Home / Android / 2 Cara Upgrade Xiaomi Note 4X Ke Nougat Secara Manual Dan Kelebihannya

2 Cara Upgrade Xiaomi Note 4X Ke Nougat Secara Manual Dan Kelebihannya

Cara Upgrade Xiaomi Note 4X Ke Nougat Secara Manual – Beberapa bulan terakhir Xiaomi telah merilis update Android Nougat untuk beberapa device Xiaomi dan salah satunya adalah Xiaomi Note 4X. Banyak sekali perbedaan dan kelebihan yang bisa dirasakan dari versi ini dibandingkan dengan versi sebelumnya. Tapi yang jadi permasalahan sampai saat ini ialah masih banyak pengguna Xiaomi yang belum juga mendapatkan update untuk versi ini.

Baca Juga : Kabar Gembira Karena Unboxing Xiaomi Redmi 5A Segera Rilis Serta Xiaomi 4A

Jika Anda juga termasuk pengguna yang mengalami hal tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Di sini akan dibahas mengenai cara upgrade Xiaomi Note 4X ke nougat secara manual. Sebelum melakukan upgrade sangat disarankan untuk backup terlebih dahulu data – data penting yang ada pada perangkat Anda. Karena ketika melakukan upgrade semua data yang ada akan hilang. Selain itu pastikan baterai minimal 70% untuk menghindari Android mati ketika sedang melakukan proses upgrade.

1. Cara Upgrade Dengan Recovery Rom

Keuntungan upgrade dengan cara ini yaitu bisa langsung dilakukan langsung dari Xiaomi Anda atau tanpa bantuan PC. Untuk langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Download Recovery Rom Android nougat untuk Xiaomi Note 4X yang sudah banyak tersedia di Google;
  • Kemudian letakkan file hasil download tadi di memori internal ataupun external dan rename menjadi update.zip;
  • Setelah itu masuk ke aplikasi updater atau masuk ke Settings > About Phone > System Update, dan Anda tinggal memilih reboot to recovery mode;
  • Jika Android dalam keadaan mati, Anda hanya perlu menekan tombol volume atas + tombol power secara bersamaan sampai masuk ke menu recovery;
  • Setelah masuk ke menu recovery Anda tinggal pilih install update.zip dan tunggu sampai proses install selesai;
  • Setelah proses selesai, nantinya Android Anda akan reboot dengan sendirinya.

2. Cara Upgrade Dengan Fastboot Rom

Untuk cara upgrade Xiaomi Note 4X ke nougat dengan metode ini harus dilakukan dengan menggunakan bantuan PC. Dan untuk langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pertama download MI Flash Tool, kemudian ekstrak dan pasang di PC Anda;
  • Download Fastboot Rom untuk Xiaomi Note 4X;
  • Kemudian masuk ke mode fastboot pada Xiaomi Anda dengan cara menekan tombol volume bawah + tombol power secara bersamaan;
  • Setelah itu hubungkan Xiaomi Anda ke PC dengan menggunakan kabel USB;
  • Ekstrak Fastboot Rom yang sudah di download tadi dan copy path-nya;
  • Jalankan Mi Flah Tool dan paste path yang sudah di copy tadi ke address bar;
  • Klik Refresh untuk mengenali perangkat Android Anda secara otomatis;
  • Kemudian klik Flash untuk memulai upgrade dan tunggu sampai proses upgrade selesai;
  • Setelah selesai perangkat Anda akan boot dengan versi terbaru (Nougat).

Itulah beberapa cara upgrade Xiaomi Note 4X ke nougat. Pastikan Anda mengikuti langkah – langkah di atas dengan baik dan benar agar tidak gagal saat melakukan proses upgrade

Kelebihan Upgrade Ke Nougat

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang dapat Anda rasakan setelah melakukan upgrage Android Anda ke OS  nougat.

1. Multitasking

Pada OS nougat ini terdapat fitur baru yaitu fitur multitasking. Anda dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

2. Tingkat Keamanan Lebih Baik

Sistem Android menggunakan sistem yang terbuka (open source), hal ini menjadikan sistem Android rawan untuk diretas. Dengan adanya kondisi tersebut maka pada versi nougat ini dilengkapi dengan sistem keamanan yang lebih baik dari pada versi sebelumnya.

3. Hemat Kuota Internet

Di versi ini Anda bisa lebih menghemat kuota internet karena tersedianya fitur data saver yang mampu meminimalisir penggunaan data yang tidak perlu. Selain itu aplikasi-aplikasi yang sering menghabiskan kuota internet saat Android tidak digunakan akan diblokir secara otomatis oleh fitur ini.

4. Baterai Lebih irit

Untuk fitur ini sebenarnya sudah ada sejak versi sebelumnya, tapi pada versi nougat ini fitur bekerja lebih maksimal. Fitur ini sangat berguna sekali dan bekerja dengan sangat baik dalam menghemat baterai. Tidak hanya menghentikan sistem yang berjalan di latar belakang ketika layar mati. Dengan fitur ini Anda juga bisa menentukan aplikasi apa saja yang diperbolehkan berjalan di latar belakang.

5. Notifikasi Baru

Fitur ini merupakan salah satu pembaharuan terbaik jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Dengan fitur ini Anda bisa langsung membalas pesan yang masuk melalui notifikasi tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu.

Baca Juga : Tutorial : Langkah-Langkah Upgrade Android Lollipop Ke Android Marshmallow

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Upgrade Xiaomi Note 4X Ke Nougat Secara Manual berikut kelebihannya. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *