Home / WordPress / Cara Update WordPress Manual Paling Lengkap

Cara Update WordPress Manual Paling Lengkap

Cara Update WordPress Manual Paling Lengkap – Apakah WordPress yang Anda gunakan sudah diupdate? Jangan sampai lupa untuk selalu update WordPress ketika WordPress resmi telah menerbitkan versi terbarunya. Konon kabarnya, dengan melakukan update WordPress, maka akan meningkatkan keamanan CMS WordPress yang kita gunakan. Keuntungan lainnya kita akan menikmati seluruh fitur-fitur terbaru yang dimiliki WordPress. Jika Anda kebingungan untuk melakukan update WordPress, disini saya akan berbagi cara update WordPress paling lengkap.

Baca Juga : Cara Pasang Iklan AdSense Di Dalam Postingan

Hingga artikel ini diterbitkan, WordPress sudah mencapai versi 4.2.1. Untuk memanjakan penggunanya, WordPress ini tergolong yang paling rajin dalam hal update. Dari setiap update, tentunya selalu ditambahkan fitur-fitur unggulan barunya untuk lebih meningkatkan tingkat keamanan WordPress. Kita hanya cukup melakukan update begitu ada informasi bahwa WordPress telah diupdate.

Untuk melakukan update di WordPress terbagi menjadi dua cara. Pertama kita bisa melakukan update secara otomatis dari dashboard. Kedua dilakukan secara manual dengan cara download CMS WordPress lalu kita upload di hosting memalui cPanel. Dari kedua cara tersebut saya sendiri lebih suka melakukannya dengan cara manual. Karena dikhawatirkan ketika kita update secara otomatis terjadi error ditengah jalan. Kemudian, karena banyak file-file yang telah dimodifikasi pada versi WordPress sebelumnya maka hanya langkah secara manual saja yang paling tepat dilakukan.

Mungkin Anda merasa kesulitan bagaimana cara update WordPress secara manual? Tenang, disini saya akan berbagi cara lengkapnya. Kenapa dikatakan lengkap, karena tutorialnya disertai gambar untuk memudahkan dalam prateknya.

Inilah Cara Update WordPress Manual

Kita mulai saja tutorialnya, dan berikut caranya :

  1. Nonaktifkan semua plugin yang terpasang di deretan plugin WordPress melalui dashboard. Langkah ini untuk antisipasi dikhawatirkan ada plugin yang tidak kompatible dengan CMS WordPress terbaru.
  2. Lakukan backup data-data penting Anda seperti, database, tema, postingan, halaman, komentar, dan lain-lain yang dirasa sangat penting untuk diselamatkan. Untuk melakukan backup di WordPress, sudah pernah saya tulis secara lengkap pada tulisan cara backup semua konten di WordPress.
  3. Karena disini kita akan melakukan update WordPress secara manual, maka CMS WordPressnya harus kita download. Untuk download WordPress versi terakhir Anda bisa mengunjungi WEB resmi WordPress.org. Dan untuk memudahkan, bisa juga Anda klik link ini download WordPress terbaru.
  4. Setelah sukses Anda download WordPress versi terbaru, silakan ekstrak filenya menggunakan aplikasi WinZip atau WinRAR. Dan hapus tiga file berikut didalamnya : wp-config-sample.php, html, dan folder wp-content. Lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya :

Cara Update WordPress Manual Paling Lengkap 1

  1. Jika sebelumnya Anda pernah melakukan perubahan-perubahan pada file WordPress versi sebelumnya, maka sekarang juga seluruh perubahan tersebut harus Anda lakukan lagi di dalam file WordPress yang sudah Anda download. Karena setelah Anda melakukan update nanti, semua perubahan tersebut akan kembali ke pengaturan default. Ini salah satu akibat tergantinya file lama dengan file-file yang lebih baru. Sebagai contoh, Anda pernah menambahkan script khusus pada wp-includes seperti yang sudah saya terangkan pada tulisan segera amankan 5 direktori penting WordPress. Maka sekarang juga Anda harus melakukan hal-hal tersebut kembali untuk meningkatkan proteksi keamanan WordPress Anda.
  2. Setelah semua perubahan selesai dilakukan dengan sempurna, sekarang kembali kompress seluruh file yang terdapat di dalam folder WordPress menggunakan aplikasi WinZip atau WinRAR. Caranya tekan Ctrl+A pada keyborad sehingga seluruh file yang berada di dalam folder WordPress terblok. Klik kanan pada salah satu file, lalu pilih Tambah ke arsip…. (disini saya menggunakan aplikasi WinRAR). Kemudian pada Format arsip Anda pilih mode ZIP. terakhir klik OK.

Cara Update WordPress Manual Paling Lengkap 2

  1. Sekarang Anda sudah memiliki CMS WordPress terbaru format ZIP yang sudah dilakukan perubahan-perubahan tertentu didalamnya. Silakan langkah selanjutnya adalah melakukan upload file kedalam hosting tempat kita menyewa. Login di cPanel dan pergi ke menu File Manager hosting Anda. Dari public_html klik Upload, lalu cari file WordPress yang sudah kita kompress tadi. Lakukan upload file, dan tunggu beberapa saat sampai proses upload selesai dengan sempurna.

Cara Update WordPress Manual Paling Lengkap 3

  1. Jika sudah selesai upload file WordPress terbaru, kemudian lakukan ekstrak file. Caranya setelah mengaktifkan wordpress.zip Anda klik Extract. Ikuti saja semua perintah yang tampil, dan tunggu sampai proses semua selesai. Setelah semua file yang berada di dalam folder wordpress.zip berhasil diekstrak dengan sempurna, hapus saja file wordpress.zip tersebut.

Cara Update WordPress Manual Paling Lengkap 4

  1. Sekarang Anda kembali kehalaman dashboard atau login di wp-admin. Untuk menyelesaikan proses update WordPress secara manual ini, nanti ketika Anda login di dashboard, Anda akan diperintah untuk update database. Jangan panik, ikuti saja semua perintahnya sampai selesai.
  2. Setelah berhasil login di dashboard wp-admin WordPress, kembali Anda aktifkan semua plugin yang semula telah dinonaktifkan. Jika terdapat sebuah plugin yang tidak kompatibel dengan versi WordPress terbaru sebaiknya Anda perbarui juga. Namun jika ternyata plugin tersebut belum tersedia versi terbarunya, maka sementara Anda nonaktifkan saja dulu sampai pihak penyedia plugin menambahkan fitur paling baru.

Selesai sudah cara update WordPress manual ini. Kini WordPress yang Anda gunakan sudah menjadi WordPress yang terbaru dan siap untuk kembali menulis artikel secara rutin.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

14 comments

  1. saya belum pernah pake yg cara manual nih mas.
    biasanya selalu langsung update dari dasboard.nanti bila update lg akan coba saya praktekkan

    • Justru saya belum pernah yang otomatis kang, karena banyak file-file yang diedit secara manual didalamnya ….

  2. wah,saya teh baru pengen maen di wp,akunnya udah ada malah udah di import satu diantara artikel blogspot,cuman masih gagap euy makenya, sepertinya kudu pelan-pelan dan sering maenkesinih nih buat belajar lebih daam nyeting wp cara manual…nih

    • Kang lembu punya WordPress ya? Boleh dong saya ngintip WP-nya … :D
      Jika disini terdapat tulisan yang sekiranya bisa membantu, ambil saja kang …

  3. saya selama ini updatenya yang otomatis nggak pernah manual seperti ini

    • Lebih baik menggunakan trik secara otomatis update wordpressnya, jika memang tidak pernah melakukan perubahan apapun pada semua direktori wordpress . .

  4. lengkap sekali, saya belum paham nih. sementara pakai yang otomatis.hehe

  5. wah enaknya baca postingan kayak gni. lengkap dan terarah..bgus artikelnya kang…maaf nih kang sy mw bertanya , caranya untuk memulai menggunakan wordpressnya untuk toko online gmna tuh kang…?//

    • Mungkin mas harus banyak belajar tentang e-commerce sebelum terjun kedunia bisnis online. Saat ini sayapun belum belajar banyak tentang e-commerce mas …

  6. bermanfaat gan artikelnya… :D minta ijin saya coba ya gan. :) semoga lancar jaya… semoga makin banyak lagi artikelnya & berkah buat nambah ilmu.

  7. Wah, makasih mas sharing nya. skrg mau coba upgrade wordpress nya, mudah2an bisa saya praktekkan. semisal ada hambatan aku boleh bertanya lg ya mas soalnya biasa update otomatis, stelah kmrn pindah hosting jd skrg update manual, otomatis nya eror.

  8. wah mantap ini dan perlu kami coba secara manual, sejauh ini memang kami masih newbie. dengan sering membaca info seperti ini jadi kepingin coba.

  9. Penjelasannya cukup bagus, namun ketika saya mencoba ada sedikit kegagalan dan akhirnya pake cara otomatis yang memang sudah difasilitasi oleh penyedia hosting… terima kasih infonya…..

  10. Soal Update WordPress ini yang menakutkan bagi saya, pernah coba terjadi error, saya sendiri cukup gaptel soal wordpress, ada solusi lain Mind? Terimakasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *