Home / Pendidikan / Cara VerVal NRG Di SIMPATIKA Online Kemenag Guru Sertifikasi PLPG 2015-2016

Cara VerVal NRG Di SIMPATIKA Online Kemenag Guru Sertifikasi PLPG 2015-2016

Cara VerVal NRG Di SIMPATIKA Online Kemenag – Setelah peserta PLPG Sertifikasi dinyatakan lulus kemudian peserta akan memperoleh Sertifikat Pendidikan. Selain itu juga Guru Sertifikasi akan mendapatkan Nomor Registrasi Guru (NRG). NRG ini terdiri dari 12 digit angka unik dan tentunya tidak akan pernah sama untuk seluruh Guru Sertifikasi se-Indonesia. Kewajiban selanjutnya bagi Guru Sertifikasi yang sudah memperoleh Nomor Registrasi Guru (NRG) khusus bagi Guru Madrasah maka harus melakukan Verifikasi dan Validasi (VerVal) NRG di aplikasi Layanan SIMPATIKA. Tanpa melakukan VerVal NRG di SIMPATIKA maka Guru Sertifikasi yang bersangkutan tidak akan pernah terdaftar di SIMPATIKA.

Baca Juga : Inilah Download NRG Kemenag Lulusan Guru Sertifikasi 2015 Seluruh Indonesia

Walaupun sebelumnya seluruh Guru Sertifikasi PLGP Tahun 2015 sudah memperoleh NRG yang diumumkan di website resmi Kemenag Madrasah, namun seluruh PTK harus melakukan VerVal secara manual di SIMPATIKA. Artinya NRG masing-masing Guru Sertifikasi tidak akan muncul permanent secara otomatis di aplikasi layanan SIMPATIKA Online.

Cara VerVal NRG Di SIMPATIKA Kemenag (0)

Melakukan Verifikasi dan Validasi (VerVal) NRG harus dilakukan oleh PTK yang bersangkutan. Karena VerVal NRG prosesnya dari akun PTK masing-masing. Jika PTK yang bersangkutan kurang paham akan teknologi komputer dan internet, bisa minta bantuannya kepada PTK lain atau kepada Operator Madrasah.

Berikut Cara VerVal NRG Di SIMPATIKA Online Kemenag Khusus Sertifikasi 2015-2016

Pastikan sebelum melakukan kegiatan VerVal NRG di SIMPATIKA, PTK yang bersangkutan sudah menerima Sertifikat Pendidikan. Karena nanti PTK akan diminta untuk mengupload hasil scan Sertifikat Pendidikan.

Selain hasil scan Sertifikat Pendidikan yang harus PTK persiapkan adalah hasil scan Ijazah terakhir atau Ijazah yang digunakan ketika mendaftar PLPG Sertifikasi. Masing-masing scan harus format .png, .gif, .jpg, dan .jpeg dengan ukuran minimal 200KB dan maksimal 1MB.

Silakan Anda login di halaman website resmi simpatika.kemenag.go.id kemudian Login menggunakan akun PTK yang Anda miliki. Setelah Login sukses kemudian klik pilih menu VerVal NRG > Ajukan VerVal.

Cara VerVal NRG Di SIMPATIKA Kemenag (1)

Disini karena PTK belum memiliki NRG meski sudah diumumkan di website Kemenag Madrasah, silakan klik pilih Belum (Ajuan NRG Baru). Dan setelah itu untuk melanjutkan ke proses selanjutnya klik pilih Benar & Lanjut.

Cara VerVal NRG Di SIMPATIKA Kemenag (2)

Silakan Anda input seluruh Data Sertifikasi selengkap-lengkapnya disesuaikan dengan bukti dokumen yang Anda miliki. Pola Sertifikasi pilihlah PLPG 2015 dan jika PTK adalah peserta PLPG UIN Jakarta dan lulusan 2015 maka Tanggal Sertifikat Pendidiknya adalah 3 November 2015. Unggah juga hasil scan Sertifikat dan Ijazah yang tadi telah saya singgung pada pembahasan diatas. Jika semua data Anda rasa sudah benar, sekarang klik pilih Benar & Lanjut.

Cara VerVal NRG Di SIMPATIKA Kemenag (3)

Disini Anda akan diperlihatkan pada tampilan Preview untuk memastikan apakah semua Data Sertifikasi yang telah Anda input benar atau tidak. Jika ditemukan kesalahan data, silakan klik pilih Edit kembali namun jika sudah benar maka klik saja Simpan.

Cara VerVal NRG Di SIMPATIKA Kemenag (4)

Sampai disini proses input Data Sertifikasi sudah diselesaikan dengan sempurna. Jika Anda merasa kalau ketika input data ada kesalahan data, silakan klik pilih Batalkan Pengajuan pada halaman menu VerVal NRG. Namun jika sudah benar-benar ok sekarang PTK wajib harus klik pilih Cetak VerVal.

Cara VerVal NRG Di SIMPATIKA Kemenag (5)

Dengan klik pilih Cetak VerVal maksudnya adalah untuk mencetak bukti kalau PTK sudah melakukan VerVal NRG. Bukti VerVal NRG bagi PTK baru atau yang belum mempunyai NRG adalah S26a tapi jika PTK sudah memiliki NRG maka surat ajuannya adalah S26b.

Cara VerVal NRG Di SIMPATIKA Kemenag (6)

Surat Ajuan NRG S26a atau S26b harus PTK kirimkan ke Operator Kemenag (Kabupaten/Kota) untuk mendapatkan penerbitan NRG di SIMPATIKA. Jangan sampai lupa lampirkan juga photo copy Sertifikat Pendidikan satu lembar dan tandatangan sama PTK yang bersangkutan dan Kepala Sekolah/Madrasah (stempel basah/asli).

Ok mungkin hanya itu saja artikel tentang Cara VerVal NRG Di SIMPATIKA Online Kemenag. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *