Home / Pendidikan / Info Lowongan Pendaftaran CPNS 2016 Tidak Benar, Inilah Alasan Lengkapnya

Info Lowongan Pendaftaran CPNS 2016 Tidak Benar, Inilah Alasan Lengkapnya

Info Lowongan Pendaftaran CPNS 2016 – Menjadi Guru status Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah impian semua orang khususnya bagi mereka yang bekerja sebagai Tenaga Pendidik. Namun untuk menjadi PNS bukan hal yang mudah. Apalagi saat ini jumlah Tenaga Pendidik di Indonesia status Honorer jumlahnya sangat banyak. Dan lagi setiap tahun Pemerintah hanya memberikan kuota PNS dalam jumlah sedikit, bahkan seringkali Pemerintah tidak membuka Lowongan Pendaftaran CPNS. Dengan begitu persaingan untuk lulus Test PNS sangatlah ketat.

Baca Juga : Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Ajaran 2015-2016

Banyak Guru yang menggantungkan harapannya ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil. Walaupun kesejahteraan PNS di Indonesia saat ini masih jauh dengan gaji PNS negara maju lainnya, namun tetap saja Tenaga Pendidik banyak yang berangan-angan menjadi Guru status PNS.

Info Lowongan Pendaftaran CPNS 2016

Dunia Pendidikan beberapa bulan lalu sempat dihebohkan dengan Informasi Lowongan Pendaftaran CPNS 2016. Info tersebut memberikan keterangan bahwa pendaftaran CPNS 2016 akan digelar pada pertengahan tahun 2016, yaitu bulan Maret 2016. Banyak Guru yang menantikan bulan Maret 2016, dimana menurut sebagian informasi bahwa bulan tersebut adalah pelaksanaan Pendaftaran CPNS 2016.

Pendaftaran CPNS pada tahun 2015 memang tidak diselenggarakan. Alasan utamanya adalah terkait dengan keberlakukan kebijakan Moratorium CPNS. Namun sempat tersebar heboh di internet bahwa pada tahun 2016 Pendaftaran CPNS akan kembali dibuka lebih awal.

Apakah informasi tersebut benar?

Awalnya pernah diinformasikan bahwa melalui salah seorang Asisten Deputi di Kemenpan mengungkapkan bahwa saat ini Pemerintah telah merencanakan pelaksanaan digelarnya registrasi CPNS pada tahun 2016. Test CPNS 2016 telah dijadwalkan lebih cepat dari biasanya, yaitu pada bulan Maret 2016. Kemudian rekrutmen CPNS ini diadakan melalui jalur pelamar umum.

Jika informasi tersebut benar akan terlaksana, maka pelaksanaan Pendaftaran dan Test CPNS akan berlangsung pada minggu ketiga bulan Maret 2016.

Informasi Bahwa Info Lowongan Pendaftaran CPNS 2016 Tidak Benar

Setelah heboh bahwa akan ada pendaftaran CPNS pada tahun 2016 kemudian dihebohkan lagi dengan informasi bahwa ternyata Lowongan CPNS 2016 itu tidak benar.

Menurut informasi yang saya peroleh bahwa saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPAN) dan Reformasi Birokasi (RB) belum selesai melakukan verifikasi Guru Honorer Kategori I.

“Masih ada sekitar ribuan Honorer Kategori I yang belum terangkat menjadi CPNS. Hanya karena belum lulus seleksi, mereka terekap dalam pegawai Honorer Kategori II. Itu dulu yang kami prioritaskan saat ini,” Ungkap Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandy.

Menurut Yuddy bahwa perekrutan CPNS Kategori II direncanakan akan tertunda juga. Hal ini karena dicurigai telah adanya penggelembungan Tenaga Honorer Kategori II. Sehingga jumlah data pendidik Kategori II yang diterima telah dianggap tidak wajar.

Kemudian langkah yang dilakukan Yuddy Chrisnandy untuk menanggapi kasus tersebut, KemenPAN-RB segera melakukan verifikasi dan validasi terkait data Guru Honorer Kategori II yang diusulkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

Sudah dipastikan bahwa Info Lowongan Pendaftaran CPNS 2016 itu tidak benar. Berita perekrutan CPNS 2016 melalui jalur umum itu adalah hanya omong kosong saja. Postur APBN saat ini sangat tidak memungkinkan untuk mengangkat lagi Guru PNS disebabkan anggaran negara dikabarkan sudah cukup besar.

“Tahun depan (2016), Pemerintah belum memiliki planing merekrut CPNS khusus Honorer Kategori II. Saat ini, Pemerintah tengah fokus memproses honorer yang lulus seleksi. Termasuk menyisir Pegawai Kategori I yang masih tersisa. Moratorium PNS tahun 2016 akan dilanjutkan. Jadi tidak ada perekrutan CPNS melalui jalur umum maupun Kategori II. Ini artinya, isu-isu adanya perekrutan tidak benar”. Pungkas Yuddy Chrisnandy.

Dengan memperhatikan penjelasan KemenPAN-RB tersebut jadi jelaslah sudah bahwa info tersebut hanya sebuah isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Entah tahun kapan Pemerintah Indonesia akan kembali menggelar Pendaftaran CPNS? Yang jelas dan sudah dipastikan bahwa registrasi CPNS akan kembali dibuka jika seleksi Guru Honorer Kategori I dan Kategori II sudah selesai.

Menurut saya saat ini cobalah untuk merubah pola pikir kita agar tidak terlalu berangan-angan untuk menjadi PNS. Kalau tujuannya demi kesejahteraan, masih banyak bidang pekerjaan lain yang penghasilannya jauh lebih besar daripada menjadi PNS. Namun jika tujuan utamanya ingin mengabdi terhadap Pemerintah, maka tidak hanya menjadi PNS sajalah yang menunjukkan sebagai bukti pengabdian terhadap negara. Salam WordPresser …

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Bagi anda yg ksulitan lulus/gagal PNS bs hbngi ke Direktur pengadaan dan kepangkatan PNS Pst JKT.Bpk Drs Warli, M.Si ,No Tlp 0812-4263-6841.
    Beliaulah yg m’bntu kellusan PNS sy thn 2015,dan pstinya anda akan dibantu.
    smg info ini bermamfaaf.wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *