Home / Teknologi / Dengan Adanya Teknologi Sensor Sidik Jari Bisa Mempermudah Proses Investigasi

Dengan Adanya Teknologi Sensor Sidik Jari Bisa Mempermudah Proses Investigasi

Teknologi Sensor Sidik Jari – Kejahatan selalu ada di sekitar kita. Tidak akan pernah ada habisnya. Kejahatan ini bisa menjadikan siapa pun korbannya. Bahkan kejahatan tidak akan bisa ditumpas bersih begitu saja, melainkan akan menjadi bumbu kehidupan yang tidak ada habisnya. Manusia hanya bsia berusaha menguranginya, salah satunya adalah dengan menciptakan alat sensor sidik jari yang canggih. Saat kejahatan terjadi, akan ada beberapa orang yang terlibat. Bukan hanya satu dua orang saja, melainkan banyak orang. Maka dari itulah akan menjadikan proses yang panjang, lama, dan rumit untuk memecahkannya. Peran manusia saja tidak cukup, dibutuhkan alat pendeteksi yang canggih untuk mendukungnya. Ada kualitas SDM sebagai peran utama dalam pemecahan masalah kejahatan ini, dan kemudian didukung dengan alat investigasi canggih, maka akan membuat data-data yang dikumpulkan menjadi lebih akurat.

Baca Juga : Kursi Roda Canggih, Penyandang Disabilitas Tidak Kesulitan Naik Turun Tangga

Alat investigasi yang biasa digunakan oleh para penegak keamanan dan keadilan seperti polisi atau detektif adalah lup atau kaca pembesar atau alat-alat yang lainnya. Bahkan mereka pun bisa mendeteksi sidik jari dari pelaku kejahatan dengan mudah. Namun masih menggunakan peralatan sederhana saja. Saat ini sebuah alat sensor sidik jari ini sudah dikembangkan oleh sebuah perusahaan di Inggris. Alat ini menjadi teknologi baru yang diciptakan dan masih pertama di dunia. Bekerja sama dengan Amerika Serikat, yang ikut menyumbangkan dana penelitian dan pemutakhiran alat ini. Diharapkan teknologi terbaru ini akan memudahkan proses investigasi dalam memberantas kejahatan-kejahatan yang ada di dunia ini. Penumpasan kejahatan harus dengan pengumpulan data-data yang akurat. Jangan sampai hanya mengumpulkan samplenya saja. Justru akan sangat menyusahkan karena harus bekerja ekstra. Padahal data-data itulah sumber informasinya. Sidik jari adalah salah satu jenis data yang harus dikumpulkan. Di mana sidik jari ini akan menjadi data yang paling akurat untuk menentukan siapa pelaku kejahatan yang dimaksud. Sidik jari ini bisa didapatkan dari jari-jari tangan dan telapak tangan. Di mana sudah pasti akan dilakukan oleh si pelaku, karena pelaku akan memegang barang bukti yang mereka pakai untuk melakukan aksi kejahatan. Tidak bisa lari lagi, jika sidik jari yang menempel di barang bukti sudah keluar hasilnya. Namun penentuan sidik jari ini masih memiliki kelemahan, yakni adanya banyaknya hasil investigasi yang kurang maksimal hasilnya. Selain itu, hasil yang terlalu lama keluarnya sehingga memungkinkan pelaku sudah menghilangkan jejaknya. Bahkan banyak juga pelaku kejahatan yang bisa menghilangkan jejak sidik jarinya dengan sangat pintar. Alhasil aksinya pun menjadi aksi bersih yang tidak bisa dideteksi sama sekali. Mereka dengan pintarnya mencuci tangan, sehingga bisa melancarkan kejahatan selanjutnya.

Alat Sensor Sidik Jari untuk Mempermudah Proses Investigasi

Alat sensor sidik jari ini adalah salah satu jawaban untuk para pembela keadilan. Alat ini dibuat dengan teknologi canggih dan dilakukan oleh para ahli. Alat ini didukung dengan sensor canggih yang selama ini telah terbukti memberikan kemudahan. Semua alat yang didukung sensor akan memberikan hasil memuaskan. Alat terbaru ini diciptakan oleh ilmuwan-ilmuwan handal dari Sheffield Hallam University, West Yorkshire, Inggris. Teknologi terbaru untuk memaksimalkan alat pendekteksi sidik jari untuk kepentingan pemeriksaan dan investigasi. Prinsip dari alat pendeteksi sidik jari ini sama dengan alat pendeteksi yang lainnya, di mana bisa mengupulkan informasi lebih akurat lagi. Jika dengan metode konvensional, setelah mendapatkan  data sidik jari, maka akan dicocokkan dengan tangan si pelaku. Belum diketahui apakah di pelaku pria atau wanita. Namun setelah menggunakan alat sidik jari bersensor ini, kita bisa mengetahui jenis kelamin dari si pelaku. Didukung dengan teknologi canggih dari analisis Kimia yang bernama tejnologi Spektometri masaa, alat deteksi sidik jari ini bisa mendeteksi sidik jari pada beda cair dan gas. Sehingga bisa mendapatkan data sidik jari dengan mudah.

Baca Juga : 5 Daftar Pakaian Dalam Berteknologi Canggih Yang Bisa Membuatmu Kagum

Untuk aplikasinya, alat sensor sidik jari ini telah digunakan sebagai alat deteksi untuk investigasi kasus kejahatan berupa pembunuhan dan pemerkosaan. Sudah beberapa kali diuji coba, dan dijamin akurat. Harganya sudah pasti selangit, namun jangan salah, kegunaannya melebihi angka harganya.  

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *