Home / Teknologi / 5 Cara Shut Down Komputer Atau Laptop OS Windows Yang Lain Dari Biasanya

5 Cara Shut Down Komputer Atau Laptop OS Windows Yang Lain Dari Biasanya

Cara Shut Down Komputer Laptop Windows – Tentunya bukan hal yang aneh lagi untuk melakukan shut down komputer atau laptop. Tidak sulit melakukan shut down komputer atau laptop. Shut down adalah suatu hal tindakan yang wajib diketahui oleh siapapun pengguna komputer atau laptop. Ketika komputer atau laptop selesai digunakan, maka untuk mematikannya pasti pengguna akan mencari dimana letaknya tombol shut down. Dan memang shut down merupakan salah satu tindakan perawatan komputer agar kinerja komputer tetap optimal. Mematikan komputer atau laptop tanpa menekan tombol shut down bisa memicu kerusakan komponen perangkat keras seperti pada hardisk. Selanjutnya apakah pernah terpikir oleh Anda bagaimana kalau shut down komputer atau laptop kita lakukan dari yang biasa dilakukan oleh pengguna pada umumnya?

Baca Juga : Cara Mengubah Nada Startup Dan Shutdown Komputer Windows Dengan Mudah

Dan memang secara umum pengguna komputer ataupun laptop entah itu pada Windows XP, Vista, 7, 8, sampai 10 ketika akan shut down akan mencari dimana letaknya tombol shut down. Untuk pengguna Windows XP, Vista, dan 7 dapat menemukan tombol shut down dari tombol Start. Sedangkan untuk pengguna Windows 8 akan pergi ke Charm Bar untuk shut down komputer atau laptopnya. Di Windows 10 tombol shut down ini dapat kita temukan di tombol Start seperti pada Windows XP, Vista, dan 7. Semua cara shut down tersebut memang benar dan sah-sah saja. Namun tahukah Anda bahwa terdapat pola lainnya untuk menuju ke tombol shut down dari cara yang tidak biasa tersebut dan hebatnya lagi cara ini berlaku untuk semua operasi sistem Windows.

cara-shut-down-komputer-laptop-windows-1

Anda penasaran? Disini saya akan memberikan 5 cara lain untuk shut down komputer atau laptop. Anda tidak perlu khawatir kalau cara ini dapat merusak komponen komputer seperti yang sudah saya singgung di atas. Cara ini hanya berbeda pada polanya saja. Intinya melakukan shut down ini masih sama dengan cara yang sudah umum dilakukan pengguna komputer.

Berikut Cara Shut Down Komputer Laptop Windows Yang Lain Dari Biasanya

1. Shut Down Menggunakan Keyboard Shortcut

Cara pertama kita bisa melakukan shut down hanya dengan menggunakan tombol-tombol pada keyboard saja. Ini sangat baik kita lakukan ketika mouse komputer bermasalah. Shurtcut key untuk shut down bisa dengan menekan tombol Alt+F4 secara bersamaan. Dengan catatan kondisi komputer sudah berada di layar desktop. Untuk menuju ke layar desktop bisa dengan menekan tombol Windows+D.

Sebetulnya tombol mematikan Alt+F4 ini sudah ada dari sejak operasi sistem Windows XP dulu. Sampai saat ini kita masih bisa melakukannya tanpa masalah. Selain itu tombol Alt+F4 ini bisa kita gunakan juga ketika ingin mengeluarkan (close) program/aplikasi tertentu.

cara-shut-down-komputer-laptop-windows-2

Untuk shut down komputer, setelah Anda menekan tombol Alt+F4 selanjutnya tekan Enter. Seketika komputer atau laptop Anda akan mati seperti ketika Anda shut down dari pola yang umum.

Baca Juga : Cara Mengubah Nada Startup Dan Shutdown Komputer Windows Dengan Mudah

2. Shut Down Dengan Mengganti Tombol Power

Cara ini hanya berlaku bagi komputer atau laptop Anda yang secara default tombol powernya bukan pada posisi shut down. Umumnya masalah ini hanya berlaku pada laptop saja dimana tombol power berada pada posisi Sleep saja. Ketika kita ingin shut down dari tombol power yang berada di tombol Start maka kita meski memilih opsi lain dulu. Tentunya hal ini sangat tidak efektif.

Untuk mengubah tombol power menjadi langsung ke shut down adalah kita meski pergi ke halaman Control Panel. Kemudian klik pilih Hardware and Sound > Change what the power buttons do. Silakan Anda ubah posisi power button defaultnya menjadi ke Shut down. Nantinya ketika kita menekan tombol power maka secara otomatis komputer akan mati karena disitu fungsinya sudah menjadi shut down.

cara-shut-down-komputer-laptop-windows-3

3. Shut Down Menggunakan Command Prompt (CMD)

Tahukah Anda bahwa mematikan komputer bisa kita lakukan juga dari jendela Command Propmt atau lebih dikenal lagi dengan sebutan CMD. Bagaimana untuk menuju ke halaman CMD ini? Cara cepatnya Anda bisa masuk dari jendela Run, atau menekan tombol Windows+R. Kemudian dari kotak pencarian Run silakan ketik CMD dan Enter. Selanjutnya untuk mematikan komputer dari halaman CMD ini, sekarang Anda ketik perintah shutdown.exe -s dan Enter. Maka nanti komputer Anda akan mati sendiri.

cara-shut-down-komputer-laptop-windows-4

Baca Juga : Cara Mudah Shutdown Komputer Windows Dengan Timer Menggunakan CMD

4. Shut Down Dengan Shortcut Icon Desktop

Langkah keempat, kita bisa melakukan shut down komputer atau laptop dengan membuat tombol shut down secara manual. Nantinya tombol ini demi mempercepat proses shut down, bisa kita simpan di layar desktop. Artinya tombol tombol shut down ini akan menjadi icon shortcut dekstop yang fungsinya akan mengarah ke lokasi dimana beradanya shutdown.exe.

cara-shut-down-komputer-laptop-windows-5

Karena cara ini sudah pernah saya bahas, silakan Anda mampir dulu ke artikel cara mempercepat shut down dengan membuat tombol sendiri.

5. Shut Down Dari Lock Screen Windows

Ini adalah cara terakhir yang saya tulis pada artikel ini. Kita bisa melakukan shut down komputer atau laptop dari halaman lock screen Windows. Sudah tahu bagaimana cara cepat menuju ke halaman lock screen Windows? Caranya sangat mudah, silakan Anda tekan Windows+L pada keyboard. Tunggu beberapa saat dan dihalaman lock screen ini Anda bisa memilih tombol shut down.

cara-shut-down-komputer-laptop-windows-6

Baca Juga : Kenapa Komputer Bisa Hidup Sendiri Setelah Shutdown? Ini Dia Solusi Tepatnya

Ok mungkin artikel Cara Shut Down Komputer Laptop Windows yang dilakukan tampil beda ini dicukupkan sekian saja. Jika Anda mempunyai trik lain tentang shut down, silakan bisa disampaikan pada kolom komentar. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *