Home / Kesehatan / 5 Dampak Terburuk Bagi Kesehatan Tubuh Jika Main HP Lebih Dari 2 Jam Lamanya

5 Dampak Terburuk Bagi Kesehatan Tubuh Jika Main HP Lebih Dari 2 Jam Lamanya

Dampak Main HP Lama Bagi Kesehatan – Zaman canggih seperti saat ini memang tidak bisa dipungkiri lagi kalau HP hampir sudah menjadi kebutuhan pokok saja. Padahal sebenarnya tidak begitu juga. Telepon seluler (Ponsel) saat ini telah banyak memberikan berbagai kemudahan dalam kehidupan manusia. Handphone atau Smartphone telah menjadi mesin canggih dari bagian tubuh manusia. Banyak orang yang merasa bangga dengan kecanggihan Smartphone yang dimilikinya. Terlebih lagi dengan banyaknya fitur yang dimiliki oleh HP tersebut.

Baca Juga : Berbahaya, Jangan Menggunakan Laptop Diatas Kasur! Berikut Adalah Alasannya

Dan memang dengan menggunakan Smartphone maka komunikasi menjadi lebih mudah. Saat ini banyak jenis kemunikasi dengan hanya mengandalkan sebuah Smartphone. Dalam sebuah genggaman, kita mampu berkomunikasi dengan kerabat baik yang tinggal di dalam negeri hingga di luar negeri.

Bukan komunikasi saja fitur yang ditawarkan Smartphone saat ini. Bermain game, main musik, nonton video, semua bisa dilakukan di Smartphone. Namun tahukah Anda, apakah sehat jika kita berlama-lama main HP? Wajib tahu bahwa ada 5 dampak negatif bagi kesehatan jika kita terlalu lama main HP hingga 2 jam lebih lamanya. Apa saja dampak terburuknya?

Berikut Dampak Terburuk Bagi Kesehatan Tubuh Jika Main HP Lebih Dari 2 Jam

Apakah Anda termasuk yang suka main HP lama-lama hingga lebih dari 2 jam? Mulai sekarang sebaiknya dihindari kebiasaan buruk tersebut, alasannya adalah :

1. Menurunkan Kekebalan Tubuh

Jika terlalu lama main HP dampak negatif pertama bagi kesehatan tubuh adalah dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda. Emisi dan radiasi HP dapat mengurangi produksi melatonin tubuh. Dan memang efek ini tidak akan langsung terasa oleh tubuh kita. Namun dalam jangka panjang maka akibatnya akan mulai terasa. Bahkan efek terlalu lama main HP dalam jangka panjang bisa mempengaruhi kesehatan tulang serta persendian Anda. Sehingga hal ini akan memicu penyakit rematik.

Bagaimana solusinya? Tidak ada cara lain hanya Anda harus mengurangi jatah waktu main HP. Silakan Anda gunakan HP ketika Anda membutuhkannya saja. Jika Anda terpaksa harus menggunakan HP lebih dari 2 jam, asal tidak terlalu sering maka boleh-boleh saja.

2. Mengakibatkan Bantalan Tulang Bergeser

Umumnya ketika kita main HP maka kepala akan menunduk. Tetapnya kita akan menunduk pada sudut 60 derajat. Hal ini kita lakukan untuk melihat Smartphone. Kegiatan menunduk ini sama dengan memberatkan kepala Anda sebanyak enam kali lipat. Kepala menunduk maka meningkatkan tekanan pada leher Anda.

Kebiasaan menunduk terlalu lama maka bisa mengakibatkan bantalan tulang bergeser. Salah satu cakram yang duduk antara tulang belakang rusak bahkan akhirnya bisa menekan syaraf juga.

Cara mencegah hal ini adalah dengan tidak membiasakan kepala menunduk ketika main HP. Perbaiki postur tubuh Anda ketika ingin main HP. Usahakan kepala harus selalu tegak dan telinga berada diatas bahu serta dada menjulang ke depan.

3. Menyebabkan Mata Tegang

Bahaya selanjutnya jika kita suka main HP terlalu adalah bisa menyebabkan mata tegang. Ketegangan mata ini adalah seperti : mata kering, kemerahan, iritasi, kelelahan, rabun dekat, bahkan bisa menyebabkan sakit kepala yang berkepanjangan.

Cara terbaik menggunakan HP agar terhindar dari mata tegang adalah, Anda harus membatasi penggunaan HP. Anda juga harus menghindari menggunakan HP di tempat tidur atau main HP sambil tiduran. Sekali-kali rebahkan leher Anda jika sudah menggunakan HP agak lama.

4. Rasa Kesepian

Umumnya orang-orang akan memainkan HP jika sedang mengantri ditempat umum apalagi jika sedang sendirian. Sebetulnya sah-sah saja. Namun tahukah Anda ada efek terburuk jika keseringan menggunakan HP lama-lama ketika sedang berada dikerumunan orang. Kebiasaan ini bisa membuat Anda merasa canggung terhadap kehidupan sosial. Hal ini akan memangkas kemampuan Anda untuk berinteraksi dengan orang lain.

Terlalu seringnya berinteraksi dengan orang lain secara online maka saat Anda mau berinteraksi di dunia nyata akan membuat Anda merasa takut seperti yang diucapkan Gary Clayman,M.D.

Disarankan agar menghindari kebiasaan lama-lama main HP ketika sedang berada dikerumunan orang. Gunakan HP seperlunya saja. Berkomunikasilah dengan orang-orang yang ada disekitar Anda. Tahukah Anda bahwa komunukasi verbal itu lebih baik dibanding percakapan digital.

5. Menyebabkan Penuaan Dini

Menakutkan, ternyata main HP lama-lama bisa menyebabkan penuaan dini juga. Seorang dokter kulit, Stuart H. Kaplan, M.D., mengatakan bahwa banyak pasiennya yang memiliki umur muda meminta pengobatan Botox untuk mengatasi kerutan dini. Hal ini disebabkan akibat melihat HP terlalu lama. Kulit kusut terjadi karena terlalu sering menekuk leher. Hal ini sama persis dengan kasus nomor dua diatas.

Ketika kita main HP maka leher akan ditekuk dan kepala menunduk. Mungkin hal ini tidak akan langsung terasa efeknya. Namun lambat laun seiring berjalannya waktu atau seringnya Anda melakukan hal ini maka akan terasa.

Solusi terbaik untuk menghindari efek buruk ini adalah Anda harus mulai berhenti menghabiskan waktu terlalu lama didepan ponsel. Biarkan leher Anda rileks dan rajinlah berolahraga terutama melakukan Yoga.

Ok mungkin artikel Dampak Main HP Lama Bagi Kesehatan dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. Dampaknya begitu mengerikan ya mas bagi kesehatan, semoga kita semakin hati2 ketika main HP, jangan sampai waktu yang lama ketika menggunakan HP membuat kesehatan kita semakin terganggu, harus professional dalam pemakaian sepertinya :)

  2. Waduh … anakku kalo main hp suka lupa waktu, jika dihitung rata-rata lebih dari dua jam .. jika beneran dampaknya seperti itu bahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *