Home / WordPress / Cegah Spam Dengan Membatasi Komentar WordPress

Cegah Spam Dengan Membatasi Komentar WordPress

Cegah Spam Dengan Membatasi Komentar WordPress – Sebagai webmaster kita harus selalu mencegah spam yang dikirim pengunjung melalui kotak komentar. Biasanya spam komentar ini bertujuan hanya mencari backlink saja yang mengarah ke blog pengirim. Komentar spam akan sangat menggangu sekali pengunjung lain dan pemilik blog. Banyak metode-metode komentar spam yang mereka kirim. Seperti komentar yang berisi link aktif (live link), isi komentar tidak nyambung dengan artikel yang dikomentari, komentar terlalu panjang yang isinya promosi produk, atau bahkan komentar yang sangat minimalis/sedikit atau sekedar meninggalkan jejak. Maka dari itu kita sebagai pemilik blog harus mencegah komentar-komentar spam seperti itu. Cara mencegahnya dengan menerapkan kode khusus yang mempunyai fungsi untuk memberi batas karakter komentar yang mereka kirim/ketik di kotak komentar WordPress. Dengan membatasi jumlah karakter komentar khusus di blog CMS WordPress, maka kita akan mengurangi komentar-komentar spam. Walaupun bisa saja mereka mengirim komentar spam dengan cara mengetik jumlah karakter komentar sesuai angka karakter yang sudah kita tentukan. Namun setidaknya langkah ini akan mengurangi jumlah komentar spam setiap harinya.

Baca Juga : Cara Merubah Nofollow Menjadi Dofollow Di WordPress

Komentar spam biasanya dikirim oleh mereka yang gemar melakukan blogwalking. Padahal sebenarnya cara blogwalking yang benar buka seperti itu caranya. Percuma saja aktif melakukan blogwalking kalau akhirnya komentar yang ditinggalkan kemudian dihapus oleh pemilik blog. Lakukan blogwalking yang bijak tanpa harus meninggalkan jejak di kotak komentar berbau spam. Nah sebagai pemilik blog, untuk menghadang komentar spam ini coba terapkan kode khusus untuk membatasi komentar WordPress.

Cegah-Spam-Dengan-Membatasi-Komentar-WordPress-1

Selain membatasi jumlah karakter komentar WordPress, bisa juga dengan mengaktifkan fitur moderasi komentar WordPress. Atau dengan mengaktifkan plugin Akismet WordPress. Namun tidak ada salahnya kotak komentar WordPress kita perkuat lagi dengan kode pembatas jumlah karakter komentar.

Berikut Cara Membatasi Komentar WordPress

Untuk membatasi komentar panjang atau komentar pendek khusus di blog WordPress kita bisa menggunakan plugin. Namun disini saya tidak akan membahasnya cara tersebut. Yang akan saya bahas adalah cara membatasi komentar WordPress tanpa plugin. Kita harus berusaha untuk selalu meminimalis penggunaan plugin. Karena kabarnya jika terlalu banyak menggunakan plugin, maka kecepatan WordPress akan menurun.

Berikut kode yang harus kita pasang di blog WordPress yang mempunyai fungsi untuk membatasi jumlah karakter komentar di WordPress. Dalam contoh kali ini, saya membatasi jumlah karakter komentar maksimal atau terbanyak sampai 2000 karekter. Artinya jika ada pengunjung mengetik komentar jumlahnya lebih dari 2000 karakter maka akan ditolak otomatis oleh sistem. Dan tentunya komentar tidak berhasil dikirim. Selanjutnya untuk membatasi komentar pendek atau paling sedikit, saya membatasi sampai 100 karakter saja. Artinya komentar yang dikirim/diketik setidaknya/minimal harus memiliki 100 karakter. Silakan Anda sesuaikan lagi sesuai dengan kebutuhannya.

add_filter( 'preprocess_comment', 'wpb_preprocess_comment' );
function wpb_preprocess_comment($comment) {
if ( strlen( $comment['comment_content'] ) > 2000 ) {
wp_die('Komentar terlalu panjang. Harap ketik komentar di bawah 2000 karakter.');
 }
if ( strlen( $comment['comment_content'] ) < 100 ) {
wp_die('Komentar terlalu pendek. Silakan gunakan setidaknya 100 karakter.');
 }
 return $comment;
}

Lalu dimana kode php diatas diterapkannya? Kode diatas kita pasang di editor functions.php WordPress. Untuk menempatkan kode diatas, bisa melalui cPanel atau dashboard wp-admin kita. Tempatkan kode diatas sebelum penutup kode php yang terdapat di editor functions.php atau diatas kode ?>.

Mungkin hanya itu saja tulisan tentang cara mencegah komentar spam dengan cara membatasi komentar WordPress. Dengan begitu kita tidak akan lagi mendapat komentar yang amat pendek atau komentar yang terlampau panjang karena jumlah karakternya sudah kita batasi. Semoga dengan dibatasinya jumlah karakter komentar ini, setidaknya bisa membantu untuk mengurangi jumlah komentar spam yang dikirim oleh pengguna yang tidak bertanggungjawab.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

6 comments

  1. klo blog saya lebih suka pake plugin aksimet, spam-spam langsung di masukan tong sampah heee. ini tambahan ya sob supaya lebih kuat dengan komentar minimal 100 karakter, bagus juga nih,.

    • Iya sob, sayapun menggunakan Akismet untuk menghadang SPAM Komentar. Namun sayapun menerapkan sistem pembatasan karakter komentar untuk menghindari yang datang cuma ucapan “say hello” saja :D

  2. spammer juga banyak masuk ke web saya mas, biasanya mereka nyepam pake nama produk atau apalah yang aneh dan tidak menampakkan identitas, berkomentarnya juga ga nyambung banget.dan cara terbaik seprti yang mas bilang yaitu dengan memoderasi.terimakasih :)

    • Iya mas kalau begitu pakai cara sistem Moderasi saja. Kalau saya menggunakan tiga cara sekaligus, Akismet, Moderasi, Pembatasan Karakter … :D

  3. Pake jetpack dari wordpress juga lumayan ngurangin spammer mas, soalnya orang komen harus pake akun wp, twitter, fb, atau g+ dan kayanya banyak spammer males pake akun2 tersebut :)

    • Sampai saat ini saya belum mencoba plugin Jetpack mas. Konon kabarnya sangat lengkap fitur-fitur plugin yang satu ini. Karena dibuat oleh pengembang-pengembang WordPress handal … :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *