Home / Kesehatan / Yuk Kenali Lebih Dalam Faktor Yang Menjadi Penyebab Kutil Di Wajah

Yuk Kenali Lebih Dalam Faktor Yang Menjadi Penyebab Kutil Di Wajah

Faktor Yang Menjadi Penyebab Kutil Di Wajah – Siapa yang tidak kenal kutil? Penyakit yang namun menjengkelkan hidup di permukaan kutil. Perlu Anda ketahui bahwasanya Kutil merupakan salah satu permasalahan utama kulit, hal itu disebabkan oleh virus HPV.

Baca Juga : Wajah Berjerawat? Jangan Risau, Atasi Sekarang Juga Dengan Daun Binahong

Virus tersebut menyerang lapisan kulit yang ditempelinya, setelah itu HPV memproduksi keratin atau protein keras yang jumlahnya meningkat pesat. Oleh karena itu, jumlah keratin tersebut melebihi jumlah yang dibutuhkan. Sehingga kelebihan jumlah tersebut menyebabkan adanya penumpukan di sekitar kulit tertentu serta membentuk adanya bentuk kulit. Biasanya Virus tersebut mudah menular dan menyebabkan kutil. Apalagi jika seseorang melakukan sentuhan langsung dengan kulit penderita atau benda yang terkontaminasi oleh virus HPV. Dan yang lebih rentan terkena virus ini adalah kalangan anak anak serta remaja. Begitupun dengan penyebab kutil di wajah juga disebabkan dengan virus HPV. Berikut uraiannya :

Yuk Kenali Lebih Dalam Penyebab Kutil Di Wajah

Ternyata sangat mudah mengenali gejala kutil hanya dengan sekilas melihat. Secara umum, kutil memiliki bentuk ciri menonjol ke atas permukaan kulit penderita, memiliki bentuk bulat dengan tekstur yang  kasar. Ukuran diameter benjolan kutil biasanya berkisar dari 0,1 sampai  dengan 1 cm.

Tidak hanya dibagian tertentu saja, namun kutil bisa mendiami daerah sesukanya. Termasuk di area wajah, sehingga terkadang penyebab kutil di wajah tidak disadari. Bisanya muncul disekitar hidung ataupun mulut.

Sebenarnya kutil tidak menyebabkan rasa sakit, hanya saja menyebabkan penampilan terganggu. Namun jika kutil menyebabkan rasa sakit serta muncul pendarahan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Penyebab Kutil

Perlu diketahui bahwasanya Penyakit jenis kutil telah diketahui disebabkan karena adanya bakteri maupun virus Human Papiloma (HPV), virus tersebut memiliki jenis lebih dari 60 macam virus HPV menular maupun tidak menular.

Gejala Kutil

Bentuk dan ukuran kutil bervariasi, ada yang berbentuk kecil, adapula yang berbentuk besar. Apabila bentuk kutil membesar bisa mencapai ukuran seperti bunga kol. Namun bentuk dan ukuran kutil dipengaruhi karena bakteri maupun virus yang menyebabkan kutil hidup. Kutil yang masih kecil tidak menyebabkan sakit ataupun nyeri. Namun pabila kutil membesar akan menyebabkan sakit serta nyeri. Hal itu disebabkan karena kutil mengiritasi urat syaraf serta menimbulkan infeksi. Penyebab kutil di wajah pun demikian, memiliki gejala yang sama dengan kutil di area kulit lainnya.

Hal yang mnearik adalah kutil bisa hidup secara terpisah maupun secara kelompok (kutil mosaik). Ada beberapa kutil yang bisa mengganggu penampilan, hal itu bisa dilakukan dengan tindakan pembedahan dengan cara mengelupas kutil dan menghilangkannya.

Penyebab Kutil Di Wajah

Seperti yang telah diuraikan dalam penjelasan sebelumnya, bahwa penyakit kutil dikarenakan oleh virus HPV. Karena Virus tersebut mudah sekali berkembang di tempat yang memiliki suhu hangat atau lembab. Pada beberapa kasus yang telah terjadi, penyebab kutil di wajah bisa tumbuh secara tidak sengaja dikarenakan terkena pisau cukur. Jika memang seperti itu, kemungkinan besar kutil dapat menyebar ke area kulit lain. Hal itu disebabkan karena pendarahan yang terjadi dari kutil menyebabkan penyebaran virus. Selain itu, pendarahan akibat pisau cukur kemudian menggunakan handuk yang terkontaminasi oleh virus maka hal itu juga menyebabkan penyebaran virus. Agar terhindar dari virus HPV sebaiknya rajin-rajinlah menjaga kebersihan.

Media Penyebaran Virus HPV

Pencapaian virus HPV tersebut terdapat media-media yang mendukung penyebarannya, media tersebut antara lain :

1. Pakaian

Akan lebih baik jika Anda tidak berganti pakaian dengan teman atau kerabat yang terinfeksi virus HPV. Baik meminjamkan ataupun memberikan pinjaman pakaian. Kecuali jika dibersihkan secara baik terlebih dahulu, yakni dengan cara merendam pakaian tersebut dengan air panas untuk menghilangkan virus HPV.

2. Alat Pribadi

Selain pakaian, alat Pribadi pun juga menjadi salah satu penyebaran virus HPV. Alat Pribadi tersebut antara lain, alat pencukur, mouse laptop, gadged, korek, alat-alat tulis, piring dan semacamnya. Untuk menghindari penyebaran virus HPV, sebaiknyan menghindari media yang menyebabkan tertularnya kutil. Cukup dipakai secara pribadii dan tidak bergantian.

Baca Juga : Cara Tradisional Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Secara Alami

Setelah kita mengetahui penyebab tumbuhnya kutil ditubuh maupun area kulit lainnya. Alangkah baiknya jika menjaga kebersihan sejak dini. Dan menghindari penggunaan alat Pribadi maupun pakaian yang bercampur dengan orang lain. Sebab media Penyebaran Virus HPV sangat rentan terhadap media-media semacam itu. Jagalah diri serta rajinlah dalam melakukan aktifitas untuk menghindari tumbuhnya kutil.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *