Home / Pendidikan / Contoh Evaluasi Diri Madrasah Ibtidaiyah

Contoh Evaluasi Diri Madrasah Ibtidaiyah

Contoh Evaluasi Diri Madrasah Ibtidaiyah – Evaluasi Diri Madrasah disingkat EDM sangat diperlukan bagi kelangsungan sebuah Madrasah. Bukan hanya sekolah yang berciri khas Agama Islam saja Madrasah Ibtidaiyah (MI), sekolah umumpun seperti Sekolah Dasar (SD) wajib memiliki Evaluasi Diri Madrasah. Karena dalam kenyataannya, antara Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) masih satu tingkat atau sederajat. Selanjutnya sebelum terjun untuk membuat Evaluasi Diri Madrasah, alangkah baiknya kita berpedoman pada contoh EDM yang sudah jadi. Karena dengan begitu, kita akan mempunyai sedikit gambaran dalam pembuatannya. Untuk itu disini saya akan berbagi file dokumen Contoh Evaluasi Diri Madrasah Ibtidaiyah.

Baca Juga : Penerbitan WEB Madrasah KKMI Jawa Barat

Kenapa Madrasah/Sekolah Harus Membuat Evaluasi Diri Madrasah?

Demi untuk meningkatkan mutu pendidikan khusus untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar, maka setiap Madrasah Ibtidaiyah harus menyusun Evaluasi Diri Madrasah (EDM). Karena Evaluasi Diri Madrasah isinya mencakup serangkaian program untuk pencapaian target dalam bidang pendidikan untuk mengidentifikasi bidang prioritas kelemahan dan kelebihan Madrasah Ibtidaiyah. Kemudian akan dilakukan perbaikan seperlunya yang berkelanjutan jika ditemui beberapa kesalahan. Karena Evaluasi Diri Madrasah ini senantiasa akan diperbarui selama lima tahun sekali.

Contoh-Evaluasi-Diri-Madrasah-Ibtidaiyah

Evaluasi Diri Madrasah dibuat mengacu berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan juga Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Dengan kata lain Evaluasi Diri Madrasah dibuat untuk meningkatkan mutu Madrasah Ibtidaiyah secara komprehensif. Jika Evaluasi Diri Madrasah dibuat sesuai dengan kenyataan di lapangan, maka Madrasah Ibtidaiyah dapat mengetahui dan memahami tahapan-tahapan perkembangan dalam pencapaian target awal. Madrasah Ibtidaiyah mampu menentukan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Dan ini akan diperoleh data yang akurat, karena itu dia Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dibuat tidak asal-asalan.

Jika sebuah Madrasah Ibtidaiyah telah membuat Evaluasi Diri Madrasah dan disesuaikan dengan fakta dilapangan, maka Madrasah Ibtidaiyah akan mengetahui peluang untuk meningkatkan mutu pendidikannya. Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dibuat berdasarkan identifikasi pada bidang yang meski diprioritaskan demi menciptakan Madrasah Ibtidaiyah yang bisa bersaing maju dengan sekolah-sekolah sederajat lainnya.

Berikut Contoh Evaluasi Diri Madrasah Ibtidaiyah

Jika Anda masih bingung bagaimana caranya membuat Evaluasi Diri Madrasah terutama tingkat Madrasah Ibtidaiyah, maka dibawah saya akan berbagi contoh file EDM dalam format dokumen (.doc). Silakan Anda pelajari sendiri, bagian mana yang tidak sesuai dengan fakta dilapangan Madrasah Ibtidaiyah Anda.

Karena file Evaluasi Diri Madrasah ini format .doc maka Anda bisa melakukan edit ulang secara mudah. Anda tinggal membukanya pada program pengolah kata seperti Microsoft Office Word.

Contoh Evaluasi Diri Madrasah Ibtidaiyah ini lengkap dan gratis bisa Anda dapatkan. EDM ini terdiri dari file halaman kaper/judul, pengesahan, dan isi EDMnya.

Mungkin hanya itu tulisan tentang contoh evaluasi diri Madrasah Ibtidaiyah. Dicoba saja dan mudah-mudahan tulisan ini ada manfa’atnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. saya mau tau tak coba download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *