Home / Teknologi / Penasaran Dengan Fungsi Tombol Tengah Pada Mouse? Inilah Penjelasannya

Penasaran Dengan Fungsi Tombol Tengah Pada Mouse? Inilah Penjelasannya

Fungsi Tombol Tengah Mouse – Bagi Anda yang biasa mengoperasikan komputer tentunya sudah tahu apa itu fungsi tombol atau klik kiri dan kanan yang terdapat pada mouse. Namun saya yakin untuk fungsi tombol tengah pada mouse tidak semua orang yang memahaminya. Umumnya kita hanya tahu kalau tombol tengah mouse hanya untuk melakukan scroll saja. Selain daripada fungsi itu hanya sedikit orang yang tahu. Padahal sebenarnya fungsi tombol tengah mouse bukan hanya untuk scroll saja.

Baca Juga : Cara Terbaru Membuka Blog Yang Diproteksi Klik Kanan Di Chrome Dan Firefox

Disini saya akan memberikan penjelasan bahwa selain untuk scroll, tombol tengah mouse masih memiliki fungsi lain. Dengan begitu jika Anda sudah mengetahui fungsi lain dari tombol tengah mouse ini, maka pekerjaan Anda akan sedikit terbantu dalam mengoperasikan komputer.

Fungsi Tombol Tengah Mouse 0

Berikut Fungsi Tombol Tengah Mouse Yang Wajib Anda Ketahui

Ok tidak usah bicara panjang lebar lagi, sekarang mari kita bahas fungsi apa saja yang tersembunyi dibalik tombol tengah mouse? Inilah penjelasan lengkapnya :

1. Menutup Jendela Kerja Yang Sedang Aktif (Close Windows)

Fungsi tombol tengah mouse yang pertama adalah kita bisa menutup jendela kerja aktif dengan cepat. Biasanya dalam menutup jendela kerja kita suka mengarahkan kursor mouse ke tanda close (x) kemudian klik kiri mouse. Namun dengan tombol tengah mouse kita tidak perlu mengarahkan kursor ke tanda close tersebut. Kita cukup klik satu kali tombol tengah mouse pada jendela kerja yang aktif.

Silakan Anda arahkan kursor ke program yang ingin Anda keluarkan atau nonaktifkan yang terdapat di taskbar sampai tampil preview-nya. Setelah preview tampil, Anda tekan tombol tengah mouse dan program yang aktifpun akan hilang (nonaktif).

Fungsi Tombol Tengah Mouse 1

2. Bisa Menutup Tab Yang Sedang Aktif (Close Tab)

Apa yang biasa Anda lakukan jika Anda ingin menutup tab aktif ketika sedang membuka banyak tab? Umumnya dalam menutup tab maka kita akan mencari-cari tombol close (x). Google Chrome biasanya akan menyembunyikan tombol close ini. Tombol close tab pada browser Chrome akan terlihat jika kita sudah mengarahkan kursor pada tombol close tersebut. Sekarang untuk menutup tab browser yang aktif Anda tidak perlu mengarahkan lagi kursor mouse pada tombol close. Dengan tombol tengah mouse Anda cukup mengarahkan kursor pada tab aktif saja. Begitu Anda melakukan klik tombol tengah mouse, maka pada saat itu juga tab aktif akan tertutup.

Fungsi Tombol Tengah Mouse 2

3. Membuka Link Di Tab Baru (Open Link in New Tab)

Pernahkan Anda klik link pada blog atau web kemudian efek yang ditimbulkan link akan terbuka pada tab baru? Itu adalah efek dari struktur kode yang menggunakan tambahan target="_blank" didalamnya. Lalu bagaimana jika kita ingin membuka link pada tab baru namun pemilik blog tidak menerapkan kode target_blank? Jawabannya mungkin kita akan melakukan klik kanan pada link tersebut lalu memilih Open link in new tab atau Buka tautan di tab baru. Betul tidak?

Nah dengan tombol tengah mouse kita tidak perlu melakukan klik kanan terlebih dahulu walaupun link tersebut tidak ada pengaturan target="_blank"-nya. Kita cukup klik langsung link tersebut dengan tombol tengah mouse dan hasilnya link akan terbuka pada tab browser yang baru.

Fungsi Tombol Tengah Mouse 3

4. Membuka Jendela Baru (Open New Windows)

Fungsi tombol tengah mouse selanjutnya adalah kita bisa membuka jendela baru sampai tidak ada batasnya. Misalkan kita saat ini sedang membuka jendela browser Chrome yang terdapat pada taskbar. Kemudian kita ingin membuka jendela baru browser Chrome lagi. Maka kita cukup melakukan klik tombol tengah mouse dan pada saat itu juga jendela baru akan terbuka aktif.

Fungsi Tombol Tengah Mouse 4

5. Membuka Semua Link Sekaligus Dalam Bookmark

Saya biasanya suka menyimpan link yang saya rasa sangat penting untuk disimpan. Maksudnya ketika nanti saya membutuhkan lagi maka saya bisa dengan mudah menemukannya lagi. Kemudian link tersebut jika jumlah sudah sangat banyak maka akan dikumpulkan dalam satu folder (bookmark).

Tentunya jika jumlah link yang tersimpan dalam folder tersebut jumlahnya sedikit maka bukan hal yang sulit untuk membukanya seperti yang biasa kita lakukan. Namun jika jumlahnya lumayan banyak dan kita ingin membuka semua link-link tersebut maka akan menghabiskan waktu lama.

Fungsi Tombol Tengah Mouse 5

Solusinya kita cukup menggunakan tombol tengah mouse. Karena dengan tombol tengah mouse kita bisa membuka semua link yang tersimpan dalam folder hingga tanpa ada batasnya.

Anda cukup mengarahkan kursor mouse pada folder bookmark dan klik tombol tengah mouse.

Ok mungkin tulisan Fungsi Tombol Tengah Mouse ini dicukupkan sekian saja. Apakah Anda mempunyai trik lain seputar tombol tengah mouse? Silakan bisa disampaikan dikotak komentar. Salam sukses dan sampai bertemu lagi diartikel menarik lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *