Home / Teknologi / Adakah Nilai Positif Teknologi Terhadap Pendidikan Anak? Yuk Kita Bahas Disini!

Adakah Nilai Positif Teknologi Terhadap Pendidikan Anak? Yuk Kita Bahas Disini!

Dampak Positif Teknologi Bagi Pendidikan Anak – Di zaman yang terus berkembang, kebutuhan akan alat komunikasi semakin berkembang pula. Globalisasi berhasil merubah dunia menjadi ajang untuk berlomba-lomba menghasilkan teknologi secanggih mungkin. Perkembangan teknologi menjalar ke berbagai kalangan manusia di bumi ini, tidak pandang usia, rupa, profesi, kekayaan, jabatan, dan dimanapun kita berada.

Baca Juga : Penting Diketahui, Cara Membantu Anak Memanfaatkan Teknologi Dengan Tepat

Perkembangan teknologi ini sangat cepat dari tahun ke tahun. Seluruh negara berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dalam menciptakan teknologi. Teknologi diperkenalkan dalam berbagai bentuk. Karena perkembangannya yang pesat, kecanduan teknologi dapat menyerang siapa saja termasuk anak-anak.

Perkembangan Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

Teknologi dalam perkembangannya telah masuk ke berbagai pilar kehidupan. Salah satu yang sangat berketergantungan terhadap teknologi adalah dunia pendidikan. Dalam perkembangan teknologi, teknologi mengalami beberapa pergeseran, antara lain :

  • Pergeseran dari ruang tertutup (ruang kelas) ke ruang terbuka yang dapat diakses dimana dan kapan saja
  • Pergeseran bentuk, dari yang berbentuk lembaran kertas ke bentuk saluran/jaringan
  • Pergeseran dari fasilitas secara fisik ke fasilitas jaringan penunjang sistem kerja

Dengan segala pergeseran tersebut memudahkan kita dalam proses pembelajaran. Teknologi yang sangat mendominasi dalam dunia pendidikan adalah jaringan internet. Karena harganya yang juga terjangkau, internet banyak diminati banyak orang. Kita juga dapat dengan mudah mengaksesnya dimana pun kamu berada dan kapan saja kamu mau.

Namun kita juga harus mengingat bahwa dibalik semua kemudahan yang ditawarkan oleh perangkat teknologi, ada banyak kerugian yang kamu dapatkan, khususnya internet. Disini kamu belajar memilah dan memilih mana saja yang membawa keuntungan dan mana yang menyebabkan kerugian.

Efek Perkembangan Teknologi Bagi Pendidikan Anak

Teknologi yang kita kenal selama ini mempunyai efek negatif dan juga positif. Jika kita tidak pandai-pandai menggunakan teknologi, bisa-bisa kamu akan terbawa arus negatif dari perkembangan teknologi. Namun teknologi akan sangat membantu kamu dalam menyelesaikan urusan pribadimu sekalipun jika kamu tau cara penggunaan dan pemanfaatnnya.

Beberapa keuntungan dari perkembangan teknologi yang semakin canggih khususnya dalam dunia pendidikan antara lain sebagai berikut.

1. Sumber pengetahuan

Terutama internet, adalah perangkat teknologi yang menyediakan berbagai informasi mencakup seluruh kejadian yang ada di seluruh negara di dunia. Yang mana informasi tersebut akan sangat sulit kita temukan di dalam buku-buku pelajaran yang memang hanya terbatas jumlahnya.

2. Meningkatkan sistem pembelajaran

Sistem belajar mengajar yang selama ini diterapkan di Indonesia berupa tatap muka. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, memungkinkan sistem pembelajaran berjalan dalam jarak yang tak terbatas. Kapan pun dan di mana pun memungkinkan kita untuk tetap belajar.

Berbagai instansi sekolah mulai memanfaatkan kecanggiihan teknologi untuk mempermudah sistem belajar mengajar, seperti presentasi guru dan siswa secara online, pemasukan nilai dengan database dan lain sebagainya.

Baca Juga : Keuntungan Menyekolahkan Anak Di Madrasah

3. Mempersempit jarak

Berkat perkembangan teknologi, beberapa instansi terkenal telah menerapkan sistem belajar online, belajar tidak harus di dalam ruangan, di kafe, di taman, di rumah pun kita tetap bisa belajar. Tak ada lagi jarak yang menghalangi proses belajar.

Dengan berbagai kelebihan dari perkembangan teknologi, diharapkan kita mampu memanfaatkannya sebaik mungkin. Jika kita menyalahgunakan penggunaan alat teknologi, bisa saja berakibat fatal. Berbagai dampak negatif dari perkembangan teknologi antara lain seperti berikut.

1. Timbulnya rasa malas

Dengan teknologi yang canggih, kebanyakan pelajar malah menjadi malas untuk belajar. Kurangnya peraturan yang mengikat membuat mereka menyepelekan pelajaran.

2. Kurang konsentrasi

Dengan berbagai fasilitas yang disediakan dalam gadget ataupun internet, kebanyakan pelajar malah lebih tergoda untuk ngegame atau chatting dengan teman-temannya. Waktu belajar menjadi terbengkalai.

3. Terancamnya data rahasia sekolah

Karena informasi apa saja dapat diakses dengan internet, sebuah instansi harus lebih mengetatkan sistem keamanan informasi miliknya. Seperti data tes sekolah, jangan sampai bocor ke tangan pelajar.

4. Maraknya video yang kurang pantas ditonton

Banyak video-video dan konten yang dimuat di internet yang kurang pantas ditonton oleh anak sekolah. Video di bawah umur, video tawuran, kenakalan remaja, kekerasan, dan video yang mengacu tindakan kriminal.

5. Dunia maya lebih kejam

Dengan berbagai media komunikasi yang tersedia oleh internet, timbul tokoh maya. Siapa saja yang mempunyai niat buruk, dapat dengan mudahnya mempengaruhi orang dan banyak kejadian yang berakibat fatal akibat komunikasi dalam dunia maya.

Baca Juga : Cara Menggunakan Teknologi Masa Kini Agar Tidak Menimbulkan Dampak Negatif

Masih banyak dampak negatif yang mungkin terjadi karena perkembangan teknologi. Apalagi pada anak-anak, perlu perhatian ekstra dari orang tua. Akan lebih baiknya jika anak-anak dijauhkan dari alat teknologi. Selain mentalnya yang belum siap menerima, belum bisa memilih dan kecenderungan meniru sangat besar, anak-anak butuh pergaulan dengan sesamanya.

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *