Home / Kesehatan / Waspadai 4 Stadium Gejala Ambeien Dan Cara Mengobatinya Segera

Waspadai 4 Stadium Gejala Ambeien Dan Cara Mengobatinya Segera

Gejala Ambeien Dan Cara Mengobatinya – Ambeien (hemoroid) atau  dikenal juga dengan wasir merupakan penyakit dengan benjolan yang muncul di bagian sekeliling anus. Benjolan tersebut berasal dari pelebaran hingga meradangnya pembuluh vena (pembuluh balik) di daerah tersebut.

Baca Juga : Sakit Perut Jangan Dianggap Enteng! Ketahui Jenis Sakit Perut Anda Dari Ciri-Cirinya

Penyebab penyakit ini biasanya berawal dari hal-hal sepele seperti pola makan dan pola hidup yang kurang sehat. Misalnya kebiasaan kurang mengonsumsi makanan berserat sehingga sulit BAB (sembelit).

Bermula dari sembelit tersebut, secara otomatis anus akan bekerja lebih keras untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan (feces) dari usus besar. Gejala seperti sembelit tersebut merupakan gejala ringan penyakit ambeien. Jika diabaikan, tidak menutup kemungkinan akan timbul gejala yang lebih parah lagi.

Jika Anda ingin terhindar dari penyakit ini, maka kenalilah lebih mendalam gejala ambeien dan cara mengobatinya.

Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Anda dapat mencegah sedari dini supaya terhindar dari ambeien dengan mencari tahu mengenai gejala ambeien dan cara mengobatinya.

Berikut ini beberapa ulasan supaya Anda lebih waspada terkait gejala ambeien. Disajikan pula penjelasan cara pengobatan secara alami maupun medis yang perlu Anda ketahui.

1. Sembelit Disertai Rasa Tidak Nyaman Ketika BAB (Stadium I)

Pada stadium ini sudah mulai terdeteksi pembesaran vena sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman ketika BAB. Sembelit menjadi awal timbulnya gejala stadium ringan ini. Pada keadaan sembelit kita harus mendorong lebih kuat untuk mengeluarkan feces. Hal tersebut mengakibatkan pembuluh vena di sekitar anus mengalami pembesaran walaupun masih kecil.

Suatu saat pembesaran tersebut dapat pecah karena kuatnya tekanan ketika mendorong. Pecahnya pembuluh tersebut ditandai dengan rasa perih di anus seusai BAB. Kurangnya konsumsi makanan berserat dan air putih menjadi faktor penyebab sembelit.

Jika dibiarkan, gejala ini berpotensi menimbulkan ambeien. Oleh karena itu dapat dikatakan sembelit merupakan gejala ambeien dan cara mengobatinya, mulailah dari sekarang  perbanyak konsumsi makanan berserat dan minum air putih minimal 2 liter setiap hari.

2. Sesekali Muncul Benjolan Di Daerah Sekitar Anus (Stadium II)

Benjolan di sekitar anus ini mulai dapat dirasakan dengan cara diraba. Hal tersebut disebabkan oleh pembuluh vena yang semakin membesar hingga dapat dirasakan.

Namun, benjolan ini masih dapat secara otomatis masuk kembali kedalam anus ketika sudah tidak dalam posisi jongkok. Walaupun demikian kondisi ini mulai dapat mengganggu aktivitas Anda karena akan menimbulkan rasa panas jika duduk dalam waktu yang lama dan ketika BAB.

Pada tahap ini tambahan makanan berserat dan konsumsi air putih rasanya sudah tidak efektif.  Perlu tindakan lain seperti penyuntikan untuk mencegah pembesaran pembuluh vena tidak tambah membesar.

Ada pula cara alami yang dapat Anda coba. Oleskan gel yang ada pada lidah buaya ke daerah sekitar benjolan di anus. Gel pada lidah buaya membawa sensasi sejuk. Zat anti inflamasi pada lidah buaya berfungsi meredakan gejala ambeien dan cara mengobatinya secara alami tersebut akan meringankan peradangan pembuluh darah serta memperkecil ukuran benjolan.

Baca Juga : 10 Manfaat Lidah Buaya Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

3. Benjolan Yang Lebih Sering Muncul Disertai Pendarahan (Stadium III)

Benjolan yang akan lebih sering muncul keluar anus dan tidak bisa lagi secara otomatis masuk ke dalam anus. Karena ukurannya yang lama-lama membesar sehingga memerlukan bantuan jari untuk memasukkannya kembali ke dalam anus.

Ketika proses mengeluarkan feces terjadi tekanan yang cukup kuat untuk membuat vena pecah sehingga memicu pendarahan. Langkah pertama jika hal ini terjadi minumlah obat yang dapat membantu menghentikan pendarahan. Jika diperlukan tindakan medis maka akan dilakukan penanganan yang berbeda dari stadium selanjutnya.

Pada stadium ini perlu dilakukan proses pengikatan. Pengikatan yang dimaksudkan di sini pengikatan pembuluh darah yang keluar supaya kembali masuk ke anus dan tidak terjadi pendarahan lagi. Karena terjadi pendarahan ditakutkan terjadi infeksi oleh bakteri maka bahan alami yang dapat Anda coba untuk mengantisipasinya adalah bawang putih. Alasan penggunaan bawang putih karena bahan alami ini mengandung zat anti inflamasi sekaligus antibakteri.

Baca Juga : 8 Manfaat Bawang Putih Tergolong Ampuh Bagi Kesehatan dan Kecantikan

4. Intensitas Pendarahan Meningkat Dengan Benjolan Yang Semakin Meradang (Stadium IV)

Semakin sering intensitas pendarahan yang dialami penderita ambeien akan semakin meningkatkan resiko kekurangan darah dan penurunan kadar Hemoglobin. Ukuran benjolan yang semakin besar dan meradang menyebabkan benjolan tersebut sudah tidak dapat dimasukkan kembali ke dalam anus.

Pada tahap ini sebaiknya perlu dilakukan tindakan operasi oleh pihak medis untuk menghilangkan pembuluh vena yang sudah terlampau menyakitkan dan membahayakan. Bahan alami mungkin hanya dapat mengurangi sedikit peradangannya, namun kemungkinannya kecil untuk mengembalikan seperti kondisi semula. Oleh karena itu disarankan untuk melakukan tindakan medis untuk mengurangi resiko yang lebih parah lagi.

Ok mungkin hanya itu saja artikel tentang Gejala Ambeien Dan Cara Mengobatinya. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi siapa saja yang memerlukan. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. berarti kalau mau mencegah dari penyakit ambeien itu harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat vitamin biar tidak terkena penyakit ambeien ya mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.