Home / Android / 5 Fitur Tersembunyi WhatsApp Yang Selama Ini Mungkin Belum Anda Ketahui

5 Fitur Tersembunyi WhatsApp Yang Selama Ini Mungkin Belum Anda Ketahui

Fitur Keren WhatsApp Wajib Tahu – Siapa sih yang mengira kalau aplikasi chatting WhatsApp memiliki banyak fitur yang tersembunyi. Selama ini mungkin kita hanya mengira kalau fitur WhatsApp hanya yang terlihat saja. Padahal sebetulnya WhatsApp itu memiliki banyak fitur demi untuk memudahkan penggunanya ketika chatting. Kendati disebut tersembunyi bukan artinya kita tidak bisa menggunakannya. Fitur ini bisa kita akses oleh siapapun asalkan tahu bagaimana caranya.

Baca Juga : Paket Internet Cepat Habis Saat Memakai WhatsApp? Lakukan Trik Berikut!

Hingga kini aplikasi WhatsApp masih termasuk aplikasi chatting paling populer yang digunakan oleh pengguna smartphone di seluruh dunia. Terlebih dengan WhatsApp kita tidak hanya bisa mengirim pesan dalam bentuk tulisan saja. Dengan WhatsApp kita bisa melakukan video call serta mengirim gambar sepuasnya.

Banyak sekali kelebihan WhatsApp dibanding aplikasi chatting sejenisnya. Sehingga tak heran kalau aplikasi WhatsApp termasuk aplikasi chatting yang paling digandrungi. Demi memudahkan pengguna, WhatsApp mempunyai segudang fitur seperti menjaga privasi, menyimpan percakapan ke cloud storage, menghemat konsumsi paket data internet, dan sebagainya.

Berikut Adalah 5 Fitur Keren WhatsApp Yang Wajib Anda Ketahui

Kemudahan menggunakan aplikasi WhatsApp tidak diragukan lagi. Aplikasi WhatsApp dirancang khusus untuk aktifitas chatting yang mudah digunakan oleh semua kalangan. Mungkin saja selama ini Anda belum tahu kalau WhatsApp mempunyai fitur :

1. Memisahkan Pesan Penting Ke Kotak Khusus (Starred Messages)

Di aplikasi WhatsApp versi baru Anda tidak harus scrolling pesan dari atas kebawah untuk mencari pesan yang isinya sangat penting. Jika aplikasi WhatsApp yang Anda gunakan saat ini adalah versi terbaru, silakan Anda sortir setiap pesan yang menurut Anda penting. Anda pisahkan setiap pesan yang kemungkinan kedepannya akan Anda gunakan lagi. Hal ini untuk memudahkan serta mempercepat proses ketika suatu saat Anda harus membaca kembali pesan tersebut. Silakan gunakan fitur penanda pesan yang nantinya pesan tersebut akan masuk ke kotak khusus. Kotak khusus ini lebih dikenal lagi dengan nama Starred Messages. Setiap pesan yang Anda kasih Star (bintang) maka akan masuk kedalam kotak Starred Messages.

Cara menggunakannya sangatlah gampang, pertama silakan Anda buka atau cari pesan yang akan ditandai. Selanjutnya Anda tap dan tahan sebentar pada pesan yang akan dipindahkan hasil duplikatnya ke Starred Messages. Kemudian Anda tap Starred Messages (icon bintang), maka kini pesan tersebut sudah berada juga di kotak Starred Messages. Untuk membuktikannya, Anda tap Starred Messages dan lihat hasilnya.

2. Backup Pesan Ke Cloud Storage Google Drive

Jika terus menerus Anda melakukan chatting menggunakan aplikasi WhatsApp, maka tidak menutup kemungkinan kalau lama-lama memori smartphone Anda akan penuh. Terlebih jika memori yang Anda gunakan kapasitasnya kecil. Anda bisa saja menghapus setiap pesan yang tidak penting atau menghapus semua pesan. Namun bagaimana jika pesan-pesan tersebut sangatlah penting. Maka solusi terbaiknya adalah dengan melakukan backup pesan ke Cloud Storage atau penyimpanan awan. Cloud Storage yang direkomendasikan WhatsApp adalah hanya Google Drive saja.

Untuk backup pesan WhatsApp ke Google Drive caranya sangat mudah juga. Dari Settings silakan Anda tap Chats kemudian Chat Backup.

Selanjutnya Anda disini tinggal tap tombol Backup saja, maka seketika semua pesan WhatsApp Anda akan tersimpan di Google Drive. Akun Google yang digunakan adalah akun Google yang sudah terdaftar di Aplikasi Google Play Store smartphone Anda.

Disini Anda juga bisa mengatur jadwal Backup otomatis dengan memilih Back up to Google Drive. Anda bisa memilih jadwal backup Never, Only when I tap “Back up”, Daily, Weekly, dan Monthly. Silakan sesuaikan saja dengan kebutuhan.

3. Menghapus Semua Pesan

Mungkin selama ini yang Anda tahu kalau WhatsApp hanya memberikan fitur menghapus pesan satu persatu secara manual. Kenyataannya tidak begitu. WhatsApp tersedia fitur untuk menghapus semua chat secara otomatis. Tentunya hal ini akan lebih menghemat waktu Anda terlebih jika jumlah chat sangat banyak.

Untuk menghapus (delete) dan membersihkan (clear) semua chat Anda di WhatsApp, caranya silakan tap Settings kemudian Chats. Selanjutnya Anda tap lagi Chat history dan Anda akan disuguhkan kedalam dua metode penghapusan pesan yaitu, Clear all chats dan Delete all chats.

Fitur clear chat WhatsApp juga memiliki kelebihan untuk memilih durasi penghapusan pesan. Anda bisa memilih durasi 30 hari terakhir dan sebagainya. Untuk hal ini silakan Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Fitur ini tentunya akan menguntungkan pengguna smartphone. Karena efeknya akan membuat ringan aplikasi WhatsApp karena semua cachenya sudah dibersihkan. File-file cache ini hanya berupa sampah saja dan Anda meski menghapusnya demi perawatan smartphone Anda juga.

4. Menandai Pesan Sudah Di Baca Atau Belum

Biasanya hal ini terjadi pada percakapan di grup. Anda tidak mau keluar dari grup tertentu karena merasa tidak enak sama adminya. Namun disatu sisi Anda merasa terganggu sekali dengan angka notifikasi pesan anggota yang membuat malas untuk membacanya. Solusinya terbaiknya adalah gunakan fitur mark as read dan unread untuk melenyapkan jumlah angka notifikasi ini.

Caranya silakan tap dan tahan percakapan grup yang ingin ditandai dan tap Mark as read atau Mark as unread.

5. Mengatur Notifikasi Secara Manual

WhatsApp memiliki fitur untuk mengatur notifikasi khusus. Mungkin Anda ingin membedakan notifikasi seseorang yang dianggap penting untuk membedakan notifikasi pesan dengan yang lainnya. Anda bisa mengubah notifikasi khusus meliputi dari tone, vibrate, popup, dan light.

Caranya silakan Anda tap kontak siapa yang ingin diubah notifikasinya kemudian tap View Contact. Selanjutnya silakan Anda tap lagi Custom notifications dan silakan centang/checklist pada Use custom notifications. Anda setting notifikasi khusus sesuai dengan kebutuhan.

Ok mungkin hanya itu artikel 5 Fitur Keren WhatsApp Wajib Tahu. Sebetulnya masih banyak fitur-fitur keren lainnya dan Insya Allah akan saya lanjutkan pada artikel selanjutnya. Semoga artikel ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *