Home / Teknologi / Kenali Segera 5 Ciri-Ciri Hardisk Komputer Bermasalah Atau Rusak Bad Sector

Kenali Segera 5 Ciri-Ciri Hardisk Komputer Bermasalah Atau Rusak Bad Sector

5 Ciri-Ciri Hardisk Bermasalah (Bad Sector) – Untuk mengetahui ciri-ciri hardisk rusak bukan perkara yang sulit jika kita tahu cara-caranya. Sangat penting kita mengetahui pertanda hardisk komputer bermasalah. Alasannya jika kita tidak cepat tanggap akan kerusakan hardisk bisa saja kita akan kehilangan data-data penting. Bisa Anda bayangkan setelah jerih payah membuat dan menyimpan data di komputer namun suatu saat data tersebut hilang lenyap. Tentunya tidak ingin bukan hal tersebut terjadi? Maka dari itu pelajarilah tanda-tanda kerusakan hardisk pada komputer sebelum terlambat untuk menyelamatkan data penting.

Baca Juga : Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Melalui CMD Sekaligus Cara Memperbaikinya

Sangat pentingnya peranan hardisk pada komputer atau laptop sehingga bisa dikatakan wajib mengetahui pertanda hardisk akan rusak. Tanpa hardisk sama sekali komputer atau laptop tidak bisa dijalankan. Semua data komputer termasuk operasi sistem Windows disimpannya didalam hardisk.

5 Ciri-Ciri Hardisk Bermasalah (Bad Sector)

Kita tidak perlu menyewa orang untuk sekadar mengetahui ciri-ciri kerusakan hardisk pada komputer atau laptop. Mending Anda simpan uang tersebut untuk kebutuhan lainnya. Sangat simple dan praktis mengetahui tanda hardisk sebentar akan rusak.

Baca Juga : Solusi Mudah Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB

Berikut 5 Ciri-Ciri Hardisk Bermasalah Dan Pertanda Sebentar Lagi Akan Rusak

Biasanya kerusakan pada hardisk disebut dengan adanya bad sector. Kasus bad sector pada hardisk ini bisa diperbaiki ada juga jika tingkat kerusakannya sudah parah hardisk komputer harus diganti dengan yang baru. Sebelum memutuskan untuk mengganti hardisk, silakan pelajari dulu ciri-ciri hardisk bermasalah berikut yang saya kelompokkan menjadi 5 tanda saja.

1. Kinerja Komputer atau Laptop Menjadi Lambat

Tanda-tanda hardisk komputer bermasalah pertama adalah kinerja komputer atau laptop menjadi lambat dari biasanya. Ketika komputer sedang booting awal untuk masuk ke operasi sistem Windows akan memakan waktu lebih lama dari biasanya. Sebagian kasus lagi ketika komputer sudah nyalapun kita harus menunggu lama sampai program-program komputer bisa dijalankan. Seharusnya ketika komputer pertama kali nyala untuk melakukan Refresh komputer bisa langsung dilakukan tanpa kendala. Tapi lain lagi jika hardisk sudah bermasalah maka melakukan Refresh komputerpun efeknya akan lambat.

Ketika komputer melakukan startup maka akan banyak program yang dipanggil dari hardisk seperti AntiVirus dan program-program yang aktif ketika startup lainnya. Untuk mengatasi komputer lambat ketika startup ini Anda bisa mencoba menonaktifkan program yang dirasa kurang penting untuk aktif ketika startup. Caranya silakan Anda bisa baca artikel Cara Mempercepat Kinerja Komputer Paling Mujarab

Jika langkah tersebut sudah dilakukan namun komputer tetap saja lemot (lambat) mungkin juga akar masalahnya pada komputer ada Virus yang sedang bekerja. Silakan cek AntiVirus yang terpasang mungkin saja sudah kadaluwarsa.

Langkah terakhir jika semua cara diatas sudah dipraktikkan namun komputer tetap lambat bisa juga masalahnya ada di operasi sistem Windows. Anda bisa coba install ulang Windows. Ketika hardisk benar-benar bermasalah maka ketika install ulang Windows-pun akan memerlukan waktu lebih lama juga. Anda bisa cek kondisi hardisk dengan software khusus untuk menangani hal ini seperti Hiren’s BootCD. Kemungkinan hardisk Anda terdapat bad sector didalamnya.

2. Hardisk Tiba-Tiba Hilang

Hilang disini bukan berarti hardisk menjadi tidak ada (fisiknya), itu mungkin hilang karena ada yang mencuri. Yang saya maksud hilang disini adalah hardisk sama sekali tidak terbaca oleh bios komputer atau laptop. Untuk mengeceknya ketika komputer atau laptop Anda sedang booting namun terjadi hang/stuck silakan cek bios dan lihat apakah hardisknya muncul atau tidak pada konfigurasinya. Kemudian setelah komputer atau laptop di restart beberapa kali maka hardisk tersebut di bois muncul kembali. Nah jika terjadi kasus hilang dan tampak ini maka dipastikan juga kalau hardisk Anda memang sudah benar-benar bermasalah.

3. Terjadi Blue Screen of Death

Banyak penyebabnya komputer bisa terjadi kasus Blue Screen of Death. Salah satu diantaranya adalah karena hardisk sudah bermasalah. Namun sebelum memutuskan bahwa memang hardisk sudah rusak sebaiknya periksa dulu perangkat-perangkat keras lainnya seperti RAM. Bisa juga kejadian Blue Screen of Death ini disebabkan karena ada Virus di komputer atau ada program yang crash/error. Untuk mengetahui bahwa hanya ada masalah di program atau ada virus, silakan Anda coba masuk ke Safe Mode. Jika ketika Safe Mode tidak terjadi Blue Screen of Death maka itu tandanya masalah hanya di program atau ada virus. Kasus Blue Screen of Death ini bisa juga terjadi karena ada masalah di operasi sistem Windows. Kalau memang ada masalah di operasi sistem solusi satu-satunya adalah dengan menginstall ulang Wiondows.

Baca Juga : Yakin AntiVirus Yang Anda Gunakan Handal? Test Dulu Dengan 3 Cara Ini!

4. Adanya Kasus Stuck (Hang) Ketika Komputer Booting

Jika Anda mengalami komputer atau laptop ketika dinyalakan langsung tiba-tiba hang atang stuck maka ini adalah tanda-tanda kerusakan pada hardisk. Biasanya kasus stuck/hang ini komputer atau laptop akan tertahan pada posisi booting logo vendor dan komputer atau laptop langsung berhenti kinerjanya. Coba cek komputer atau laptop dengan mencabut hardisknya lalu nyalakan lagi. Jika memang komputer atau laptop bisa berjalan dengan normal atau tidak stuck/hang maka sudah dipastikan hardisknya bermasalah.

5. Ada Bunyi Aneh Yang Keluar Dari Hardisk

Maksudnya bunyi aneh bagaimana? Ya bunyi yang bersumber dari hardisk dan memang bukan dari yang biasanya. Anda mungkin sudah tahu kalau didalam hardisk terdapat piringan yang akan bekerja untuk proses read/write ketika komputer dijalankan. Ketika hardisk normalpun jika kita dengar dari dekat maka akan keluar suara bekerja dari piringan tersebut. Namun jika bunyi yang keluar dari efek bekerjanya piringan terlalu keras seperti bunyi “crek… crek… crek… crek…” maka bisa jadi hardisk tersebut sudah bermasalah. Efeknya kinerja hardisk akan menurun dan kerjanya tidak maksimal lagi.

Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang apa yang harus saya lakukan jika memang kasus-kasus seperti diatas saya alami? Langkah bijaknya adalah segera Anda backup semua data-data penting yang tersimpan di komputer atau laptop. Terserah backupnya mau ke media eksternal apapun, bisa ke CD/DVD, flashdisk, hardisk eksternal, dan sebagainya. Jika Anda tidak mempunyai keahlian dalam menangani untuk memperbaiki hardisk, silakan bawa saja kepada yang ahlinya. Atau mungkin langkah pintasnya adalah mengganti dengan hardisk yang baru.

Ok mungkin hanya itu saja tulisan tentang 5 Ciri-Ciri Hardisk Bermasalah Pada Komputer Atau Laptop. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan selamat mencoba untuk mengetahui tanda-tanda kerusakan pada hardisk.

 

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. intinya kalau ada hal yang tidak wajar seperti biasanya, bisa jadi ada suatu masalah dengan komponen komputer yang sedang ita pakai ! :D

  2. backup semua data-data penting, ini maksudnya data yang tersimpan di komputer kita ya mas seperti video, lagu, gambar dan sebagai nya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *