print Canon MX300 – Ketika kita membuat dokumen di MS Words, ukuran default atau stAndarnya adalah ukuran kertas Letter sehingga jika ingin mencetak dokumen dari MS Words dengan kertas F4 agar mendapatkan hasil yang baik, perlu dilakukan sedikit modifikasi pada bagian settingannya.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Ukuran Kertas F4 Di Komputer Windows

Selama ini masih banyak orang yang mencetak dokumen secara salah karena mengganggap ukuran Letter itu adalah sama dengan F4 sehingga hasil yang diperoleh tidak sesuai dan membuatnya harus melakukan print dua kali. Selain itu, mungkin masih banyak yang masih mengira kalau kertas print F4 atau folio itu sama dengan format kertas letter atau A4 ketika melakukan pencetakan. Kenyataannya format kertas tersebut berbeda dan memiliki ukurannya masing-masing. Kertas Letter memiliki ukuran 8.5 x 11 inci, A4 memiliki ukuran 8.27 x 11.69 inci sedangkan untuk ukuran F4 adalah 8.5 x 33 inci. Anda bisa lihat sendirikan perbedaannya. Jika sampai salah menentukan kertas print maka akan sangat kacau hasil cetakannya dan pastinya hal itu akan merugikan Anda. Ketika mencetak dokumen yang keperluannya menggunakan ukuran F4, kita harus melakukan pengaturan pada printer yang akan digunakan untuk mencetak. Perlu saya garis bawahi lagi disini dan Anda harus mengetahuinya bahwa ukuran kertas Folio atau F4 ini tidak ada di settingan kertas MS Words, Excel maupun PDF sehingga agar Anda dapat melakukan pencetakan di kertas F4 butuh sedikit trik agar hasil print dokumennya bagus dan rapih.

Baca Juga : Cara Mencetak Gambar Ukuran Besar Di Kertas Kecil Dengan Microsoft Paint

Pada semua merek printer, pasti telah terdapat pilihan mencetak berbagai macam ukuran kertas, namun tidak demikian halnya dengan F4. Oleh karena itulah saya berinisiatif untuk memberikan pengetahuan yang saya miliki dan membaginya untuk Anda melalui tulisan ini agar Anda tidak salah mencetak dokumen di kertas Folio atau F4.

Cara Setting Print Canon MX300 Agar Bisa Mencetak Di Kertas F4

Berikut ini cara print dokumen di kertas Folio atau F4 pada printer Canon MX300 Series, silahkan ikuti panduannya :

  1. Buka dokumen yang akan di cetak kemudian ketik Ctrl+P untuk melakukan setup print
  2. Kemudian klik pada tombol Properties di samping pojok atas untuk membuka properties printer

  1. Selanjutnya pilih Tab Page Setup kemudian pada bagian paper size, Anda pilih Custom

  1. Maka akan muncul dialog box untuk membuat custom paper. Isikan lebar (Width) 215.9 dan Tinggi (Height) 330,0 kemudian Klik Ok. Ukuran ini merupakan format kertas F4 dalam millimeter

Sekarang Anda bisa melakukan print dokumen di kertas Folio atau F4. Sebenarnya Anda tak perlu melakukan langkah-langkah diatas lagi untuk dokumen-dokumen selanjutnya baik itu dokumen berupa MS Words, Excell, PDF dan lain sebagainya, karena akan secara otomatis langsung tersimpan di format ukuran kertas printer yang Anda gunakan dan Anda juga akan dapat menemukannya pada bagian paling bawah list, tinggal scroll saja ke bawah untuk dapat menemukannya. Yang disetting diatas adalah ukuran format kertas di Printer bukan di MS Words. Setiap printer memiliki tampilan (interface) settingan yang berbeda dalam mencetak suatu dokumen tapi secara umum, untuk mencetaknya biasanya menggunakan metode pengaturan kertas pada menu Custom Paper yang diatur seperti ukuran diatas yaitu 215.9 mm x 330 mm. Urusan Print dokumen ini tidak bisa dianggap sepele karena hal ini berkaitan dengan kerapihan, ketentuan dan aturan yang menjadi patokan dalam pencetakan dokumen tersebut. Semoga dengan penjelasan ini, Anda kini lebih memahami bagaimana melakukan print kertas Folio atau F4 pada printer Canon dengan baik dan benar. Ok mungkin artikel Cara Setting Print Canon MX300 Untuk Cetak Kertas F4 dicukupkan sekian. Semoga artikel ini ada manfaatnya …

Aditya Reza

Saya adalah seorang blogger aktif menulis di TeknoBile yang hampir setiap hari selalu update membaca berita teknologi untuk menambah wawasan informasi seputar perkembangan dunia teknologi.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.