Home / Teknologi / Inilah Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer HP LaserJet P1102 Yang Tipis Sebelah

Inilah Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer HP LaserJet P1102 Yang Tipis Sebelah

Solusi Hasil Cetak Printer Laserjet Tipis Sebelah – Apakah Anda pernah mengalami hasil cetak print laser yang tipis sebelah? Artinya ketika kita print dokumen atau apapun hasilnya tidak rata. Sebelah kanan ada tapi sebelah kiri tidak ada atau sebaliknya sebelah kiri ada namun sebelah kanannya tidak ada. Jika demikian, disini saya mempunyai triknya dan sudah terbukti ampuh sebelum kita memutuskan membawa printer laserjet ke tukang service. Mungkin kita akan sedikit menghemat pengeluaran karena permasalahan ini kita selesaikan sendiri.

Baca Juga : Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking & Reset)

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi hasil print laser tipis sebelah saya akan membicarakan kerugian dan keuntungan menggunakan printer laserjet terlebih dahulu.

Solusi Hasil Cetak Printer Laserjet Tipis Sebelah

Dalam hal apapun mungkin akan selalu berpotensi kepada hal keuntungan serta kerugian. Menurut pengalaman pribadi selama menggunakan printer laserjet walaupun hasil cetaknya tidak sebagus original namun masalah refill tonernya kita bisa menghemat sampai 85% dibanding menggunakan printer tinta.

Banyak keuntungannya jika kita menggunakan printer laserjet  salah satu diantaranya adalah biayanya murah. Selama ini saya menggunakan printer HP LaserJet P1102 dan memang sudah terbukti biaya perawatan printer jauh lebih murah dibanding printer tinta.

Selain itu hasil cetak printer laserjet cukup bagus dibanding printer tinta. Cuma sayangnya untuk printer laserjet berwarna harga printernya sangat mahal. Saya sering mendengar kalau hasil print laserjet tidak akan sebagus hasil print toner original. Ya memang benar, namun hasil cetak toner bukan original tidak jelek-jelek amat bahkan hasilnya hampir menyerupai toner original.

Hasil print menggunakan printer laserjet akan lebih pekat daripada hasil print jenis printer tinta. Dan lagi hasil print akan tahan lama tidak akan cepat pudar warnanya dan akan tahan air karena bahan dasarnya dari serbuk toner bukan cairan tinta.

Untuk masalah kerugian menggunakan printer laserjet hampir tidak ada. Mungkin kerugiannya adalah hasil print tidak akan sebagus hasil print original. Dan untuk harga toner original catridge 85A saja bisa mencapai 600 ribuan. Tapi menurut saya printer tinta juga jika ingin hasil cetaknya berkualitas bagus maka jangan menggunakan tinta murahan.

Kerugian selanjutnya adalah mungkin cara refill toner memerlukan keahlian khusus lagi. Berbeda dengan printer tinta yang bahkan sekarang banyak printer jenis tinta yang di infuss dimana pengisiannya tintanya sangat gampang. Namun bukan berarti kita tidak bisa melakukan sendiri untuk refill tonernya. Banyak sekali blog-blog diluar disana yang membahas cara refill toner bahkan ada yang menayangkannya dengan video.

Berikut Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer LaserJet Tipis Sebelah (HP LaserJet P1102)

Solusi ini sudah saya praktikkan di printer laserjet HP P1102. Untuk priter laserjet lainnya bisa mencobanya.

  1. Hasil cetak printer laserjet HP P1102 yang tipis sebelah mungkin bisa disebabkan oleh optik printer pada unit laser kotor sebelah. Bisa saja kotor ini pengaruh debu yang masuk ke komponen printer sehingga hasil cetak jadi tipis sebelah. Silakan Anda bersihkan optiknya dan jangan dibersihkan dengan kertas tissu atau yang lainnya. Namun bersihkan optik menggunakan cairan pembersih khusus. Anca cukup mengoleskan cairan pembersih optik tersebut dan diamkan.
  2. Drum printer laser sudah aus. Jika hal ini terjadi maka solusi satu-satunya adalah mengganti drum dengan yang baru. Jika printer masih baru tapi drumnya sudah aus disebabkan sampah toner sudah penuh dan kita membiarkannya drum digunakan. Hal ini akan mengakibatkan wiper blade menekan drum lebih keras lagi. Pastikan apakah toner sudah penuh dan bahkan apakah toner bocor atau tidak?
  3. Penyebab hasil cetak printer laser tipis sebelah selanjutnya kemungkinan busing printer yang kotor. Apa itu busing? Busing adalah benda semacam ring plastik yang terdapat di pangkal dan di ujung magnet. Jika memang ternyata busing printer kotor maka akan menyebabkan jarak magnet dan drum tambah lebar. Jarak magnet dan drum memang sudah lebar dan tidak rapat namun tidak selebar yang seharusnya. Jika hal ini terjadi maka akan menghambat proses pemindahan toner dari magnet menuju drum. Dengan begitu hasil cetak printer laserjet akan tipis. Segera cek apakah busing kotor atau tidak? Jika benar, maka cepat bersihkan.
  4. Masalah selanjutnya yang bisa terjadi adalah per kecil dalam catridge bermasalah. Biasanya masalah pada per kecil ini sering terjadi pada catridge HP 35A, 36A, dan 85A. Per kecil ini berada di dekat ujung drum. Silakan Anda cek apakah per-nya baik-baik saja atau dapat berfungsi dengan baik? Jika per ini kinerjanya sudah kendor maka bisa menyebabkan hasil cetak tipis sebelah. Silakan Anda ganti saja dengan yang baru dan harganya tidak mahal ko.

Mungkin hanya itu saja 4 Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Laserjet Tipis Sebelah. Semoga masalah Anda itu bisa diatasi dengan salah satu cara diatas. Jika sudah menerapkan 4 cara diatas namun hasilnya masih sama, silakan Anda bawa printernya ke tukang service. Atau mungkin jika Anda mempunyai pengalaman lain tentang kasus hasil cetak tipis sebelah, bisa disampaikan pada kotak komentar. Terimakasih dan semoga artikel bermanfaat.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. informasi yang menarik, silahkan baca pula artikel terkait perbaikan beton dengan metode injeksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *