Home / EPS-Topik Korea / Contoh Soal CBT (Computer Based Test) Asli EPS-Topik Korea

Contoh Soal CBT (Computer Based Test) Asli EPS-Topik Korea

Contoh Soal CBT Asli EPS-Topik Korea – Sebagai syarat utama agar bisa bekerja di negara Korea Selatan adalah harus memiliki Sertifikat Kelulusan EPS-Topik. Layaknya melamar pekerjaan di negara Korea Selatan dibuktikan dengan kepemilikan Sertifikat Kelulusan EPS-Topik. Lembaga resmi Indonesia yang mengelola sistem EPS-Topik adalah BNP2TKI bekerjasama dengan HRD-Korea. Kemudian sistem ini disebut dengan Program G to G (Goverment to Goverment).

Baca Juga : Cara Membaca Huruf Korea (Hangeul) Dengan Benar

Sistem ujian EPS-Topik Korea dibagi menjadi dua macam, yaitu : sistem PBT (Paper Based Test) dan CBT (Computer Based Test). Sistem ujian PBT (Paper Based Test) adalah pelaksanaan test Bahasa Korea diselenggarakan secara tertulis. Sedangkan sistem Ujian CBT (Computer Based Test) adalah pola seleksi ujian Bahasa Korea yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer.

Kedua sistem ujian Bahasa Korea ini (PBT dan CBT) menggunakan soal dalam bentuk pilihan ganda. Artinya peserta EPS-Topik Korea cukup memilih jawaban yang sesuai dari setiap soalnya. Seluruh soal baik ujian sistem PBT atau CBT berjumlah 50 soal dan setiap soal terdiri dari empat pilihan jawaban (pilihan ganda).

Ujian Bahasa Korea EPS-Topik jenis PBT dan CBT pelaksanaannya dibagi menjadi dua sesi, reading dan listening. Soal reading (membaca) berjumlah 25 soal dan sisanya 25 soal untuk sesi listening (mendengar). Sesi reading disajikan dengan memilih jawaban setelah membaca soal dalam bentuk soal bergambar, soal melengkapi kalimat, dan soal cerita. Kemudian untuk sesi listening peserta EPS-Topik menjawab soal berdasarkan pada soal yang didengar.

Baca Juga : Trik Menjawab Soal Ujian EPS Topik Korea

Pelaksanaan ujian EPS-Topik baik jenis PBT atau CBT diselenggarakan selama 70 menit. 30 menit untuk sesi reading dan 40 menit untuk sesi listening. Pergantian sesi dari sesi reading ke sesi listening dilaksanakan tanpa ada jeda waktu sedikitpun. Biasanya yang lebih dahulu dikerjakan adalah soal-soal sesi reading kemudian soal-soal sesi listening.

Sistem ujian jenis PBT (Paper Based Test) khusus untuk peserta EPS-Topik pemula. Adapun sistem ujian CBT (Computer Based Test) bagi peserta EPS-Topik yang telah bekerja di Korea dan kembali ke Indonesia kemudian bermaksud untuk kembali bekerja di negara Korea Selatan lagi (eks).

Pelaksanaan ujian sistem PBT hanya diselenggarakan satu kali dalam setahun. Biasanya pendaftaran ujian sistem PBT akan dibuka pada bulan Juni setiap tahunnya. Berbeda dengan ujian sistem CBT (khusus eks TKI Kore) diselenggarakan setiap tiga bulan sekali. Dengan begitu dalam satu tahun ujian sistem CBT diselenggarakan sebanyak empat kali.

Sesuai dengan judul artikel ini, disini saya akan memperkenalkan contoh soal ujian EPS-Topik jenis CBT. Contoh soal CBT ini saya ambil dari web resmi HRD-Korea. Namun sayangnya contoh soal CBT asli ini tidak bisa kita kerjakan untuk latihan menjawab soal.

Berikut Contoh Soal CBT Asli EPS-Topik Korea

Jika penasaran ingin mengetahui bagaimana bentuk soal CBT EPS-Topik Korea, Anda bisa langsung menuju web HRD-Korea EPS-Topik dengan URL eps.hrdkorea.or.kr/epstopik.

Nanti Anda akan dihadapkan pada tampilan seperti gambar di bawah ini. Saya sarankan agar tidak kesulitan nantinya, sebaiknya pilih Homepage yang berbahasa Inggris.

Disini Anda pilih Experience dengan klik tombol GO.

Contoh Soal CBT (Computer Based Test) Asli EPS-Topik Korea 1

Nah berikut tampilan soal ujian EPS-Topik jenis CBT (Computer Based Test). Tampilan awal adalah contoh tampilan biodata peserta berikut foto peserta. Jika kita ingin mengetahui lagi tampilan halaman CBT selanjutnya, silakan Anda klik tombol Confirm.

Contoh Soal CBT (Computer Based Test) Asli EPS-Topik Korea 2

Nanti juga Anda akan dihadapkan pada beberapa contoh soal sesi reading dan sesi listening. Kalau sekedar mengenal dan penasaran ingin tahu terlebih dahulu tampilan soal CBT sebelum melaksanakan ujian CBT sebenarnya, saya kira ini juga cukup. Namun jika Anda ingin mencoba latihan menjawab soal ujian EPS-Topik jenis CBT dan untuk mengukur kemampuan Anda dalam penguasaan Bahasa Korea, Anda bisa lihat pada artikel Latihan Menjawab Soal CBT-EPS-Topik Korea.

Mungkin hanya itu saja artikel kali ini dan semoga dengan melihat Contoh Soal CBT Asli bisa mengobati rasa kepenasaran Anda. Sehingga ketika nanti Anda menghadapi ujian CBT yang sebenarnya Anda sudah tidak kebingungan lagi. Salam sukses!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *