Home / Microsoft Office / 3 Fitur Rahasia Microsoft Office Word Untuk Mempercepat Proses Pekerjaan Anda

3 Fitur Rahasia Microsoft Office Word Untuk Mempercepat Proses Pekerjaan Anda

Fitur Rahasia Office Word – Artikel ini adalah lanjutan dari Trik Microsoft Office Word Wajib Tahu. Dimana dalam artikel tersebut sudah disebutkan bahwa terdapat 10 trik untuk mempercepat pekerjaan kita di Office Word. Demi melengkapi lagi pembahasan tentang trik Office Word, maka kembali saya bahas fitur rahasia lain yang wajib juga Anda ketahui. Dengan menggunakan trik-trik ini maka proses pekerjaan Anda di Office Word akan selesai lebih cepat lagi. Tentunya hal ini akan menghemat waktu yang kita gunakan dalam proses pengetikan di Office Word.

Baca Juga : 10 Fitur Terbaru Microsoft Office 2016 Unik Dan Menarik Yang Perlu Anda Ketahui

Disini saya akan bahas 3 fitur rahasia Office Word yang mungkin selama ini Anda belum mengetahuinya. Fitur rahasia ini bisa Anda praktikkan demi menunjang produktivitas Anda dalam menggunakan Office Word.

fitur-rahasia-microsoft-office-word-0

Dalam praktik 3 fitur rahasia ini saya menggunakan Microsoft Office Word 2007. Namun dalam kenyataannya fitur-fitur ini bisa Anda praktikkan juga pada versi Office Word diatasnya atau bahkan dibawahnya.

Berikut 3 Fitur Rahasia Office Word Untuk Mempercepat Proses Pekerjaan Anda

1. Memasukkan Karakter Khusus Dengan Cepat

Awalnya ketika kita ingin memasukkan karakter khusus pada layar kerja Office Word adalah dengan cara klik pilih Symbol. Dengan cara ini tentunya sedikit bisa memperlambat proses Anda dalam pembuatan dokumen di Office Word. Ada cara lebih cepat lagi yaitu dengan menggunakan keyboard shortcut. Untuk memasukkan karakter khusus kita cukup menekan tombol Alternate (Alt) Keyboard ditambah dengan tombol-tombol khusus lainnya.

fitur-rahasia-microsoft-office-word-1

Contohnya kita ingin membuat karakter Trademark Symbol () maka kita cukup menekan Alt+0153. Membuat Symbol Down Arrow () cukup menekan tombol Alt+25. Selengkapnya Anda bisa lihat gambar di bawah ini :

fitur-rahasia-microsoft-office-word-2

Dengan catatan angka yang kita gunakan untuk melengkapi tombol Alternate (Alt) adalah tombol Numerik yang terletak di sebelah kanan keyboard. Meskipun sekilas tampak ribet, saya rasa jika hal ini sudah terbiasa dan hapal tombol kombinasinya maka proses pembuatan karakter khusus akan lebih cepat dibanding mengambil dari kumpulan Symbol.

2. Trik Menambahkan Placeholder Text

Terkadang kita perlu membuat sebuah paragraf dummy random yang tanpa makna di Office Word. Atau istilah yang lebih dikenal lagi dengan sebutan Lorem Ipsum. Kita bisa menggunakan fitur rahasia Word yang selama ini tersembunyi yaitu dengan menggunakan Lorem Ipsum Generator. Cara membuatnya adalah Anda bisa mengetik =rand(p,b) pada layar kerja Office Word kemudian Enter. Simbol p adalah untuk menunjukkan jumlah paragraf yang ingin Anda buat, kemudian simbol b adalah jumlah baris paragraf. Sebagai contoh saya akan mengetik perintah =rand(4,6) maka setelah di Enter akan menghasilkan 4 paragraf dummy serta 6 baris pada setiap paragraf.

fitur-rahasia-microsoft-office-word-3

Umumnya paragraf palsu ini sering digunakan untuk mencoba proyek desain website khususnya untuk mengetes layout paragraf dari halaman website itu sendiri.

3. Menampilkan Kalkulator

Ternyata Office Word bisa kita gunakan juga untuk menghitung layaknya Office Excel. Meskipun fitur menghitung di Office Word ini tidak selengkap Office Excel. Wajar saja Office Word dirancang hanya untuk program pengolah kata saja bukan pengolah data seperti Office Excel.

Jika Anda ingin mencoba kalkulator Office Word caranya silakan Anda klik pilih Office Button kemudian Word Options.

fitur-rahasia-microsoft-office-word-4

Untuk Microsoft Office Word 2007 silakan Anda klik pilih Customize pada layar kerja Word Options. Sedangkan untuk Office Word 2013 dan 2016 biasanya yang harus dipilih adalah Quick Access Toolbar. Jangan lupa untuk memilih All Commands pada opsi Choose commands from. Sekarang silakan Anda cari Calculate dan klik Add. Hal ini kalkulator Office Word agar bisa tampil di deretan Quick Access Toolbar. Klik OK untuk menyimpan sekaligus menutup layar kerja Word Options.

fitur-rahasia-microsoft-office-word-5

Sekarang Anda lihat pada Quick Access Toolbar pasti akan bertambah satu icon berupa lingkaran. Silakan Anda ketik aritmatika sembarang sekedar untuk mengetes kalkulator. Untuk operasi hitungnya sama dengan Office Excel, yaitu perkalian diketik (*), pembagian (/), penjumlahan (+), dan pengurangan (). Misal disini saya akan menghitung 7*4/2+5-4.  Selanjutnya untuk menjumlahkan angka yang sudah kita ketik, silakan block angka kemudian klik Calculate yang berada di Quick Access Toolbar. Hasilnya akan terlihat di sudut kiri bawah atau Status Bar.

fitur-rahasia-microsoft-office-word-6

Ok mungkin artikel 3 Fitur Rahasia Office Word dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya demi untuk mempercepat proses pekerjaan Anda di Office Word. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *