Home / Teknologi / Solusi Mudah Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB

Solusi Mudah Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB

Solusi Hardisk Eksternal Error Minta Format – Apakah Anda pernah mengalami kasus seperti judul artikel ini, yaitu hardisk eksternal minta di format ketika hardisk tersebut dicolokkan ke USB komputer atau laptop? Masalah seperti ini bukan hanya terjadi pada hardisk eksternal saja. Setiap media eksternal seperti flashdisk, memory SSD, dan sebagainya akan mengalami kasus serupa jika sebelumnya pernah melakukan kesalahan. Dan disini saya akan memberikan solusi terbaiknya dan memang bukan harus di format media eksternal tersebut. Kita bisa melakukan trik khusus dan silakan baca artikel ini sampai selesai.

Baca Juga : Info Menarik Harga Hardisk Baru Paling Baik

Begitu hardisk eksternal dicolokkan ke USB dan minta di format tentunya kita tidak mau mengambil resiko besar ini. Masalahnya sudah terlalu banyak data penting tersimpan didalam hardisk eksternal tersebut. Masih mending jika kita mempunyai backup datanya, namun bagaimana jika sebaliknya?

Solusi Hardisk Eksternal Error Minta Format 1

Mungkin awalnya kita berpikir bahwa tidak ada jalan lain lagi selain kita memformat hardisk eksternal tersebut agar hardisk kedepannya bisa dijalankan. Kita sudah mencoba hardisk eksternal dicolokkan ke semua USB komputer bahkan komputer punya teman. Hasilnya masih tetap sama kalau hardisk tidak bisa dibuka dan hanya muncul pesan “Do you want to format it?” Artinya jika kita klik pilih Format disk maka semua data penting yang tersimpan didalam hardisk eksternal akan hilang.

Baca Juga : Cara Melakukan Partisi Hardisk Windows Hiren’s BootCD

Lalu sebenarnya apa sih penyebab hardisk eksternal error sehingga minta format ketika dicolokkan ke USB?

Hal ini kesalahannya bisa terletak pada perangkat (hardware) dan kesalahan pengguna sendiri. Namun umumnya masalah ini terjadi karena kesalahan pengguna itu sendiri. Kita sering mencabut hardisk eksternal seenaknya tanpa menutupnya terlebih dahulu. Apalagi jika hardisk eksternal sedang bekerja seperti sedang menjalankan program atau sedang sedang mengkopi file didalamnya.

Sebaiknya agar kasus hardisk eksternal error ketika dicolokkan tidak terulang lagi maka Anda harus menutup hardisk ketika ingin dicabut. Pastikan tidak ada program atau file yang sedang berjalan didalamnya. Cara menutupnya sangatlah gampang, Anda tinggal klik kanan pada USB dan klik pilih Eject.

Kecuali jika kasus ini terjadi karena alasan aliran listrik, seperti sering mati lampu. Namun hal inipun bisa diatasi dengan menggunakan Uninterruptible Power Supply (UPS). Agar ketika aliran listrik mati mendadak, Anda masih bisa untuk melakukan Eject hardisk eksternal bahkan ada waktu untuk Shut down komputer.

Lalu Bagaimana Solusi Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan?

Jika sudah terlanjur error hardisk eksternal Anda, silakan Anda coba trik yang akan saya jelaskan disini. Barangkali hardisk eksternal Anda masih bisa diselamatkan. Dan memang hal ini hardisk eksternal Anda tidak rusak dan masih bisa digunakan. Namun Anda sama sekali tidak bisa membuka file yang tersimpan didalam hardisk.

Tidak banyak yang harus kita lakukan, bahkan hal ini sama sekali Anda tidak perlu menggunakan software. Kita cukup dengan memanfaatkan perintah CMD Commant Prompt saja. Tentunya hal ini bisa kita praktikkan di seluruh Operasi Sistem Windows seperti Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Ok kita mulai saja caranya …

1. Silakan Anda colokkan hardisk eksternal ke USB komputer atau laptop seperti biasa. Anda close atau keluarkan kotak pesan perintah format atau abaikan saja. Ketahui lokasi drive hardisk eksternal Anda, bisa di drive D, E, F, G, dan seterusnya. Hal ini tergantung jumlah partisi hardisk komputer Anda dan biasanya drive media eksternal akan terdapat diakhir;

2. Anda buka kotak dialog Run Windows. Caranya bisa melalui perintah Start > Run atau cara cepatnya gunakan tombol Windows + R pada keyboard. Lalu Anda ketikkan perintah chkdsk /f H:. H adalah lokasi drive hardisk eksternal, jadi silakan sesuaikan saja seperti yang dijelaskan pada point 1;

Solusi Hardisk Eksternal Error Minta Format 2

3. Langkah selanjutnya Anda tekan Enter pada keyboard dan tunggu beberapa saat. Lama proses ini tergantung besar kapasitas hardisk eksternal Anda. Jika besar, maka prosesnya akan lama.

Solusi Hardisk Eksternal Error Minta Format 3

Perlu Anda ketahui tentang kode perintah yang telah kita ketikkan pada kotak dialog Run tadi. Perintah chkdsk adalah berfungsi untuk mengecek seluruh data dalam hardisk eksternal serta memverifikasinya. Kemudian perintah /f adalah berfungsi untuk melakukan pengecekan dan juga memperbaikinya setiap kesalahan yang ditemukan pada hardisk eksternal. Sedangkan perintah H: adalah seperti yang sudah dijelaskan diatas lokasi drive hardisk eksternal di komputer yang digunakan.

Ok mungkin hanya itu saja Solusi Hardisk Eksternal Error Minta Format ini. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan seluruh data didalam hardisk eksternal Anda bisa diselamatkan. Sampai bertemu di artikel keren lainnya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

19 comments

  1. Terima kasih banyak infonya… sangat membantu… data external hardisk saya kembali semua :) Saya pakai windows xp

  2. Terima Kasih atas bantuannya….hardisk n data saya bisa diselamatkan padahal sudah direncanakan untuk diformat ulang saja…setelah membaca artikel diatas Alhamdulillah data bisa aman

  3. Matur suwun bang bro, “misi” sukses, data saya kembali, sukses buat sampean. (tak tambahin titik2, soalnya harus koment minimal 100 char)

  4. Gustira K Nugraha

    udah di cobain tapi tetap gak bisa, keterangannya tipe file system RAW.
    ada cara lain lagi gak gan? Terimakasih.

  5. Thank You soooooooooooooooo much Min. Hardisk saya jadi sehat lagi berkat pencerahannya. moga makin sukses blognya dan ditunggu tutorial keren lainnya.

  6. Izin coba min, ini lg progress..

    Stage 1: Examining basic file system structure …
    Progress: 14082 of 76544 done; Stage: 18%; Total: 6%; ETA: 1:15:14 ..

  7. Saya baru aja coba Run, tapi kok kotak Windows/system 32 nya tidak ada verifikasi data ya..kosong aja hitam. Saya tunggu atau ada yang salah ya. Plis dong help…hiks.

  8. zulkifli syam

    Hehehee, Makasih banyak. Saya sudah bisa tersenyum kembali karena datanya sudah kembali. Sukses selalu

  9. makasih banyak min atas bantuannya.. artikelnya sangat2 membantu.. skarang hardisc externalnya kembali berpungsi dan data di dalamnya slamat smua, semoga Tuhan yang maha kuasa membalas smua jasa admin.. sehat slalu bersama seluruh keluarga yach min.. salam kenal hehehe… di tunggu artikel nya lagi thank’s yach bro

  10. Terima kasih banyak infonya… sangat membantu… data external hardisk saya kembali semua :) dengan selamat ….

    • Saya sudah coba..tapi kok hanya muncul tampilan hitam saja pada windows/system32 nya.. Itu bagaimana solusinya? Mohon bantuannya gan :(

  11. min mau nanya nih.. kan abis di chk dsk trs d proses… nah tulisan trakhir nya itu

    chkdsk is verifyng usn journal

    itu berarti hardisk dah normal atau masih nunggu yg lain??
    thanks

  12. Terima kasih banyak postingannya, alhamdulillah data 900GB saya berhasil diselamatkan :-‘)
    butuh hampir dua jam buat prosesnya haha

    • Sist taunya proses sudah selesai tuh gimana ya? saya udah 2 jam tapi tulisannya correcting error in the Volume Bitmap banyak banget, itu emang kaya gitu?

  13. SANGAT MEMBANTU GAN.. TRIMA KASIH BGT.
    hardikk saya sudah kembali lagi tanpa kehilangan data……
    saya pikir akan kehilangan data penting.. stelah saya coba.. ternyata berhasill..
    terimakasih lg 10000000000000000000000000 kaliii

  14. ahmadnasrullah

    gan kok punya ane kok gak bisaya.? pas di coba pake Window+R kan seharusnya keluar CMD nah CMDnya itu langsung hilang tanpa ngelakuin proses pengecekan.. gimana tuh gan solusinya.?
    MOHON BANTUANYA…

  15. mantap solusinya, sangat membantu banget. Sepertinya solusi diatas cocok dengan permasalahan yang menimpa hardisk eksternal saya. Terima kasih, semoga sukses dan jadi ilmu yang barokah.

  16. robby marcus

    pliss help..bagaimana kalo muncul notifikasinya seperti ini
    “Access Denied as you do not have sufficient privileges.
    You have to invoke this utility running in elevated mode”..?

  17. Terimakasih, infonya sangat bermanfaat. Hardisk saya bisa dibuka lagi, padahal tiap dicolokin selalu minta format. Isinya photo2 penting semua. Alhamdulillah, selamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *