Home / Kesehatan / Fakta-Fakta Menarik Tentang Bulu Hidung Dan Bagaimana Cara Perawatannya

Fakta-Fakta Menarik Tentang Bulu Hidung Dan Bagaimana Cara Perawatannya

Fakta Menarik Tentang Bulu Hidung – Hidung menjadi salah satu lata indera yang sangat penting fungsinya. Tanpa hidung, kamu tidak akan bisa bernapas. Karena fungsi utama hidung adalah untuk bernapas. Keberadaan bulu-bulu hidung menjadi salah satu alat yang sangat penting, karena akan membantu menyaring udara yang masuk. Maka dari itu, kamu harus tahu cara perawatan bulu hidung yang benar.

Baca Juga : Cara Tradisional (Cara Alami) Menghilangkan Komedo Di Hidung Permanen

Sebenarnya kamu bisa bernapas dengan mulut. Tetapi kegiatan ini kurang efektif, karena akan mengganggu fungsi utama mulut. Maka dari itu, kamu harus merawat hidung dengan baik agar selalu berfungsi dengan maksimal.

Fakta Tentang Bulu Hidung

Banyak hal yang harus kamu ketahui tentang alat pernapasan kita. Salah satu hal yang harus kamu kenali adalah tentang bulu-bulu halus yang ada di dalam hidung. Berikut adalah beberapa fakta tentang bulu hidung yang harus kamu ketahui.

  1. Bulu hidung harus dicukur . Bulu-bulu halus di dalam hidung bisa panjang, sehingga harus dipotong agar tidak mengganggu penampilan. Jika bulu hidung kamu panjang, maka akan membuatmu risih. Segeralah dipotong sehingga tampak rapi.
  1. Fakta tentang bulu hidung yang selanjutnya adalah bahwa bulu hidungmu akan semakin panjang sesuai dengan pertambahan usiamu. Hal ini telah diteliti oleh Dr. Chris Smith, bahwa bulu hidung seseorang akan semakin panjang seiring dengan pertambahan usia. Hal ini dikarenakan bulu pada tubuh sangat sensitif terhadap endrogen sehingga pertumbuhannya sangat cepat dan semakin lebat.
  1. Bulu hidung adalah penyaring udara dan kotoran atau debu dengan baik. Fungsi utama dari keberadaan bulu hidung di dalam rongga hidung adalah untuk menyaring udara yang masuk. Karena udara dari luar sudah mengandung banyak kotoran, sehingga akan sangat bahaya jika masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, bulu hidung membantu menyaringnya hingga aman untuk masuk ke dalam tubuh. Kotoran yang sudah dipisahkan dari udara akan diarahkan ke belakang tenggorokan agar bisa tertelan.
  1. Bulu hidung tidak boleh dicabut. Fakta tentang bulu hidung yang selanjutnya adalah bahwa bulu hidung tidak boleh dicabut, karena akan menyebabkan tumbuhnya bakteri di dalam hidung. Ketika kamu mencabut bulu hidungmu, maka akan ada pendarahan. Pendarahan akan terjadi sedikit, namun akibatnya sangat fatal, yakni hidung akan terinfeksi oleh bakteri.
  1. Bulu hidung bisa rusak karena pengaruh bahan kimia pada kosmetik. Kegiatan menggunakan kosmetik ini pasti akan selalu dilakukan oleh para wanita. Bahkan para wanita tidak akan percaya diri tanpa menggunakan make up di wajahnya. Ternyata penggunaan make up ini bisa menyebabkan pertumbuhan bulu hidung menjadi terhambat. Ini disebabkan karena folikel-folikel rambu hidung rusak. Gangguan pertumbuhan bulu hidung oleh pengaruh bahan kimia pada kosmetik ini bisa menyebabkan pertumbuhannya naik atau pertumbuhannya turun. Maka dari itu, hapus make up sesegera mungkin setelah kita di rumah atau tidak aktivitas lagi.
  1. Bulu hidung adalah penyaring mikroba terbaik. Salah satu fakta tentang bulu hidung adalah juga untuk menyaring mikroba, yang berupa kuman, spora, dan jamur, yang ada di dalam udara. Dengan bantuan lendir, bulu hidung bisa menyaring mikroba di udara dengan sangat baik.
  1. Bulu hidung memudahkan keringat untuk menguap. Fungsi dari bulu hidung adalah juga untuk memperluas permukaan kulit, sehingga proses penguapan keringat menjadi lebih mudah.

Cara Perawatan Bulu Hidung

Setelah mengetahui fakta-fakta tentang bulu hidung, kamu harus tahu bagaimana cara perawatan bulu hidung dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan memotong bulu hidung ketika sudah panjang dan mengganggu penampilan. Cara yang lainnya adalah dengan senantiasa berwudhu. Cara berwudhu ini akan membantu kamu untuk menjaga kebersihan bulu hidung. Sehingga kemampuan penyaringannya akan maksimal.

Trimming (teknik mencukur bulu hidung dengan alat khusus), waxing (pemotongan bulu hidung di spa/ oleh ahlinya), serta perawatan-perawatan bulu hidung lainnya bisa dilakukan. Semua dapat dilakukan di salon. Kita bisa melakukan perawatan tersebut dengan teratur.

Selalu jaga kesehatan hidung dan bulunya. Gunakan cara perawatan bulu hidung yang benar. Jangan sampai bulu hidung menjadi bermasalah dan atau mengganggu penampilan kamu. Potong rambut hidung sesegera mungkin ketika sudah terlihat panjang dan sekali lagi, jangan sampai mencabut bulu hidungmu.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *