Home / EPS-Topik Korea / Daftar Nomor Telepon Penting Korea Selatan

Daftar Nomor Telepon Penting Korea Selatan

Daftar Nomor Telepon Penting Di Korea Selatan – Daftar nomor telepon penting ini sebaiknya diketahui dan disimpan baik-baik oleh Tenaga Kerja Asing atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Kita semua tidak tahu kalau suatu saat akan mendapatkan masalah di Korea Selatan. Dan jika seandainya kita menemui masalah serius di Korea Selatan, maka kita sudah mempunyai daftar nomor telepon penting yang sekiranya bisa membantu memecahkan masalah TKI. Berbagai macam permasalahan yang hubungannya dengan ketenagakerjaan di Korea Selatan bisa diselesaikan dengan menghubungi nomor-nomor telepon penting yang akan saya bagikan disini. Silakan Anda catat semua daftar nomor telepon penting Korea Selatan di akhir artikel ini.

Baca Juga : Terjemahan Materi Textbook 2015 Edisi Revisi

Sebelum membahas ke daftar nomor telepon penting apa saja yang akan saya bagikan, saya akan coba menerangkan cara membeli handphone di Korea Selatan. Hal ini perlu saya bahas, karena mungkin saja begitu TKI tiba di Korea Selatan kebingungan akan hal tersebut. Karena mana mungkin bisa menghubungi nomor-nomor telepon penting jika fasilitas untuk meneleponnya tidak ada. Kecuali jika TKI menggunakan telepon umum.

Daftar-Nomor-Telepon-Penting-Korea-Selatan

Cara membeli handphone (HP) (휴대폰 구입) di Korea Selatan berbeda jauh dengan cara membeli handphone di Indonesia. Di Korea Selatan orang asing tidak bisa membeli handphone seenaknya. Orang asing membeli handphone di Korea Selatan tidak bisa menggunakan kartu kredit. Namun orang asing diperbolehkan membeli handphone transaksinya menggunakan uang tunai. Kemudian orang asing wajib memperlihatkan Kartu Registrasi Orang Asing (외국인등록증) jika mau mendapatkan nomor telepon yang akan dipasang di handphone dengan nama sendiri. Jika orang asing tidak mempunyai Kartu Registrasi Orang Asing solusinya hanya bisa menggunakan handphone prabayar (Card Phone). Membeli kartu voucher yang sudah ada saldonya kemudian diisikan ke handphone.

Card Phone ini setiap bulan harus diisi ulang saldonya sebesar 10.000 won. Kemudian jika dalam satu bulan batas pemakaian telepon tidak mencapai 10.000 won, artinya masih ada saldo. Maka pada bulan depannya saldo tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi. Voucher bisa dibeli TKI ditempat-tempat yang menjual handphone dan toko kecil atau market yang berada di sekitar tempat kerja (pabrik).

Kemudian jika Tenaga Kerja Asing atau orang asing ingin menghubungi keluarganya agar murah biayanya, bisa menggunakan Kartu Telepon International (국제전화). Kartu ini bisa didapatkan di toko-toko khusus orang asing, supermarket tertentu yang berada di sekitar tempat kerja. Kalau orang asing menggunakan telepon untuk panggilan international pada jam tertentu, contoh pada malam hari atau waktu libur maka bisa lebih irit biaya teleponnya.

Inilah Daftar Nomor Telepon Penting Yang Berada Di Korea Selatan

Sekarang saatnya berbagi nomor telepon penting yang sudah saya janjikan pada tulisan diatas. Berikut adalah daftar nomor telepon penting di Korea Selatan (한국의 생활에 유용한 전화번호).

Nomor Telepon Digunakan Untuk/Dalam Situasi
1350 Pusat Konsultasi Pelanggan DEPNAKER
1345 Imigrasi, Lapor Izin Tinggal Dan Lain-Lain
1577-0071 Pusat Konsultasi Tenaga Kerja Asing
131 Pelayanan Informasi Perkiraan Cuaca
123 Pengaduan Gangguan Listrik
121 Pengaduan Gangguan Air PAM
1333 Informasi Lalu Lintas
1300 Layanan Pengaduan Kantor Pos
1330 Layanan Pariwisata Warga Negara Asing
1644-7111 Pusat Pelayanan Interpreting Pekerja Migrant
1577-1366 Pusat Pelayanan Respon Cepat Bagi Perempuan Migrant
119 Lapor Pasien Gawat Darurat atau Kebakaran
112 Lapor Kriminal (Kejahatan)
114 Penerangan Telepon (Pelayanan Informasi Nomor Telepon)
120 Lapor Berbagai Jenis Pengaduan di Tingkat Pemerintah Otonomi Daerah Dasar

Semua layanan nomor telepon diatas bisa Anda gunakan jika suatu saat menemui masalah di Korea Selatan. Tinggal Anda sesuaikan saja fungsi dari masing-masing nomor telepon diatas dengan kebutuhannya.

Selanjutnya yang harus Anda ketahui yang kaitannya dengan nomor telepon di Korea Selatan adalah nomor kode wilayah atau daerah di seluruh kota Korea Selatan. Kode wilayah ini sangat penting juga Anda ketahui. Karena jika kita ingin menghubungi seseorang di luar wilayah kota, maka didepan nomor telepon harus mencantumkan nomor kode wilayah tersebut.

Daftar Nomor Kode Daerah Seluruh Kota Di Korea Selatan

Daerah Kota Kode Telepon Daerah Kota Kode Telepon
Seoul 02 Gangwon 033
Busan 051 Chungbuk 043
Daegu 053 Chungnam 041
Ulsan 052 Gyeongbuk 054
Incheon 032 Gyeongnam 055
Gwangju 062 Jeonbuk 063
Daejeon 042 Jeonnam 061
Gyeonggi 031 Jeju 064

Mungkin hanya itu saja tulisan tentang Daftar Nomor Telepon Penting Di Korea Selatan. Semoga tulisan ini bisa bermanfa’at khusus bagi orang asing yang sedang berada di negara Korea Selatan.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. ribet juga ya mas kalo mau beli hp disana, itu no telepon penting dikorea selatan ya mas, banyak banget.untuk bermacam keperluan ya mas, kalo di indonesia beli hp mudah banget meskipun yang beli orang asing bukan warga negara sendiri..

  2. First thanks to you.I am already translate this website so I understand at least so I think if you really smart.You can make writing this article.I think very amazed.Please do not tell others about this comment.If I say this in the korean languange, you probably will not understand.So,please do not tell other people.Thank you very much.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *