Home / Android / Kenapa HP Cepat Panas Padahal Jarang Digunakan, Bagaimana Solusinya?

Kenapa HP Cepat Panas Padahal Jarang Digunakan, Bagaimana Solusinya?

HP Cepat Panas Padahal Jarang Digunakan – Beberapa dari Anda, mungkin semua pengguna smartphone pernah merasakan yang namanya panas berlebih (overheat) pada smartphonenya. Smartphone yang cepat panas tersebut mempunyai bermacam-macam sebab. Bisa terjadi karena masalah pada hardware, bisa pula terjadi karena kesalahan dari penggunaannya sendiri. Biasanya hp yang cepat panas bisa berdampak pada gejala baterai yang menjadi lebih boros.

Baca Juga : Punya Android Cepat Panas (Overheat)? Segera Dinginkan Dengan Clean Master!

Apapun penyebab hp android yang cepat panas harus segera diketahui alasannya untuk dicari bagaimana pemecahan solusinya. Jangan pernah menganggap remeh masalah tersebut, karena jika terlalu lama dibiarkan, panas tersebut bisa berdampak negatif pada baterai dan smartphone Anda. Maka dari itu, bacalah artikel berikut mengenai jawaban dari pertanyaan “kenapa hp cepat panas padahal jarang digunakan?”.

1. Kondisi Cuaca dan Area Sekitar yang Panas

Penyebab hp android yang cepat panas yang pertama adalah kondisi cuaca. Kondisi cuaca yang panas bisa berpengaruh terhadap suhu smartphone Anda. kemudian kondisi ruangan yang gerah atau pengap juga bisa mempengaruhi kondisi hp yang cepat panas. Cara menyimpan dan memegang hp yang terlalu erat pun bisa mempercepat naiknya suhu hp Anda.

2. Kekuatan Sinyal yang Digunakan Lemah

Ketika Anda menggunakan sinyal yang lemah, maka hp akan bekerja keras untuk mencari jaringan yang lebih baik dan sinyal yang stabil. Meskipun hanya digunakan untuk membuka BBM beberapa detik, sinyal yang lemah membuat hp Anda bekerja keras. Sinyal lemah tersebut juga bisa menjadi penyebab hp android yang cepat panas.

3. Konektifitas WiFi Tetap Menyela

Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan menyalakan konektifitas WiFi dimanapun berada, sebaiknya segera diperbaiki mulai sekarang. Karena konektifitas WiFi yang tetap menyala pada jauh di luar jaringan merupakan salah satu sebab smartphone cepat panas. Hal tersebut dapat terjadi karena hp terus bekerja untuk menemukan WiFi di sekitarnya, jika memang WiFi yang digunakan sebelumnya ternyata sudah berada d luar jangakauan.

4. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan di Background

Sadarkah Anda bahwa terkadang masih banyak aplikasi yang sedang dijalankan sebelumnya masih belum tertutup secara sempurna alias masih bekerja di backround/balik layar. Masih “bekerja” di sini maksudnya adalah aplikasi masih bekerja terus-menerus karena sebelumnya Anda tidak menutupnya dengan benar. Mungkin Anda hanya ‘meminimize’ saja, sehingga aplikasi secara otomatis tetap melakukan kerjanya di bagian latar belakang.

Contoh yang sering terjadi adalah ketika membuka chrome untuk browsing dengan beberapa tab, banyak orang yang menutupnya dengan tombol “home’ yang biasanya terletak di bagian tengah bawah dari smartphone. Nah, sebaiknya hal tersebut harus di hindari dari sekarang, gunakanlah tombol back atau exit atau tutuplah semua tab yang mungkin telah dibuka pada chrome tersebut.

5. Kerusakan Baterai

Sebab smartphone cepat panas yang selanjutnya adalah adanya kerusakan baterai. Hal ini bisa terlihat jelas jika umur baterai hp Anda sudah bertahun-tahun lamanya. Baterai yang sudah lama digunakan memang wajar jika mengalami kerusakan, rusaknya baterai tersebut bisa ditandai dengan melembungnya baterai, keluar cairan dari baterai, dsb. Terlebih untuk baterai hp yang berjenis Lo-ion yang “usianya” ditentukan oleh seberapa lama dan seringnya baterai tersebut diisi ulang.

6. Terlalu Banyak Aplikasi yang Digunakan

Sebab smartphone cepat panas yang keenam adalah banyaknya aplikasi pada hp. Semakin banyak aplikasi yang terpasang dan terhubung ke internet untuk melakukan update, maka tentu saat kerja hp khususnya baterai akan cepat habis karena dipaksa mendapatkan data. Misalnya saja chat dari berbagai macam sosial media yang ada. jadi sebaiknya aplikasi yang tak begitu penting, segera diuninstal saja.

7. Kualitas Hardware yang Tak Baik

Kualitas hardware juga bisa menjadi sebab smartphone cepat panas. Kualitas yang rendah bisa jadi membuat hp Anda cepat panas dan baterai mudah habis. Maka dari itu cobalah untuk memilih smartphone yang kualitas dan spesifikasinya terjamin baik. Carilah dari berbagai sumber untuk referensi berbagai macam hp sebelum memutuskan untuk membelinya.

Jika memang tersedia, utamakanlah menggunakan WiFi bukan data seluler. Penggunaan WiFi bisa mengurangi resiko smartphone Anda mengalami overheat. Jika kelima hal tersebut masih dirasa bukanlah jawaban yang tepat dari pertanyaan “kenapa hp cepat panas padahal jarang digunakan?” cobalah untuk ke tukang service khusus smartphone untuk memeriksakan keadaan hp Anda.

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. thanks sharingnya mas, hp ku jga sering panas gtu, padahal makenya ya normal normal aja. paling ya cuman buka crome tapi tab tabnya banyak gtu…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *