Home / Pendidikan / Fungsi & Cara Memperbaiki Data Di Dashboard EMIS-Pendis Kemenag

Fungsi & Cara Memperbaiki Data Di Dashboard EMIS-Pendis Kemenag

Cara Memperbaiki Data Di Dashboard EMIS-Pendis – Walaupun pendataan di EMIS-Pendis Kemenag sampai ini belum difungsikan sepenuhnya, namun Operator Madrasah sudah mulai diwajibkan untuk mendaftar kepemilikan akun di EMIS-Pendis. Maka dari itu bagi Anda yang bertugas sebagai Operator Madrasah dan sampai saat ini belum mempunyai akun di EMIS-Pendis, segeralah untuk melakukan pendaftaran. Caranya bisa Anda simak di tulisan saya sebelumnya tentang Cara Daftar Operator EMIS Pendis (Kemenag) Dengan Mudah.

Baca Juga : Download Contoh Program Kerja Ujian Sekolah Madrasah Terlengkap

Karena seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa sampai saat ini web EMIS-Pendis belum bisa digunakan sepenuhnya, seperti dalam melakukan Pengelola Data untuk itu sementara Operator Madrasah hanya melakukan pendaftaran saja. Jika sudah mempunyai hak akses login di EMIS-Pendis, maka Operator Madrasah hanya bisa melihat-lihat tampilan Dashboard saja. Selain menu Pengelola Data, menu-menu lainnya di Dashboard EMIS-Pendis sudah bisa kita gunakan.

Fungsi-&-Cara-Memperbaiki-Data-Di-Dashboard-EMIS-Pendis-Kemenag

Adapaun fungsi dari masing-masing menu yang ada di Dashboard EMIS-Pendis itu untuk apa? Dan bagaimana caranya jika kita ingin memperbaiki data-data di EMIS-Pendis, seperti memperbaiki profil, surat tugas, password, dan lain-lain? Baik disini saya akan coba membahasnya sampai tuntas.

Berikut Fungsi & Cara Memperbaiki / Merubah Data Di Dashboard EMIS-Pendis Kemenag

Tampilan halaman Dashboard EMIS-Pendis terdiri dari delapan menu, yaitu : Beranda, Pengelola Data, Cari Operator, Profil Operator, Unggah Surat Tugas/SK, Unggah Foto, Ubah Password, dan Keluar Aplikasi. Dari delapan menu tersebut hanya satu menu saja yang sampai saat ini belum bisa digunakan, yaitu menu Pengelola Data. Dan menu ini merupakan menu terpenting di EMIS-Pendis. Dengan menu Pengelola Data maka kedepannya Operator Madrasah akan melakukan input dan edit data Madrasah seperti data siswa, lembaga, guru, dan sebagainya.

Adapun apa fungsi dari masing-masing menu tersebut dan bagaimana cara menggunakannya?

1. Beranda

Sementara yang saya lihat di halaman Beranda Dashboard EMIS-Pendis belum ada tampilan apa-apa. Entahlah kedepannya akan menampilkan apa sayapun tidak tahu. Yang jelas dihalaman Dashboard EMIS-Pendis kita bisa mengganti Layout Options default menjadi Fixed Layout. Kemudian kita juga bisa mencoba merubah tampilan halaman EMIS-Pendis dengan mengganti Skins yang terdapat dalam dua pilihan Black dan Blue.

2. Pengelola Data

Nah halaman inipun hingga artikel ini diterbitkan masih belum bisa kita gunakan. Mungkin web EMIS-Pendis masih dalam perbaikan dan pembenahan. Bagi Operator Madrasah harap bersabar saja dahulu. Kita sekarang fokus melakukan pendataan di dalam format Excel saja tentang data lembaga, data siswa, data personal, dan sebagainya.

3. Cari Operator

Menu ini khusus bagi Anda jika ingin mencari Operator Madrasah lain dan tentunya operator yang sudah terdaftar di EMIS-Pendis. Anda bisa mencari Operator Madrasah lain dengan menggunakan alamat email. Nanti jika alamat email yang Anda masukkan benar dan sudah tersimpan di database, maka akan muncul hasil pencariannya berupa identitas Operator Madrasah.

4. Profil Operator

Menu Profil Operator yang terdapat di Dashboard EMIS-Pendis adalah data-data pribadi atau data profil Operator Madrasah berdasarkan alamat email yang sudah didaftarkan. Ini adalah data profil yang ketika Anda melakukan pengisian data atau form pendaftaran pertama kali. Jika Anda ingin merubah data profil maka lakukanlah di menu Profil Operator ini. Misal ketika Anda daftar salah menuliskan nama Kecamatan, maka disinilah Anda memperbaikinya.

5. Unggah Surat Tugas/SK

Halaman ini berfungsi untuk mengunggah Surat Tugas atau SK Operator Madrasah. Bukankah Surat Tugas / SK ini sudah kita unggah ketika pendaftaran akun EMIS-Pendis? Ya, mungkin saja Surat Tugas / SK yang Anda unggah ada kesalahan redaksi sehingga Anda harus memperbaikinya. Nah, Anda bisa mengunggah kembali Surat Tugas / SK yang sudah diperbaiki tersebut di halaman ini.

6. Unggah Foto

Sebagai pelengkap identitas Operator Madrasah di EMIS-Pendis, maka Anda bisa mengunggah Foto di halaman Dashboard atau tepatnya di menu Unggah Foto. Kemudian ukuran file foto yang diperbolehkan adalah maksimal berukuran 200 KB dalam format JPEG, PNG, JPG, dan GIF.

7. Ubah Password

Jika suatu ketika password login Anda di EMIS-Pendis diketahui oleh orang lain, maka sebaiknya Anda rubah password tersebut dengan kata sandi yang baru. Hal ini demi menjaga keamanan (privasi) seluruh data madrasah Anda di EMIS-Pendis. Untuk merubah password di EMIS-Pendis, Anda lakukan di menu Ubah Password.

8. Keluar Aplikasi

Ketika Anda selesai menggunakan Aplikasi EMIS-Pendis, maka sebaiknya halaman Dashboard EMIS-Pendis dikeluarkan dengan memilih menu Keluar Aplikasi. Hal ini demi menjaga keamanan data Madrasah Anda jatuh ke orang lain karena halaman EMIS-Pendis Anda tinggalkan ketika masih login.

Mungkin hanya itu saja tulisan tentang Fungsi & Cara Memperbaiki Data Di Dashboard EMIS-Pendis Kemenag. Bagi yang mempunyai masalah gagal login di EMIS-Pendis karena lupa password hingga saat ini sayapun belum mengetahui caranya. Dan memang kalau dilihat sekilas, di halaman EMIS-Pendis Kemenag tidak ditemukan fasilitasnya, entahlah kalau kedepannya. Solusinya jika Anda tidak bisa login karena lupa kata sandi, Anda bisa coba daftar kembali dengan menggunakan alamat email lain/baru.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

7 comments

  1. Alfi Abdul Gandi

    cara merubah kecamataan di alamat pekerjaan koq gabisa yah malah d blok
    ? minta solusinya .. makasih :)

  2. saya ingin merubah password tapi di tampilan emis tidak ada menu untuk merubah data seperti yang di contohkan melainkan hanya ada pilihan daftar,status pendaftaran dan petunjuk saja.

    • Jika ingin merubah password EMIS Pendis, Anda harus login terlebih dahulu menggunakan akun yang sudah terdaftar. Lihat contoh diatas!

  3. bagaimna jika ketika mau masuk ke akun emis operator ,,tetapi kita merasa tidak mengubah pasword namun ketika kita memasukan pasword kita itu salah ??

  4. bagai mana menghapus data bila seharusnya tidak di isi tetapi terlanjur disi pada bagian sk kemenkumham…??

    • GIMANA CARA MEMBATALKAN/menghapus FILE YANG DI UNGGAH? karena disitu tidak ada tulisan untuk mengahpus file nya mohon dijawab?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *