Home / Pendidikan / Cara VerVal Calon Peserta Ujian Nasional (CAPESUN) Madrasah 2015-2016

Cara VerVal Calon Peserta Ujian Nasional (CAPESUN) Madrasah 2015-2016

Cara VerVal Calon Peserta Ujian Nasional – Sudah menjadi kegiatan rutin setiap akhir semester ganjil dan menjelang semester genap kalau Sekolah/Madrasah melakukan Verifikasi dan Validasi Calon Peserta Ujian Nasional. Walaupun kegiatan Ujian Nasional masih lama, namun melakukan VerVal CAPESUN harus dilakukan dari sekarang. Hal ini untuk menjaga kevalidan data Calon Peserta Ujian Nasional nantinya. Dan memberikan waktu senggang bagi Sekolah/Madrasah untuk melakukan perubahan data jika memang ditemukan data Peserta Didik yang identitasnya memerlukan perbaikan.

Baca Juga : Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Ajaran 2015-2016

Khusus bagi Madrasah dibawah naungan Kementerian Agama (Kemenag), VerVal CAPESUN dilakukan melalui satu pintu EMIS Pendis. Dan data Calon Peserta Ujian Nasional (CAPESUN) yang masuk kedalam Database VerValUN Kemenag diambil secara otomatis dari Upload Data Siswa di EMIS Pendis Online.

Saat ini seluruh Madrasah se-Indonesia diwajibkan untuk melakukan Verifikasi dan Validasi (VerVal) data Peserta Didiknya di akun EMIS Pendis Online. Hal ini dimaksudkan untuk mengecek kembali semua data Peserta Didik yang dicalonkan sebagai Peserta Ujian Nasional barangkali ditemukan data yang harus dilakukan perbaikan.

Melakukan VerVal Calon Peserta Ujian Nasional di EMIS Kemenag Online wajib dilaksanakan. Madrasah harus memastikan bahwa data yang tersimpan didalam Database EMIS Pendis benar-benar akurat sesuai dengan data pendukung Peserta Didik yang bersangkutan. Diusahakan data Peserta Didik harus sama dengan identitas yang tercantum di Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran siswa. Sedangkan untuk Madrasah tingkat lanjutan seperti Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah ditambah dengan kesamaan data siswa yang tercantum didalam Ijazah & SKHUN pendidikan sebelumnya.

Berikut Cara VerVal Calon Peserta Ujian Nasional Madrasah di EMIS Pendis

Verifikasi dan Validasi di situs EMIS Pendis Online intinya hanya melakukan 5 alur VerVal saja, yaitu :

  1. Login menggunakan akun Operator Madrasah di Aplikasi VerVal CAPESUN;
  2. Melakukan perubahan data pada menu Pengaturan;
  3. Melakukan VerVal Calon Peserta Ujian Nasonal satu persatu/by_name;
  4. Mengunduh (download) hasil VerVal CAPESUN;
  5. Mengunduh (donwload) Berita Acara VerVal CAEPSUN.

Ok mari kita bahas satu persatu semua alur VerVal tersebut ….

Pertama silakan Login di EMIS Pendis Kemenag dengan URL emispendis.kemenag.go.id/vervalun. Login dengan Username dan Password yang telah Operator Madrasah buat sebelumnya di EMIS Pendis Kemenag seperti artikel yang sudah saya jelaskan di Cara Daftar Operator EMIS Pendis.

Cara VerVal Calon Peserta Ujian Nasional (CAPESUN) Madrasah 2015-2016 1

Lakukan pengisian data di menu Pengaturan. Ada dua kolom yang harus Anda isi disini, yaitu kolom identitas Kepala Seksi Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam (Pihak Ke-I) serta kolom Panitia Pendataan Ujian Nasional Tk. Kab./Kota (Pihak Ke-II). Anda isi mulai dari Nama Lengkap, NIP, Jabatan, dan Alamat. Jangan lupa jika semua parameter sudah Anda rubah, klik Simpan.

Cara VerVal Calon Peserta Ujian Nasional (CAPESUN) Madrasah 2015-2016 2

Setelah itu adalah melakukan Verifikasi dan Validasi Calon Peserta Ujian Nasional (VerVal-CAPESUN) pada menu Calon Peserta UN. Lakukan VerVal terhadap data individual seluruh Peserta Didik kelas akhir. Caranya klik pada nomor urut atau nama siswa yang bersangkutan.

Periksa dengan cermat dan teliti setiap data Peserta Didik yang sedang Anda VerVal. Pastikan semua data yang terisi adalah data yang benar-benar akurat. Jika ada kesalahan segera lakukan perubahan dan jika masih kosong maka lakukan edit/input data.

Cara VerVal Calon Peserta Ujian Nasional (CAPESUN) Madrasah 2015-2016 3

Jika kegiatan VerVal CAPESUN sudah selesai semua, maka langkah selanjutnya adalah mengunduh (download) Data CAPESUN dengan cara klik menu Unduh Data CAPESUN. File hasil unduhan akan terbentuk sebuah file berekstensi .emis. Selain itu nama file hasil unduhan akan tercantum juga NPSN berikut Nama Madrasah, contoh 12345678-MI-Percobaan.emis.

Cara VerVal Calon Peserta Ujian Nasional (CAPESUN) Madrasah 2015-2016 4

Langkah terakhir adalah mencetak Berita Acara Serah Terima Data CAPESUN. Caranya silakan Anda klik menu Cetak BA CAPESUN. Cetak Berita Acara Data CAPESUN berikut Lampirannya.

Cara VerVal Calon Peserta Ujian Nasional (CAPESUN) Madrasah 2015-2016 5

Lebih lengkapnya lagi tentang Panduan VerVal Calon Peserta Ujian Nasional Madrasah Tahun Pelajaran 2015-2016, silakan Anda pelajari dalam file berikut :

File berekstensi .pdf tersebut saya dapatkan dari situs resmi EMIS Pendis Kemenag. Oh iya karena saat ini yang melakukan VerVal CAPESUN dilakukan serentak diseluruh Madrasah se-Indonesia, maka efeknya Server EMIS Pendis Kemenag sering mengalami Network Error (tcp_error). Mungkin pengaruh keterbatasan kuota bandwith Server. Maka dari itu harap bersabarlah dan silakan coba terus sampai berhasil.

Cara VerVal Calon Peserta Ujian Nasional (CAPESUN) Madrasah 2015-2016 6

Mungkin hanya itu saja tulisan tentang bagaimana cara VerVal Calon Peserta Ujian Nasional (CAPESUN) Madrasah di EMIS Pendis Kemenag Tahun Pelajaran 2015-2016. Semoga tulisan ini bermanfaat.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

8 comments

  1. Bismillah. kenapa setiap mau menginput data capesun, selalu error ya? selalu ada tulisan server didn’t respon in time. padahal pemasukan data hanya sampai tgl 31 Desember. tapi gimana mau menginput kalo selalu error. adapa dengan servernya? tolong dong solusinya

    • servernya jelek/ideot, masak setiap buka selalu aja error server selalu down, kapan bisa selesainya kalau begini terus, ganti server yang mantab geh tu situs biar gak nyusahin

    • Saya juga tidak tahu mba. Error tersebut kalau server CAPESUN parah banget mba. Saya sendiri sampai saat ini belum bisa melakukan VERVALUN juga.

  2. ko kami misih blum bisa daftar verbalunnya kerena katanya mail yg dmsukan salah katanya padahal emang itu mailnya. sudah di riset ulang faswood oleh perator kab. masih blum jg bisa. tgl sudah 30 gmn sulusinya lag

    • Masalah ada di server! Yang mengalami masalah seperti itu bukan mas saja, banyak juga sekolah-sekolah lain yang mengalami hal serupa.

  3. mta solusinya kah, smpai hari ini saya tuh belum selesaih input data siswa un, karna setiap buka selalunya muncul error 503 server did not respon. bru wktu tinggal besok lagi eh ni hari kluar surat edaran server ditutup sementara waktu. gmna ini.

    • Lailatus Sururi

      minta solusinya sampai hari ini aku belum bisa unduh data capesun karena ada 1 siswa saya yang nisn nya invalid trus aku coba edit dan aku hapus tp waktu hapus aku cuma menghapus nisn nya saja kemudian selesai aku simpan, tapi data error trus menyimpan berhasil, OK. tapi ternyata di daftar data calon siswa capesun kok tinggal NIK nya saja yang ada lainnya hilang trus itu solusinya gimana? aku klik edit itu sudah tidak bisa dirubah. Mohon pencerahannya…terima kasih sebelumnya

  4. Yusuf Rehiara

    mta solusinya kah, smpai hari ini saya tuh belum selesaih input data siswa un, karna setiap buka selalunya muncul error 503 server did not respon. bru wktu tinggal besok lagi eh ni hari kluar surat edaran server ditutup sementara waktu. gmna ini….!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *