Home / Kesehatan / Kenali Cepat Gejala Penyakit Tipes Dan Cara Penularan Serta Cara Mengobatinya

Kenali Cepat Gejala Penyakit Tipes Dan Cara Penularan Serta Cara Mengobatinya

Gejala, Penularan, dan Cara Mengobati Penyakit Tipes – Bicara masalah penyakit memang tidak akan pernah pandang bulu. Penyakit bisa menyerang orang dewasa bahkan anak-anak. Kemudian juga penyakit bisa menyerang orang kaya, orang miskin, laki-laki, perempuan, dan sebagainya. Begitupun dengan penyakit tifus atau lebih dikenal lagi dengan sebutan tipes. Penyakit tipes ini bisa menyerang siapa saja. Umumnya penyakit tipes dapat menyerang anak-anak, tapi tidak mustahil juga penyakit tipes dapat hinggap di orang dewasa. Oleh karena itu kita senantiasa meski waspada dengan satu penyakit ini. Tipes bisa datang kapan saja dan dimanapun Anda tinggal. Karena memang penyakit tipes merupakan salah satu penyakit yang paling mudah menyerang manusia dan paling sering terjadi di Indonesia.

Baca Juga : Perut Buncit Lambang Kemakmuran? Pahami Dulu Fakta Berikut Ini!

Atas dasar itu kita meskinya tahu bagaimana gejala-gejala penyakit tipes. Kita meski paham benar apa saja tanda-tanda munculnya penyakit tipes. Jangan sampai salah dalam memahami salah satu penyakit ini. Karena memang gejala yang timbul dari penyakit tipes adalah hampir menyerupai dengan penyakit demam berdarah. Tentunya jika awalnya salah pemahaman, maka pada akhirnya cara penanganannyapun akan tidak tepat sasaran.

Gejala, Penularan, dan Cara Mengobati Penyakit Tipes 1

Umumnya penyakit dapat terjadi disebabkan oleh cara pola makan yang tidak sehat dan juga malasnya menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. Begitu juga dengan penyakit tipes. Penyakit tipes dapat menyerang kita karena kita telah mengkonsumsi makanan yang awalnya sudah terkontaminasi dengan bakteri. Ok sebelum dilanjutkan, mari kita kenali dan pahami dulu bagaimana gejalanya hingga seseorang dapat divonis mengidap penyakit tipes.

Jangan Sampai Salah Gan! Kenali Dulu Gejala Penyakit Tipes Berikut

1. Demam Tinggi atau Badan Panas

Itu sebabnya sering kita menganggap kalau penyakit tipes ini dengan pemahaman penyakit demam berdarah. Karena memang gejala penyakit tipes hampir menyerupai penyakit demam berdarah. Dimana si-penderita akan mengalami demam tinggi atau badan panas secara tiba-tiba. Umumnya penderita tipes akan mengalami suhu tubuh sampai 40 derajat celcius. Kemudian juga penyakit tipes ini akan memberikan efek kepada si-penderita menjadi sakit kepala dan badan terasa sangat lemah.

2. Penderita Mengalami Sakit Perut, Mual dan Muntah

Untuk membuktikan bahwa seseorang sedang mengalami penyakit tipes maka biasanya penderita akan mengalami sakit perut, perasaan mual-mual, hingga akhirnya penderita muntah-muntah. Untuk sakit perut penyakit tipes berbeda dengan sakit perut penderita maag. Jika penyakit tipes akan mengalami sakit perut pada bagian perut sebelah kiri. Dimana lokasi ini adalah terdapatnya usus 12 jari yang pada saat itu sedang infeksi. Kemudian jika sakit perut bagi penderita penyakit maag letaknya adalah dibagian perut sebelah atas, tempat adanya ulu hati.

3. Penderita Tipes Denyut Nadinya Akan Melambat

Jangan heran jika penderita tipes denyut nadinya akan melambat padahal suhu tubuhnya sedang tinggi. Karena biasanya jika suhu tubuh meningkat maka denyut jantung seseorang akan meningkat juga. Meningkatnya denyut jantung bisa mencapai 10% dari 1 derajat celcius kenaikan suhu tubuh. Berbeda dengan penyakit tipes, walaupun suhu badan panas dan demam tinggi tapi denyut jantungnya akan menurun sehingga pada akhirnya denyut nadi penderita akan melambat. Alasannya adalah didalam tubuh terdapat toksin atau racun penyakit tipes sedang melakukan reaksinya.

4. Lidah Penderita Tipes Akan Berwarna Putih

Untuk mengenali penderita apakah mengidap penyakit tipes atau tidak selanjutnya adalah dengan melihat warna lidahnya. Biasanya penderita tipes warna lidahnya akan berwarna putih pada bagian tengahnya, namun berwarna merah pada bagian pinggirnya. Tentunya bukan hal yang sulit untuk memeriksa lidah seseorang. Penderita cukup menjulurkan lidahnya dan kita lihat warna bagian tengahnya.

5. Penderita Tipes Akan Mengalami Perubahan Pola BAB

Ini adalah gejala terakhir yang akan terjadi pada penderita penyakit tipes, yaitu akan mengalami perubahan pola buang air besar (BAB). Penderita bisa saja mengalami diare atau bahkan sama sekali penderita akan mengalami susah BAB. Tentunya hal ini akan menyebabkan perasaan tidak nyaman dan pada akhirnya tubuh penderita akan lemah.

Lalu Bagaimana Sih Cara Penularan Penyakit Tipes?

Setelah kita tahu gejala-gejala penyakit tipes seperti yang sudah dijelaskan diatas, sekarang mari kita bahas bagaimana cara penularan penyakit tipes? Atau dengan kata lain apakah penyakit tipes ini bisa menular atau bisa menyerang penderita lain yang sehat? Ok berikut penjelasannya :

  1. Sebenarnya penyakit tipes ini bisa menular kepada orang lain yang masih sehat. Maka dari itu berhatilah-hatilah jika kita sedang bersama penderita penyakit tipes. Tipes bisa menular melalui makanan atau minuman dan tentunya makanan atau minuman yang sebelumnya sudah terkontaminasi dengan bakteri tipes atau bakteri Salmonella. Selanjutnya bakteri Salmonella ini akan menyebar ke aliran darah serta usus yang pada akhirnya akan keluar melalui proses BAB;
  2. Proses penularan penyakit tipes selanjutnya adalah biasanya melalui alat-alat yang sebelumnya telah dipegang oleh penderita tipes kemudian dipegang kembali oleh mereka yang sehat. Jika memang seperti itu maka disarankan untuk mencuci tangan kita sampai bersih dan jika perlu menggunakan antiseptik;
  3. Biasanya juga penularan penyakit tipes itu melalui air yang kita minum. Tentunya air yang sudah tercampuri bakteri seperti air bekas memncuci piring, mencuci sayuran, dan sebagainya.

Gejala, Penularan, dan Cara Mengobati Penyakit Tipes 2

Berikut Cara Pengobatan Penyakit Tipes Secara Alami

Ok sekarang menginjak ke pembahasan cara pengobatan penyakit tipes. Hal ini kita lakukan jika kita memang sudah terlanjur terjangkit penyakit tipes. Dan disini saya akan membahas cara pengobatan alami saja atau pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan yang terdapat disekitar kita.

1. Tipes Dapat Disembuhkan Dengan Cacing Tanah

Memang bukan cerita bohong kalau tipes bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi cacing tanah. Dan bukan hal yang sulit untuk menemukan cacing tanah ini. Mungkin selama ini Anda akan merasa jijik melihat cacing tanah atau bahkan sampai untuk mengkonsumsinya. Tapi tunggu jangan beranjak dulu! Pengobatan penyakit tipes menggunakan cacing tanah memang sangat ampuh. Hal ini sudah terbukti secara klinik serta sudah dilakukan berbagai macam penelitian medis. Cacing tanah selain bisa untuk mengobati penyakit tipes dan juga sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit gangguan kemih, demam, cacar, dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana caranya mengolah cacing tanah sehingga bisa dijadikan obat tipes? Caranya sangat mudah, Anda tinggal mencari cacing tanah dan biasanya mudah ditemukan di kebun. Ambil cacing tanah dan bersihkan dengan air dan Anda buang isi perut cacing tanah. Kemudian cara memasaknya ada dua macam, pertama dengan dengan cara merebus cacing tanah selama sekitar 10 menit. Setelah suhu air rebusan turun silakan Anda langsung makan cacing tanah tersebut. Sebaiknya jangan menunggu rebusan cacing tanah sampai dingin, karena nanti akan terasa lengket. Cara kedua yaitu dengan cara memanggang cacing tanah tanpa menggunakan minyak. Setelah itu Anda campurkan kedalam air putih dan Anda konsumsi. Untuk hasil yang maksimal, silakan Anda konsumsi cacing tanah sebanyak tiga kali dalam sehari.

2. Obat Tipes Bisa Menggunakan Cengkeh

Jika Anda enggan untuk mengkonsumsi cacing tanah karena merasa jijik, Anda boleh menggunakan cara kedua ini yaitu dengan mengkonsumsi cengkeh. Cengkeh juga dapat dengan mudah kita temukan dan harganya pula tidak terlalu mahal. Cara menggunakan cengkeh untuk mengobati tipes adalah dengan cara merebusnya. Anda rebus cengkeh sebanyak 7 batang kedalam 7 gelas air untuk konsumsi selama satu hari. Nanti Anda bisa mengkonsumsi air rebusan cengkeh tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari.

3. Bakteri Tipes Dapat Diatasi Dengan Bawang Putih

Memang banyak sekali manfaat bawang putih untuk kesehatan. Salahsatu contohnya adalah bisa digunakan untuk mengobati penyakit tipes. Bakteri Salmonella Typhi penyebat tipes akan dapat diatasi dengan mengkonsumsi bawang putih. Anda dapat mengkonsumsi bawang putih secara mentah sebanyak dua siung setelah makan tiga kali sehari.

4. Konsumsi Daun Kemangi Untuk Pengobatan Tipes

Solusi lainnya untuk pengobatan penyakit tipes adalah dengan memakan lalapan jenis daun kemangi. Daun kemangi terkenal dengan kandungan antibiotik yang cukup tinggi dan mampu membunuh bakteri jahat penyebab tipes. Anda rebus daun kemangi sebanyak 20 lembar hingga airnya benar-benar mendidih. Lebih bagus lagi Anda campurkan satu sendok parutan jahe. Kemudian setelah suhunya turun sebelum Anda konsumsi campurkan sedikit madu asli kedalamnya. Anda konsumsi minuman ini sebanyak tiga kali dalam sehari untuk penyembuhan secara maksimal.

5. Gunakan Ramuan Sambiloto, Jinten Hitam, dan Temulawak

Ini adalah obat alami terakhir untuk mengobati penyakit tipes. Untuk mempraktikkan cara ini cukuplah mudah, Anda ambil 10 lembar daun sambiloto dan sudah dibersihkan kemudian jinten hitam dan 15 gram temulawak. Langkah selanjutnya adalah Anda rebus semua bahan-bahan tersebut hingga mendidih. Anda konsumsi sebanyak tiga kali dalam sehari dan rasakan khasiatnya.

Inilah Tips-Tips Tentang Mengobati Penyakit Tipes Yang Wajib Diketahui

Penyakit tipes adalah penyakit yang tergolong berbahaya sampai banyak orang yang pada akhirnya harus dirawat dan ditangani di rumah sakit. Saya sarankan jika setelah mengkonsumsi bahan-bahan alami seperti yang diatas diterangkan namun tidak reaksi apapun, Anda segera hubungi dokter untuk dilakukan penanganan secara medis. Sebaiknya penderita tipes itu harus memperbanyak mengkonsumsi air putih. Penderita tipes akan cepat mengalami dehidrasi sehingga Anda harus banyak minum. Kemudian pengaruh demam tinggi dan diare akan membuat banyaknya keluar cairan dari dalam tubuh Anda.

Selama Anda menderita penyakit tipes maka disarankan agar selalu mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi. Usahakan makanan yang Anda konsumsi adalah makanan yang higienis untuk mencegah terkontaminasi bakteri. Cuci sampai bersih setiap Anda akan mengolah makanan dan jangan lupa juga cuci tangan Anda setiap akan makan. Sangat dilarang untuk mengkonsumsi makanan yang bertekstur keras. Jadi sebaiknya yang Anda konsumsi adalah makanan yang mudah dicerna seperti bubur nasi. Untuk menambah gizi proteinnya Anda bisa mengkonsumsi daging atau ikan yang sebelumnya sudah dimasak secara lunak. Lengkapi juga konsumsinya dengan makanan sayur-sayuran seperti wortel dan sebagainya. Konsumsi buah apel, pisang dan madu untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Hindari mengkonsumsi makanan yang dapat mengganggu sistem pencernaan, seperti : cabai, kubis, sambal, dan sebagainya. Anda juga harus menghindari makanan yang diolah dengan cara digoreng.

Mungkin hanya itu saja tulisan tentang penjelasan Gejala Penyakit Tipes Serta Cara Mengobatinya. Semoga tulisan ini ada manfaatnya dan selalu menjaga kesehatan serta utamakan untuk memakan makanan yang bergizi.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *