Home / Photoshop / Cara Membuat Efek Fokus Pada Photo Dengan Photoshop

Cara Membuat Efek Fokus Pada Photo Dengan Photoshop

Cara Membuat Efek Fokus Pada Photo Dengan Photoshop – Efek fokus yang saya maksud pada tutorial ini sama halnya dengan memberi efek blur pada photo.

Berikut hasilnya photo yang sudah diberi efek fokus menggunakan program Adobe Photoshop :

Efek Fokus Pada Photo Dengan Photoshop 00

Memberi efek fokus pada photo bisa di setting langsung di kamera sebelum melakukan pemotretan. Namun tidak semua jenis kamera yang menyediakan efek fokus otomatis. Tergantung jenis kamera dan tentunya harga dari kamera tersebut.

Sebelum dimulai tutorialnya, alangkah baiknya untuk memudahkan dalam praktek membuat efek fokus maka Anda menggunakan gambar yang sesuai dengan tutorial ini.

Baca Juga : Cara Membuat Huruf Efek Style Texture Photoshop

Kita mulai cara membuat efek fokus pada photo dengan Photoshop ini. Seperti biasa aktifkan program Photoshop dan buka photo yang akan diberi efek fokus tersebut di Photoshop dengan cara klik File > Open.

Selanjutnya buat sebuah Layer baru dengan cara Create a new layers di Pallet Layers. Rubah nilai Opacity Layer menjadi 20% atau 40%.

Efek Fokus Pada Photo Dengan Photoshop 1

Gunakan Brush Tool untuk menandai photo yang akan diabaikan dalam teknik pemberian efek fokus. Artinya kita hanya akan melakukan efek blur pada bagian background saja.

Setelah mengaktifkan Brush Tool jangan lupa setting juga di Tollbar, Mode : Normal, Opacity : 100% dan Flow : 100%.

Nanti jika Anda sudah menandai photo dengan Brush Tool, maka pada Pallet Layers akan tampak seperti gambar berikut ini :

Efek Fokus Pada Photo Dengan Photoshop 2

Sekarang arahkan kursor mouse di Layer 1, tepatnya pada bagian hasil tanda Brush Tool. Tekan Ctrl pada keyborad dan klik bersamaan tepat di bagian Brush Tool Layer 1. Ini akan menimbulkan terseleksinya bagian tanda Brush Tool pada Canvas.

Untuk memindahkan bagian yang terseleksi, klik menu Select > Inverse. Karena jika Anda tidak melakukan Inverse, maka nanti yang diberi efek blur malah objek yang seharusnya ditonjolkan ketajaman warnanya. Sedangkan kita disini memberi efek blur pada bagian background.

Efek Fokus Pada Photo Dengan Photoshop 3

Setelah menentukan bagian seleksi dengan Inverse, selanjutnya Anda aktifkan Layer Background pada Pallet Layers.

Efek Fokus Pada Photo Dengan Photoshop 4

Disini kuncinya dalam hal memberi efek fokus pada photo dengan efek Blur Photoshop. Aktifkan menu Filter > Blur > Radial Blur. Anda sesuaikan saja dengan resolusi photo, disini saya memberi nilai 10 pada Amount. Blur Method saya pilih Zoom dan Quality saya pilih Best.

Efek Fokus Pada Photo Dengan Photoshop 5

Jika sudah selesai menentukan efek Radial Blur, sekarang hapus Layer 1 pada Pallet Layers.

Efek Fokus Pada Photo Dengan Photoshop 6

Simpan hasil karya Cara Membuat Efek Fokus Pada Photo Dengan Photoshop di komputer dengan cara klik File > Save.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

9 comments

  1. wah, mantap tutorialnnya. pernah nyoba photosop tapi komputernya kurang canggih jadinya lemmot :(

    • memang program design grafic seperti Adobe Photoshop memerlukan speak komputer yang tinggi, tapi jangan patah semangat mas karena bisa memilih versi Adobe Photoshop yang sesuai dengan speak komputernya …

  2. Canggiiih. Saya tuh ga telaten buat bikin selectionnya Mas. Hahaha

    • padahal dalam hal edit photo kunci dasarnya adalah ketelatenan dalam seleksi photo … hihihihi

      • sangat cocok buat saya yg ilmunya hasil dari coba-coba (otodidak). tutorialnya sangat bermanfaat sekali. terima kasih sukses selalu

  3. Photoshop udah ga ada lagi di notebokk,
    padahal hasil foto bisa dimacem-macemin ya, keren.

    • sayang mas kalau notebooknya tidak ada program photoshopnya, dengan photoshop kita bisa berkreasi lebih akan koleksi photo kita.

  4. Adakah tutorial untuk membuat foto yg agak kabur menjadi fokus ? Pengen tau caranya ne mas. Atau tau nma softwrenya?

    • Jika foto yang dihasilkan dari kamera resolusi rendah memang sulit mba untuk diperjelas sekalipun menggunakan program Adobe Photoshop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *